Kawah Wurung Bondowoso, Destinasi Wisata Alam dengan Beragam Pesonanya

Pernah mendengar tentang destinasi wisata Kawah Wurung Bondowoso? Objek wisata yang satu ini merupakan destinasi wisata alam liar yang terdiri dari hamparan tanah luas dengan ditumbuhi dengan rerumputan. Sekilas destinasi wisata ini hampir sama dengan yang namanya savana atau padang rumput.

Untuk Anda yang tinggal di daerah Bondowoso atau sekitarnya, berkunjung ke destinasi wisata alam ini sangatlah dianjurkan. Pasalnya, lokasi dari destinasi wisata ini hampir sama dengan kawasan Gunung Bromo yang ada di provinsi Jawa Timur. 

Sumber: Instagram @khakim_sr
Hanya saja jika dilihat dari ukurannya memang lebih kecil dibandingkan yang adai di Bromo. Namun jika Anda melihatnya dari segi pemandangan yang ditawarkan tentu saja tidak kalah bagus dan mempesona.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan alamat dan harga tiket masuknya, pastikan untuk membaca artikel ini sampai selesai ya! Berikut ini akan dijelaskan lebih lengkap tentang informasi seputar Kawah Wurung yang ada di daerah Bondowoso.

Alamat Kawah Wurung Bondowoso

Sumber: Instagram @alghanzq
Kawah Wurung merupakan salah satu destinasi wisata di Bondowoso yang berada di kecamatan Sempol. Sebenarnya lokasi dari kawah ini sendiri hampir berdekatan dengan kawah Ijen yang sudah sangat terkenal itu.

Jika dihitung jarak antara Kawah Wurung dengan Kawah Ijen hanya sekitar sembilan sampai sepuluh kilometer saja. Jadi, untuk Anda yang sedang berkunjung ke Kawah Ijen saat di Bondowoso jangan untuk mampir ke Kawah Wurung juga ya!

Tiket Masuk Kawah Wurung Bondowoso

Sumber: Instagram @rama1811wahyu
Setelah mengetahui dimana lokasinya, maka Anda juga perlu mencari tahu berapa harga tiket masuk ke Kawah Wurung. Karena masih tergolong objek wisata baru di Bondowoso tidak heran jika harga tiket masuknya masih  tergolong murah.

Namun perlu diketahui, selain membayar tiket masuk para pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir. Untuk rincian biayanya silahkan untuk menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

  • Tiket Wisatawan Domestik Rp 5.000
  • Tiket Wisatawan Mancanegara Rp 20.000
  • Sewa ATV 30 menit Rp 50.000
  • Sewa Tenda Per Malam Rp 50.000
  • Parkir Motor Rp 2.000
  • Parkir Mobil Rp 4.000
  • Parkir Mini Bus/Pick Up Rp 10.000-Rp 20.000

Perlu diketahui, area wisata Kawah Wurung ini buka mulai dari pagi sampai dengan sore hari. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan sebelum liburan ke sana yaitu masalah cuaca. Ketika Anda menjumpai hujan deras maka sebaiknya untuk tidak melanjutkan perjalanan.

Hal tersebut karena akses jalannya yang cukup sulit. Selain itu, sebaiknya untuk menghindari kunjungi pada malam hari. Kenapa? Mengingat lokasinya yang masih cukup terpencil maka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jangan lakukan perjalanan pada malam hari ya!

Aktivitas Wisata di Kawah Wurung

Tahukah Anda ternyata Kawah Wurung memiliki luas yang lumayan besar yakni sekitar 1000 hectare. Namun untuk kawasan intinya sendiri hanya sekitar 100 hectare saja. Saat liburan ke tempat ini, ada banyak sekali aktivitas yang Anda lakukan. Diantaranya yaitu:

Berburu Foto

Sumber: Instagram @bondowoso_explore
Aktivitas pertama yang wajib untuk Anda lakukan adalah berburu foto dengan latar belakang yang indah dan unik. Mengambil gambar Kawah Wurung menjadi tujuan utama setiap pengunjung yang datang ke sana, jadi pastikan untuk tidak melewatkannya.

Ada banyak sekali spot menarik yang terdapat di tempat wisata ini jadi sangat cocok untuk Anda yang sering berburu foto. Jadi, sebelum liburan ke sana pastikan untuk mempersiapkan kamera terbaik Anda ya!

Pemandangan Alamnya

Sumber: Instagram @rosekurnianingsih
Selain berfoto, aktivitas lainnya yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Kawah Wurung yaitu menikmati pemandangan alamnya. Bukan rahasia umum lagi jika objek wisata ini menawarkan pemandangan alam yang begitu mengagumkan.

Uniknya, pemandangan yang ada di sini sebagian besar dipengaruhi oleh curah hujan. Biasanya saat musim hujan rerumputan akan tumbuh dengan subur sehingga warna yang mendominasinya adalah hijau.

Sedangkan pada saat musim kemarau, pasokan air yang ada di kawah ini berkurang sehingga tanamannya menjadi layu. Tidak heran jika saat musim kemarau Kawah Wurung terlihat berwarna kuning.

Berkemah & Bersepeda

Sumber: Instagram @camsiteIndonesia
 Salah satu cara yang biasanya dilakukan oleh para pengunjung untuk menikmati pemandangan alam Kawah Wurung adalah dengan bersepeda. Jika Anda tidak membawa sepeda tak usah khawatir karena pihak pengelola menyediakan tempat persewaan.

Selain bersepeda Anda juga bisa berkemah di tempat yang berada di ketinggian 1500 mdpl ini. Nah, jika Anda tertarik untuk berkemah maka pastikan untuk izin terlebih dahulu pada pihak pengelola atau petugas. Karena di lokasi wisata tidak tersedia sumber air bersih, setiap pengunjung disarankan untuk membawa bekal air dalam jumlah yang cukup.

Itulah ulasan singkat tentang lokasi, harga tiket masuk hingga aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berada di Kawah Wurung Bondowoso. Karena objek wisata ini masih terbilang cukup baru tidak heran jika fasilitas yang tersedia masih sangat minim. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat berlibur.

Belum ada Komentar untuk "Kawah Wurung Bondowoso, Destinasi Wisata Alam dengan Beragam Pesonanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel