Viral! Wisata Mangrove Gunung Anyar Surabaya Suguhkan Ekowisata Perkotaan

Sumber: Instagram @rnnprnm

Siapa bilang Surabaya hanya punya mall? Kota metropolitan yang sibuk ini ternyata juga punya daerah ekowisata yang menyajikan hijaunya hutan bakau. Berawal dari upaya untuk melindungi pesisir Surabaya dari gerusan air laut, kini daerah seluas 2,9 hektare tersebut berubah cantik dan menjadi hits akhir-akhir ini dengan nama Mangrove Gunung Anyar Surabaya.

Mangrove Gunung Anyar memiliki banyak spot foto unik yang kekinian, cocok menjadi destinasi wisata di akhir pekan bersama keluarga atau pasangan. Daerahnya yang hijau dan segar mampu mengistirahatkan otak dari riuhnya Kota Surabaya yang juga tinggi polusi. Jika Anda tertarik berlibur di sini yuk simak ulasan lengkap Wisata Mangrove Gunung Anyar Surabaya berikut.

Daya Tarik Mangrove Gunung Anyar Surabaya

Destinasi wisata ini dapat dikatakan cukup berbeda dan memberikan sesuatu yang jarang didapat di kota besar seperti Surabaya ini. Lahan hutan Mangrove Gunung Anyar Surabaya yang cukup luas ini menyuguhkan kesejukan dari rapatnya pohon bakau di tengah Kota Surabaya yang panas. Jika ragu Mangrove Gunung Anyar buka jam berapa, Anda bisa stand by di tempat sejak pukul 7 agar bisa menikmati udara pagi di hutan bakau.

Menjadi wisata di era kekinian ini, Mangrove Gunung Anyar menawarkan lokasi yang epic untuk diabadikan dan diupload di sosmed instagram. Banyak spot foto Mangrove Gunung Anyar yang menarik seperti lingkaran bambu, Menara Padang, Dermaga Bambu, gazebo dan masih banyak lagi. Pengunjung bisa menyusuri daerah bakau, menikmati udara sejuk serta berswafoto berlatar mangrove dari jembatan panjang klasik yang tak kalah instagramable.

Sumber: Instagram @gantianen9878

Tak cukup menyusuri hutan bakau dari dekat, Anda juga bisa mampir ke pusat hutan mangrovenya dengan menaiki perahu dengan biaya Rp 50.000 per orang. Jika tak ingin ramai-ramai ada alternatif speedboat yang lebih menantang dan asyik seharga Rp 300.000 per kapal dengan jumlah penumpang 6 orang. Dijamin berkunjung kesini akan memberikan kesan yang tak akan terlupakan.

Aktivitas Seru di Mangrove Gunung Anyar Surabaya

Daya tariknya yang cukup difavoritkan tersebut tentu sejalan dengan aktivitasnya yang kalah seru untuk dicoba. Mangrove Gunung Anyar sudah buka sejak pukul 7 hingga 5 sore. Sepanjang hari itu, Anda bisa menikmati beberapa aktivitas berikut ini.

Berswafoto di Broadwalk Trail ala Lac Laurann Conservancy (LLC) di AS

Broadwalk trail ini berupa jalan sepanjang 20 meter yang bisa membuat pengunjung mendapat angle yang pas untuk berfoto dengan latar bakau. Uniknya, jalan ini terbuat dari bambu sehingga terlihat estetik bahkan digadang-gadang menjadi Lc Laurann Conservancy-nya Surabaya.

Melihat Hutan Bakau dari atas Menara Padang

Pemandangan asri hutan juga disuguhkan dari atas melalui Menara Padang. Spot setinggi 12 meter ini memberikan nuansa unik yang jarang ditemukan pada wisata mangrove lainnya.

Sumber: Instagram @nita_nith

View hutan mangrove dari atas sangat memukau dan patut menjadi foto yang harus ada di galeri Anda setelah berkunjung ke wisata ini. Namun sayangnya, menara yang terbuat dari bambu ini hanya cukup untuk 5 orang saja sehingga pengunjung harus bergantian untuk menaikinya.

Menaiki perahu dari Dermaga Bambu

Seperti yang sudah disinggung di atas, pengunjung bisa menikmati hutan dari sudut pandang yang berbeda dengan menaiki perahu terlebih dahulu. Anda harus menaikinya dari dermaga yang terbuat dari bambu pula. Dengan mengeluarkan biaya Rp 50.000, pemandangan pohon bakau dari dekat yang begitu sejuk akan Anda rasakan.

Tak hanya itu, dengan biaya tersebut pengunjung bisa menikmati ketenangan laut lepas yang indah. Perjalanan dari dermaga hingga muara tersebut akan memanjakan mata dan pikiran sehingga cocok untuk dijadikan alternatif refreshing.

Duduk Santai Gazebo

Mangrove Gunung Anyar Surabaya memiliki track yang cukup panjang, jika lelah berkeliling telah tersedia gazebo untuk beristirahat dan menikmati udara segar di sana. Gazebo yang unik berukuran 5x5 meter ini terbuat dari bambu dan ada di beberapa titik. Pengunjung pun bisa mengadakan kegiatan di gazebo yang cukup luas ini dengan izin ke pihak pengelola terlebih dahulu.

Harga Tiket dan Fasilitas Mangrove Gunung Anyar Surabaya

Tiket masuk wisata Mangrove Gunung Anyar Surabaya gratis tetapi pengunjung akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Hal itu membuat Mangrove Gunung Anyar menjadi wisata yang ramah kantong melihat lokasinya yang berada di daerah perkotaan.

Sejak dikelola oleh Dinas Kehutanan pada tahun, Mangrove Gunung Anyar telah mengalami kemajuan yang cukup pesat, terlihat dari fasilitas yang disediakan yaitu:

  • Mushalla
  • Kamar mandi
  • Parkir
  • Gazebo
  • Sewa perahu
  • Spot foto menarik
  • Warung makan

Alamat dan Rute Lokasi Mangrove Gunung Anyar Surabaya

Wisata yang menawarkan kesejukan di tengah Kota Surabaya yang panas ini berada di Jalan Medokan Sawah Timur, Kecamatan Rungkut. Lokasi wisata Mangrove Gunung Anyar tak jauh dari UPN Veteran Surabaya sehingga bisa dengan mudah dicari. Pengunjung cukup menempuh perjalanan sejauh 15 km dari pusat kota atau 35 menit berkendara.

Sumber: Instagram @fadia.rizq

Banyak alternatif rute untuk menuju kesana misalnya dengan kendaraan pribadi, Anda harus masuk ke tol Waru-Juanda-Tambak Sumur-Jalan Raya Taman Sari-Jalan Raya Rungkut-Manunggal-Zamhuri-Rungkut Madya-Wonorejo-lokasi. Jika dari stasiun terdekat yaitu Wonokromo jalan ke perempatan Jalan Jagir-naik angkutan umum U-lokasi wisata. Sebelum sampai di pintu masuk, deretan pohon yang sangat rindang di kanan kiri akan tersuguh untuk para pengunjung.

Tips Berkunjung ke Mangrove Gunung Anyar Surabaya

Berkunjung ke daerah pantai yang panas tentu berbeda jika berwisata ke tempat lainnya. Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar liburan di Mangrove Gunung Anyar menjadi menyenangkan dan lancar.

  • Datang sangat pagi atau saat sore. Daerah bakau yang tepi laut tentu sangat terik sehingga waktu yang tepat untuk berkunjung ialah saat pagi hari ketika lokasi wisata baru saja dibuka. Jika tidak, datanglah saat sore sehingga bisa menghindari cuaca terik ketika berlayar melihat laut lepas dan udara sejuk pun akan terasa saat berjalan-jalan.
  • Bawa kacamata hitam dan payung. Agar wisata semakin nyaman terutama untuk Anda yang tidak biasa dengan cuaca Surabaya yang panas, gunakan kacamata hitam agar tidak silau. Meski rindang di beberapa tempat, daerah ini tetap sangat terik di siang hari sehingga membawa payung menjadi cara aman agar tidak takut hitam dan buru-buru saat berjalan-jalan di area bakau.
  • Jangan lupa kamera. Mangrove Gunung Anyar adalah wisata kekinian yang populer dengan spot fotonya yang menarik. Jadi, sangat rugi jika tidak mengabadikan gambar Mangrove Gunung Anyar dalam bidikan kamera yang tidak ada di tempat lain itu.

Ulasan lengkap dari daya tarik, spot menarik hingga tips berkunjung ke Mangrove Gunung Anyar sudah dipaparkan sedetail mungkin. Mangrove Gunung Anyar Surabaya ini layak masuk dalam daftar liburan di akhir pekan bersama keluarga, pasangan atau kawan. Jadikan informasi di atas sebagai referensi sebelum berangkat sehingga segala sesuatunya bisa dipersiapkan dengan baik. Jadi, apakah Anda tertarik berkunjung ke eco wisata di tengah kota ini?

Ditulis oleh: Ulfiatul Jannah/jannah2297@gmail.com

Belum ada Komentar untuk "Viral! Wisata Mangrove Gunung Anyar Surabaya Suguhkan Ekowisata Perkotaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel