Puthuk Gragal Cembor, Destinasi Terbaru di Mojokerto Tawarkan View Instagramble

Pernah mendengar tentang Puthuk Gragal Cembor? Sebagian dari Anda mungkin masih cukup asing dengan wisata pendakian terbaru di Mojokerto ini, bukan? Puthuk Gragal memang menjadi salah satu destinasi baru di wilayah Mojokerto yang baru dibuka akhir tahun lalu.

Bagi Anda yang berdomisili di wilayah Mojokerto dan sekitarnya tentu sudah pernah atau mungkin sering melakukan pendakian di sana. Lokasi dari Puthuk Gragal sendiri berada di kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto.

Sumber: Instagram @petualang_mojokerto
Menariknya, Anda bisa mencapai puncaknya dalam sehari dan bisa menempuhnya dengan cara pulang pergi. Namun perlu diperhatikan, saat melakukan pendakian ke sana pastikan untuk menyiapkan berbagai perbekalan dan membawa jacket breaker serta jas hujan.

Sebelum memulai perjalanan, pastikan untuk menyimak beberapa informasi terkait Puthuk Gragal yang ada di daerah Cembor Mojokerto. Mulai dari harga tiket masuk, daya tarik, lokasi dan beberapa informasi lainnya.

Harga Tiket Masuk ke Puthuk Gragal

Sumber: Instagram @wisatapacet
Sama halnya dengan beberapa tempat pendakian lainnya, para pendaki wajib membayar biaya administrasi sebelum berangkat. Untuk sementara ini harga tiket masuk yaitu sekitar Rp 10.000 per malam untuk per orang.

Nah, untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi maka wajib membayar sebesar Rp 10.000.  Nantinya biaya parkir tersebut akan disalurkan untuk membangun toilet dan juga jalur.

Melihat biaya registrasi yang begitu terjangkau maka pastikan untuk berkunjung ke sana segera mungkin ya! Jangan lupa ajak banyak teman agar aktivitas pendakian menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Daya Tarik Puthuk Gragal

Sumber: Instagram @pendakian.puthuk_gragal
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Puthuk Gragal Cembor merupakan destinasi baru yang masih jarang dikunjungi. Sehingga tidak heran jika suasana yang dihadirkan masih sangat asri dan meneduhkan mata.

Jalur yang nantinya Anda lewatkan juga sangat menyenangkan karena dipenuhi dengan vegetasi rapat kanan kiri. Mulai dari bambu, ilalang, bungan lantana, pohon-pohon besar, pecut kuda, tanaman genjret, pinus dan masih banyak lagi.

Sepanjang jalurnya pun cukup teduh sehingga Anda tidak mudah kelelahan saat mendaki ke sana. Untuk pos nya sendiri terdiri dari 4 pos dimana titik ketinggian basecampnya sekitar 700-800 MDPL.

Sedangkan untuk ketinggian puncaknya yaitu sekitar 1.480 Mdpl. Dari basecamp menuju ke pos 1 Watu Ceper dibutuhkan waktu sekitar 25 menitan saja dengan model jalur datar. Selanjutnya untuk menuju pos 2 membutuhkan waktu sekitar 15 menitan.

Sumber: Instagram @petualang_mojokerto
Setelah melewati pos 2, jenis jalur yang dilewati yaitu menanjakkan yang mana tracknya lumayan panjang. Untuk tingkat kemiringannya yaitu sekitar 60-70 derajat dimana Anda nantinya akan melewati tanaman genjret.

Lanjut perjalanan ke pos tiga Anda akan menjumpai track yang menanjak namun tidak terlalu terjal. Tidak terlalu jauh Anda akan menemukan pos 4 yang dinamakan Tanjakan Celeng. Di pos 4 ini Anda akan menemukan sumber air yang berada di wadah tandon beton.

Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan untuk menuju ke area Camp yang mana nantinya Anda akan melihat ada plakat batas area camp. Hanya butuh waktu sekitar 15 menitan saja Anda bisa sampai di Puncak Puthuk Gragal. Jika dihitung, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk bisa sampai puncak.

Tips Aman Melakukan Pendakian di Puthuk Gragal            

Perlu diketahui, mayoritas kondisi tanah yang ada di Puthuk Gragal ini merupakan gambut gembur. Sehingga saat hujan jalur yang Anda lalui nantinya lumayan rawan. Oleh karena itu, Anda perlu lebih berhati-hati saat melakukan pendakian ke sana. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat mendaki di Puthuk Gragal Cembor.

Sumber: Instagram @pendakian.puthuk_gragal
Perhatikan Persiapan dan Bekal

Seperti yang diketahui mendaki gunung bukanlah aktivitas yang bisa dilakukan dalam sehari. Biasanya beberapa pendaki akan memutuskan untuk menginap di area camp. Oleh karena itu Anda perlu menyiapkan berbagai macam perbekalan untuk menghindari kelaparan atau kehausan dalam perjalanan.

Makanan manis menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan selama perjalanan naik gunung karena dapat menambah energi. Selain itu, hal yang paling utama yaitu cukupi persediaan air karena jangan sampai kekurangan air minum sehingga menyebabkan dehidrasi.

Olahraga Agar Fisik Kuat

Berbicara tentang mendaki gunung pasti semua orang sepat bahwa aktivitas tersebut memerlukan kekuatan fisik yang tinggi. Nah, bagi anda yang belum pernah mendaki sama sekali atau pemula maka kebiasaan pertama yang harus dilakukan sebelum berangkat yaitu berolahraga.

Jika Anda tidak terbiasa jalan jauh sebaiknya jangan memutuskan untuk melakukan pendakian. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin pergi ke Puthuk Gragal Cembor pastikan untuk membiasakan diri untuk berolahraga terlebih dahulu. Seperti berjalan ringan, jogging, hingga mengangkat beban-beban berat.

Ajak Teman yang Berpengalaman

Sumber: Instagram @achmadf_rozi
Satu lagi hal yang perlu Anda siapkan saat memutuskan untuk melakukan pendakian ke Puthuk Gragal Cembor yaitu mengajak teman yang sudah berpengalaman. Berpengalaman di sini yaitu ia sudah pernah melakukan pendakian sebelumnya dengan track yang mungkin jauh lebih berat atau tinggi.

Dengan mengajak teman atau partner yang berpengalaman akan memudahkan Anda mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saat di perjalanan menjumpai kendala maka ia bisa memberikan solusi pemecahan.

Itulah sedikit ulasan tentang harga tiket masuk dan juga daya tarik di Puthuk Gragal Cembor yang ada di Mojokerto. Agar perjalanan pendakian Anda berjalan aman dan lancar, jangan lupa untuk menerapkan beberapa tips yang sudah dijabarkan di atas. Semoga bermanfaat!

 

Belum ada Komentar untuk "Puthuk Gragal Cembor, Destinasi Terbaru di Mojokerto Tawarkan View Instagramble"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel