Perbedaan Because dan Because of, Simak Pada Contohnya!

Beberapa dari kamu yang baru belajar bahasa Inggris mungkin sedikit bingung dengan perbedaan because dan because of. Kedua istilah ini sama-sama memiliki makna “karena”, tetapi penggunaannya berbeda jika sudah masuk dalam sebuah kalimat.

perbedaaan because dan because of

Lalu seperti apakah perbedaannya? Simak informasinya setelah memahami ulasan singkat di bawah ini!

Kapan Kamu Menggunakan Because dan Because of?

Sebelum mengetahui perbedaan because dan because of, kamu harus tahu bahwa because dan because of ini merupakan kata-kata connectives (penghubung), yang memiliki fungsi menghubungkan klausa ataupun kalimat, dan tujuannya untuk menunjukkan adanya peristiwa sebab dan akibat.

Contohnya, jika kamu ingin bilang bahwa kamu tidak bisa datang ke sekolah karena sakit. Pada konteks inilah, kamu membutuhkan bantuan “because maupun because of” karena apa yang ingin kamu ungkapkan menunjukkan kejadian sebab dan akibat.

Katakanlah kamu ingin mengatakan kalimat ini, ‘Aku tidak hadir di kelas (akibat) karena sakit (penyebab)’. Maka kalimatnya akan seperti ini dalam bahasa Inggris I did not attend the class because I was getting sick, atau Because of getting sick, I didn’t attend the class (karena sakit, aku tidak datang ke kelas). 

perbedaaan because dan because of
Jadi bisa disimpulkan bahwa baik because maupun because of, sama-sama bisa digunakan pada konteks yang sama, namun dengan pola kalimat yang sedikit berbeda. Konteks yang sama seperti apa? Tentunya konteks kalimat yang merujuk pada kejadian sebab dan akibat. 

Untuk perbedaan lebih jelasnya, kamu bisa menyimak info di bawah ini.

Perbedaan Because dan Because of

Untuk mengetahui dasar perbedaan dari kedua istilah ini, kamu bisa menyimak cara menggunakan masing-masing istilah tersebut dalam kalimat bahasa Inggris.

Cara Menggunakan Because

Berdasarkan buku English Grammar by Betty Azar, because digunakan untuk memberikan alasan atas kejadian tertentu, tetapi posisinya sebagai adverb clause atau klausa yang digunakan untuk menerangkan klausa sebelum atau setelahnya. 

Contoh:

Kalimat 1: Because you were angry at Leo, he doesn’t even want to come here.

(Karena kamu marah pada Leo, dia bahkan nggak mau datang kemari.)

Anggap saja:

Because you were angry at Leo adalah klausa 2 (klausa subordinatif/ tidak bisa berdiri sendiri)

He doesn't even want to come here adalah klausa 1 (klausa utama/ bisa berdiri sendiri)

‘Because you were angry at Leo’ di sini disebut keterangan atau adverb clause, karena klausa ini menerangkan alasan mengapa Leo tidak datang kemari.

perbedaaan because dan because of

Ingat! Because tidak hanya bisa diletakkan di depan kalimat, kamu bisa meletakkannya di tengah-tengah kalimat sebagai penghubung antar klausa 1 dengan klausa 2, tetapi kamu tidak perlu menambahkan tanda koma (,). Sehingga kalimatnya akan seperti ini:

Kalimat 2: Leo doesn’t even want to come here because you were angry at him.

Karena subjek pada kalimat tersebut Leo, maka klausa didepan menggunakan Leo, sedangkan klausa belakang menggunakan “him” sebagai kata ganti dia (lk).

Kedua kalimat di atas (Kalimat 1 & 2) sama-sama menggunakan because walaupun dengan posisi berbeda, tetapi itu diperbolehkan secara kaidah.

Lalu, apakah kalimat di atas juga bisa menggunakan because of? Tentu saja bisa. Namun, kamu harus memperhatikan pemakainnya.

Cara Menggunakan Because of

Untuk bisa menggunakan because of, kamu harus membuat klausa menjadi sebuah kata benda (noun) yang maknanya tidak jauh berbeda. Hal ini dikarenakan because of tidak bisa diikuti dengan klausa. Agar tidak bingung, kamu simak rumusnya dulu deh:

  • Because + Clause / Klausa (S + Verb + O)

  • Because of + Noun / Kata Benda (Benda, Aktivitas berbentuk kata benda)

Artinya, because hanya bisa diikuti dengan klausa yang memiliki pola subjek + verb, sedangkan because of hanya bisa diikuti dengan noun/ kata benda, sehingga because tidak bisa diikuti noun, begitupun because of juga tidak bisa diikuti klausa.

perbedaaan because dan because of

Namun kedua baik because maupun because of bisa digunakan pada konteks kalimat yang sama. Simak contohnya:

Felicya tidak akan pergi ke rumahmu malam ini karena cuacanya sangat dingin.

Jika menggunakan because, maka kalimatnya akan seperti ini kalimatnya:

Felicya will not go to your home tonight because the weather is very cold.

Jika menggunakan because of, maka kalimatnya akan seperti ini kalimatnya:

Felicya will not go to your home tonight because of the very cold weather.

Yang maknanya menjadi: Felicya tidak akan datang ke rumahmu malam ini karena cuaca yang sangat dingin ini (maknanya tidak jauh berbeda dari kalimat sebelumnya, hanya saja polanya tidak sama)

Contoh kalimat lain:

Leo doesn’t even want to come here because you were angry at him.

(Leo bahkan tidak mau datang kemari karena kamu marah padanya.)

Bisa juga:

Leo doesn’t even want to come here because of your anger.

(Leo bahkan tidak mau datang kemari karena kemarahanmu.)

Dari sini dapat disimpulkan bahwa kamu bisa menggunakan because maupun because of untuk mengungkapkan ‘karena’, namun kamu harus memperhatikan terlebih dahulu kata setelah connectives ini. Jika setelah kata ‘karena’ menunjukkan pola Subjek + Verb, maka gunakan ‘because’, sedangkan jika setelah kata ‘karena’ adalah noun atau kata benda, maka gunakan ‘because of’

Dari sini, kamu sudah cukup paham kan perbedaan because dan because of? Intinya keduanya memiliki makna yang sama, hanya saja pola pemakainnya saja yang berbeda. Because selalu diikuti pola Subjek + Verb, sedangkan because of selalu diikuti noun atau kata benda.

Source: 

English Grammar by Betty Azar 3rd Edition

Written by: Yulian Saver


Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Because dan Because of, Simak Pada Contohnya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel