Perbedaan Penggunaan Because, For, Since, Because of dan Due to

Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya mengapa ada banyak sekali istilah bahasa Inggris yang berarti "karena"? Mulai dari because, for, since, because of, due to; semuanya memiliki makna yang sama, yaitu "karena". Lalu apa perbedaan penggunaan because, for, since, because of dan due to sebenarnya? 

perbedaan penggunaan because

Semua istilah yang disebutkan di atas memang memiliki makna yang sama, namun ternyata ada perbedaan penggunaan because, for, since, because of dan due to yang harus Sanlover ketahui, lho. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Because

Yuk kupas tuntas kata 'because' dengan menyimak poin-poin di bawah ini!

Definisi Because

Because atau berarti 'karena' merupakan salah satu subordinating conjunction (kata penghubung yang selalu muncul bersama klausa yang tidak bisa berdiri sendiri tanpa klausa lainnya atau istilah populernya 'subordinating clause').

Klausa sendiri merupakan kumpulan kata-kata yang terdiri dari subjek dan kata kerja. Jadi jika terdapat kata "because" pada suatu kalimat, maka dapat dipastikan bakal ada dua klausa dalam kalimat tersebut, yakni main clause (klausa utama / yang bisa berdiri sendiri), dan subordinating clause (klausa pendukung / tidak dapat berdiri sendiri)

Contoh:

I love him because he is kind to me and my family.

Note:

  • I love him (main clause)
  • Because he is kind to me and my family (subordinating clause)

Kapan Menggunakan Because?

Kata because seringkali digunakan untuk mengungkapkan kalimat yang menunjukkan adanya sebab akibat, sehingga dapat dipastikan bahwa akan ada satu klausa yang berperan sebagai penyebab, dan satu klausa lainnya berperan sebagai akibat atau dampak dari penyebab tersebut. Contohnya dalam kalimat:

Because the wind is so strong, I will not go to work.

(Karena anginnya sangat kencang, aku nggak akan pergi ke kantor.)

Because the wind is so strong adalah Penyebab

I will not go to work adalah Akibat

Lalu kapan kita menggunakan kata 'because'? Kita bisa menggunakannya ketika kita menjumpai klausa setelah kata 'karena'. Ingat! Klausa selalu berpola Subjek + Kata Kerja + Objek (opsional). Misalnya kita ingin menerjemahkan kalimat berikut:

Karena kamu sedang sakit, Robby tidak jadi berangkat kerja.

(Setelah 'karena' terdapat subjek 'kamu' dan kata kerja 'sedang sakit' maka kamu bisa menggunakan 'because')

Because you are getting sick, Robby canceled going to work.

Dimana Posisi Because yang Tepat?

Sunlovers bisa meletakkan kata because di depan kalimat maupun di tengah-tengah. Namun perhatikan tanda baca atau punctuation nya ya. Jika kamu meletakkan because di depan kalimat, maka jangan lupa untuk menambahkan tanda koma (,) setelah klausa pertama.

Sedangkan jika meletakkannya di tengah, kamu tidak perlu menambahkan tanda koma (,) sebelumnya. Biar nggak bingung, simak contoh berikut:

  • Because her blanket is new, she really likes sleeping lately. (Karena selimutnya baru, dia sangat suka tidur akhir-akhir ini.)
  • She really likes sleeping because her blanket is new. (Dia sangat suka tidur akhir-akhir ini karena selimutnya baru.)

For

Yuk kupas tuntas kata "For" dengan menyimak poin-poin di bawah ini:

perbedaan penggunaan because

Definisi For

For lebih populer dengan makna 'untuk'. Namun dalam bahasa Inggris kata ini juga memiliki makna lainnya yaitu 'karena'. Bedanya, for dengan makna 'untuk' disebut sebagai kata depan atau preposition, sedangkan for dengan makna 'karena' disebut sebagai konjungsi / kata penghubung (conjunction). Nah yang akan kita bahas saat ini adalah for yang berfungsi sebagai konjungsi.

Dalam dunia konjungsi, kata for ini masuk dalam kategori coordinating conjunction yang fungsinya adalah menghubungkan kata-kata, frasa, ataupun klausa independen dalam sebuah kalimat (yang mana memiliki struktur sama).

Beberapa contoh coordinating conjunction lainnya seperti and, or, but, nor, dll. Untuk kata for dalam konjungsi sendiri memiliki makna yang sama dengan 'because' yaitu 'karena'. 

Perbedaan Because vs For

Walaupun maknanya sama dengan 'because', keduanya ternyata masuk dalam klasifikasi konjungsi yang berbeda. For masuk dalam kelas coordinating conjunction, sedangkan Because masuk dalam kelas subordinating conjunction.

Perbedaan kelas ini menunjukkan bahwa 'for' digunakan untuk menghubungkan dua klausa yang independen (independent clause) dalam satu kalimat. Sedangkan 'because' digunakan untuk menghubungkan klausa dependen dengan klausa independen yang menjadi klausa utama dalam suatu kalimat (istilah lainnya, because + klausa yang mengikutinya, berfungsi sebagai keterangan dari klausa utama atau bisa juga dikatakan sebagai adverb clause).

Simak contoh berikut:

I was hiding behind my father's back, for I was scared of that guy.

Note:

  • I was hiding behind my father's back (independent clause)
  • I was scared of that guy (independent clause)

Kedua klausa di atas sama-sama independen karena di kalimat tersebut penulis menggunakan kata "for" untuk mengungkapkan kata 'karena' dalam Bahasa Inggris. Selain itu, kata 'for' di sini juga menekankan bahwasanya kedua informasi dalam kalimat tersebut sama-sama penting untuk diungkapkan karena saling melengkapi satu sama lain.

Berbeda lagi jika kalimatnya seperti ini: I was hiding behind my father's back because I was scared of that guy. Penggunaan 'because' di kalimat tersebut menunjukkan adanya subordinating clause (klausa dependen)  yang berfungsi sebagai keterangan atau menjelaskan alasan kenapa sesuatu terjadi.

Lalu, apakah keduanya bisa sama-sama digunakan dalam konteks yang sama? Jawabannya bisa, tetapi jika kamu ingin menganalisis kalimatnya, kamu harus tahu dulu apa fungsi for dan because dalam suatu kalimat.

Selain itu, perhatikan juga tanda baca atau punctuation saat menggunakan kata tersebut. Untuk menggunakan for, kamu harus meletakkan koma (,) sebelumnya, tetapi ini tidak berlaku pada kata 'because' jika letaknya di tengah-tengah kalimat. Coba simak kembali kalimat berikut beserta tanda bacanya:

  • I was hiding behind my father's back, for I was scared of that guy.
  • I was hiding behind my father's back because I was scared of that guy.

Note:

Kata for yang berarti 'karena' pada kalimat pertama berfungsi sebagai coordinating conjunction yang digunakan untuk menekankan bahwa kedua informasi pada kalimat tersebut sama-sama penting untuk dipaparkan.

Kata because pada kalimat kedua berfungsi sebagai subordinating conjunction yang digunakan untuk memberikan alasan mengapa 'saya bersembunyi di balik tubuh ayah saya'.

Nah, dari sini kamu sudah mendapatkan gambaran perbedaan antara keduanya bukan?

Since

Yuk kupas tuntas kata 'since' dengan menyimak ulasan berikut!

perbedaan penggunaan because

Definisi Since

Since adalah kata dalam Bahasa Inggris yang umumnya diartikan 'sejak'. Namun sebenarnya, kata ini juga memiliki makna lain yaitu 'karena', sehingga dia dapat masuk dalam kelas kata penghubung (conjunction). Since yang merujuk pada makna 'karena' lebih mengekspresikan penyebab yang sudah diketahui kebenarannya.

Dalam buku English Grammar by Betty Azar pun disebutkan bahwa 'since' yang merujuk pada makna 'karena' menunjukkan 'a known cause' atau penyebab yang sudah diketahui, atau kata ini juga bisa diartikan 'because it is a fact that atau karena pada faktanya..'.

Dari penjelasan singkat di atas, kamu tentu sudah sedikit mengetahui bagaimana cara menggunakan kata 'since'. Jadi,  jika kamu ingin menggunakan kata 'since' untuk menerjemahkan 'karena', kamu harus memastikan bahwa apa yang kamu sampaikan memang sesuai fakta. 

Coba simak contoh di bawah ini:

Since Indonesia has a number of traditional foods, there are a lot of foreigners visiting this country only to taste the food.

(Karena Indonesia memiliki banyak sekali makanan tradisional, ada banyak orang asing yang mengunjungi negara ini hanya untuk mencicipi makanannya.)

Dari contoh kalimat di atas, perhatikan klausa 'Indonesia memiliki banyak sekali makanan tradisional'. Klausa ini menunjukkan fakta yang ada tentang negara Indonesia. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan kata 'since'.

Kapan Menggunakan Since?

Sama seperti 'because', 'since' juga dapat digunakan untuk mengungkapkan kejadian sebab akibat (cause and effect). Jadi jika kamu ingin membuat kalimat cause and effect, kamu bisa menggunakan 'since'.

Untuk formulanya sendiri kurang lebih seperti ini "Since + true fact, result" atau "Since + fakta yang diketahui kebenarannya, hasil dari fakta tersebut". Simak contohnya sebagai berikut:

Since it was raining so heavily last night, my family canceled dinner at that restaurant.

(Karena tadi malam hujannya sangat lebat, keluargaku tidak jadi makan malam di restoran itu.)

Note:

  • It was raining …… merupakan fakta yang ada.
  • My family canceled …… merupakan hasil dari fakta yang ada.

Perlu diketahui bahwa, 'since' yang bermakna 'karena' disebut sebagai subordinating conjunction atau konjungsi yang muncul bersama klausa yang tidak bisa berdiri sendiri, sehingga klausa tersebut membutuhkan klausa independen (main clause) untuk membentuk sebuah kalimat yang dapat dipahami.

Coba perhatikan kembali kalimat di atas, since it was raining …. Adalah subordinating clause / klausa dependen, dan my family canceled…… adalah main clause / klausa independen nya.

Because of dan Due to

Yuk simak ulasan berikut untuk memahami lebih dalam tentang Because of dan Due to!

Definisi Because of dan Due to

Berdasarkan penjelasan dalam sub bab Connectives that Express Cause and Effect pada buku English Grammar by Betty Azar, disebutkan bahwa Because of dan Due to masuk dalam kelas phrasal prepositions (kata depan atau preposisi sederhana yang didahului oleh kata dari kelas berbeda, baik konjungsi, adverb, ataupun adjective, contoh Because /konjungsi/ + of /preposisi/).

Baik 'because of' maupun 'due to' memiliki makna yang sama yaitu 'karena', dan pada umumnya selalu diikuti oleh objek atau kata benda. Berbeda dari 'because, since, dan for' yang selalu diikuti klausa dengan pola Subjek + Kata Kerja + Objek (opsional). 

Coba simak contoh berikut:

  • Because of the hot weather, Alice always keeps the AC on.
  • Due to the hot weather, Alice always keeps the AC on.

Makna: Karena cuacanya panas, Alice selalu menyalakan AC.

Bandingkan dengan kalimat di bawah ini:

Because the weather is hot, Alice always keeps the AC on.

Note:

Pada contoh kalimat di atas, Because of dan Due to diikuti oleh objek 'the hot weather', sedangkan Because diikuti oleh klausa.

Namun, pada kondisi yang lebih formal, 'due to' bisa juga diikuti oleh klausa, tetapi kamu perlu menambahkan kata-kata 'the fact that' setelah due to. Sehingga kalimatnya akan seperti ini:

Due to the fact that the weather is hot, Alice always keeps the AC on.

Dimana Posisi Because of dan Due to yang Tepat?

Jika kamu ingin menggunakan preposisi Because of dan Due to, kamu bisa meletakkannya di dua tempat yaitu di depan kalimat dan di tengah-tengah kalimat. Namun, gunakan tanda baca yang tepat. Jika posisinya di depan kalimat, maka gunakan tanda koma (,) setelah objek, sedangkan jika letaknya di tengah-tengah kalimat, kamu tidak perlu menambahkan tanda koma (,). Simak contohnya sebagai berikut:

  • Because of the hot weather, Alice always keeps the AC on.
  • Alice always keeps the AC on because of the hot weather.
  • Due to the hot weather, Alice always keeps the AC on.
  • Alice always keeps the AC on due to the hot weather.

Note: Keempat kalimat di atas sama-sama benar, hanya saja menggunakan phrasal preposition dan posisi dengan tanda baca yang berbeda.

Wah, ternyata cukup panjang ya penjelasannya. Gimana nih? Udah paham belum dengan perbedaan penggunaan because, for, since, because of dan due to? Semoga informasi di atas mudah dipahami dan bermanfaat ya buat sanlovers.



Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Penggunaan Because, For, Since, Because of dan Due to"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel