Bikin Ngiler! 6 Wisata Kuliner Bandung Terpopuler ini Wajib Kamu Cicipi

Sumber: Instagram @baksoaciresepmama

“Kuliner Indonesia kaya akan cita rasa yang siap bikin Anda baper karna rasanya” -Sanflawer

Siapa sih yang tidak ingin berkunjung ke kota Bandung yang memiliki tempat tersendiri bagi para pencintanya? Pasti sebagian dari Anda khususnya yang hobi travelling tentu sangat ingin berkunjung ke daerah yang mendapat julukan Kota Kembang ini. Tidak hanya terkenal karena udara yang segar dan juga sejuk, ternyata banyak kuliner Bandung yang terkenal enak hingga ke luar negeri.

Nah, bagi Anda yang sedang liburan ke kota Bandung, kurang lengkap rasanya jika tidak berburu kuliner yang dijamin bikin nagih. Ada banyak sekali pilihan kuliner di Bandung yang bisa Anda pilih dan jangan lupa untuk menikmatinya bersama keluarga agar semakin menyenangkan. Langsung saja, berikut ini beberapa rekomendasi kuliner di Bandung yang sangat sayang untuk dilewatkan, yaitu:

Kuliner Batagor

Bagi Anda yang hobi kuliner khususnya di pinggir jalan tentu sudah tidak asing dengan makanan khas Bandung yang satu ini. Batagor merupakan salah satu makanan yang menghadirkan sensasi renyah tahu dan pangsit yang digoreng. Agar rasanya semakin nikmat, biasanya akan disuguhkan dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas sehingga dapat menggoyang lidah para penikmatnya.

Di Bandung sendiri ada banyak sekali warung yang menjual kuliner batagor. Namun salah satu tempat yang sudah sangat populer di Bandung yang terkenal dengan Batagornya yang enak adalah Batagor Kingsley. Warung ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1982 sehingga tidak heran jika banyak orang yang mengunjunginya.

Nah, bagi Anda yang belum tahu dimana lokasinya, Batagor Kingsley berada di Jl Veteran No 24 KB Pisang Kec. Sumur Bandung. Untuk harga kuliner Bandung ini terbilang sangat terjangkau yakni sekitar Rp 25 ribu per porsinya.

Kuliner Cilok

Bagi Anda penggemar makanan cilok, kurang pas rasanya jika tidak mencoba cilok asli Bandung yang terkenal enak. Cilok sendiri merupakan salah satu jajanan yang sudah sangat terkenal di Bandung sehingga tidak heran jika banyak sekali penjual cilok yang bisa Anda jumpai di sana. Dari banyaknya penjual cilok yang tersedia di sana, salah satu cilok yang terkenal di Bandung yaitu Cilok Goreng Setiabudi.

Sekilas jika dilihat dari bentuknya hampir sama dengan cilok-cilok pada umumnya, hanya saja yang membedakan adalah pada komposisi bahan yang digunakan. Selain itu, kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh Cilok Goreng Setiabudi ini yaitu ada banyak sekali varian yang bisa Anda pilih sesuai kesukaan. Bagi Anda yang penasaran, bisa langsung berkunjung ke Jl Dr Setiabudi No 48 Gegerkalong Bandung.

Kuliner Seblak

Suka kuliner pedas? Pastikan untuk mencoba kuliner Bandung yang satu ini. Seblak merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di Bandung. Saking terkenalnya, makanan yang satu ini selalu diburu oleh para wisatawan luar kota Bandung. Rasanya yang pedas menantang membuat banyak orang ketagihan dengan rasa yang dihadirkan.

Makanan yang satu ini ada banyak pilihan topping yang bisa Anda pilih sesuai dengan kesukaan. Untuk harganya sendiri sangat beragam sesuai dengan topping yang Anda pilih tersebut. Nah, bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner Seblak dengan rasa yang maknyus maka bisa mampir di Jl Buah Batu No 163 Lengkong Bandung. Jadi pastikan jangan sampai melewatkannya ya!.

Kuliner Cireng

Selain Cilok dan Batagor jajanan khas Bandung yang memiliki rasa tak kalah enak adalah Cireng. Salah satu alasan mengapa banyak orang yang suka dengan makanan yang satu ini yaitu selain karena rasanya yang bikin ketagihan juga harganya yang terbilang murah. Nah, untuk Anda yang ingin mencicipi makanan Cireng bisa langsung berkunjung ke Cireng Keraton.

Di sana Anda akan menemukan beraneka ragam olahan cireng dari berbagai rasa sehingga bisa Anda pilih sesuai selera. Untuk lokasinya sendiri berada di Jl Cihampelas No 160 Bandung. Untuk harganya yaitu sekitar Rp 6.000 per porsi. Sangat murah sekali, bukan?

Kuliner Perkedel Bondon

Selanjutnya ada Perkedel Bondon yang cocok untuk menemani waktu santai Anda di malam hari. Perkedel ini disebut-sebut sebagai kuliner paling legendaris di Bandung karena sudah ada sejak tahun 80-an. Apa sih yang membedakan perkedel ini dengan perkedel lainnya? Perbedaannya ada pada tempat yang digunakan untuk memasaknya, yakni sebuah tungku yang mana orang Sunda menyebutnya dengan nama Hawu.

Perkedel Bondon ini sendiri adalah perkedel kentang yang digoreng sampai garing. Jika digigit, rasanya akan sangat lembut dan enak. Biar tambah lezat, orang Bandung biasanya menyantapnya dengan sambal terasi pedas. Nah, bagi Anda yang ingin membeli kuliner enak ini, Anda bisa datang ke jalan Kebun Jati No.42, Kebun Jeruk, Bandung. Harganya hanya sekitar Rp2000 saja untuk per buahnya.

Kuliner Colenak

Bagi Anda yang belum pernah datang ke Bandung, tentu sedikit asing dengan makanan yang satu ini. Colenak sendiri merupakan sebutan untuk kudapan yang terbuat dari peuyeum (tapai singkong) yang nantinya dibakar, lalu disantap dengan mencocolkannya ke kuah gula Jawa yang manis.

Istilah dari makanan ini begitu terkenal di Bandung. Saking terkenalnya, istilah Colenak ini seringkali dilantunkan menjadi kawih degung Sunda sampai dengan nyanyian anak-anak saat bermain, yakni “Colenak beuleum peuyeum digulaan”. Wah sepertinya makanan ini memang sangat populer ya!

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan rasanya, Anda bisa datang langsung ke Bandung. Salah satu tempat rekomendasi dari Sanflawer adalah Colenak Murdi Putra yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Bandung. Untuk harganya sendiri sekitar Rp9000 per bungkusnya. Untuk varian rasanya, Anda bisa pilih antara rasa durian atau nangka, keduanya sama-sama enak lho!

Demikian sedikit ulasan singkat tentang kuliner Bandung yang dijamin enak dan menggugah selera. Jadi bagi Anda yang berencana untuk liburan ke Bandung pastikan jangan sampai melewatkan beberapa makanan yang sudah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat! 

(Ditulis oleh: Ella Lailatul - lailatul.ngumroh@gmail.com)


Belum ada Komentar untuk "Bikin Ngiler! 6 Wisata Kuliner Bandung Terpopuler ini Wajib Kamu Cicipi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel