6 Aplikasi Bahasa Inggris Paling Ngehits di Kalangan Pelajar

Credit: Google PlayStore

Bahasa Inggris menjadi sebuah skill yang dibutuhkan di kalangan profesional. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, cukup mudah memperoleh pengetahuan secara online.

Apalagi di masa pandemi seperti ini yang membuat seluruh sektor negara khususnya pendidikan berhenti beroperasi, sehingga sistem pendidikan yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka berubah menjadi daring/online.

Dengan begitu, banyak aplikasi belajar bahasa Inggris gratis yang dapat Anda gunakan dimanapun Anda berada. Berikut daftar 6 aplikasi terbaru yang dapat menunjang belajar bahasa Inggris kamu.

Duolingo

Duolingo merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris gratis terkenal bagi pemula saat ini. Pasalnya Duolingo telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna dan memiliki sekitar 30 bahasa penerjemah.

Credit: Google PlayStore
Duolingo didesain hampir sama dengan tampilan game yang dapat disesuaikan dengan aktivitas dan gaya belajarmu. Jadi Anda tidak akan merasa bosan belajar bahasa asing melalui aplikasi ini.

Dengan belajar lewat Duolingo Anda akan belajar tentang kosa kata, frasa, tata bahasa, ejaan hingga percakapan dalam bentuk bahasa Inggris. Kelebihan lain Duolingo yaitu memberikan laporan harian tentang peningkatan belajar serta materi yang bisa disimpan secara offline.

LingoDeer

LingoDeer merupakan aplikasi pembelajaran bahasa asing yang interaktif dan memungkinkan Anda untuk berinteraksi secara kontekstual dan terstruktur. Dengan begitu Anda dapat mengikuti pembelajaran sesuai kecepatan dan kemampuannya.

Pembelajaran tentang membaca, mendengar serta menulis kosa kata menjadi hal yang ditekankan dalam aplikasi LingoDeer.

Banyak tema pilihan sehari-hari mulai dari tema hewan peliharaan, traveling, keluarga, kalimat tanya umum, kalimat tanya khusus dan sebagainya yang ditawarkan dalam aplikasi ini lewat desain yang intuitif.

Semua tema ini ditujukan tidak lain agar pengguna terbiasa dulu dengan percakapan sehari-hari daripada mempelajari kosakata yang sulit terlebih dahulu.

Speak English Conversation

Jika Anda sedang mencari aplikasi untuk membantu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris, maka aplikasi Speak English Conversation ini bisa dicoba. Lewat aplikasi ini nantinya Anda bisa mendengarkan percakapan bahasa Inggris, menjawab pertanyaan yang berasal dari percakapan dan merekam suara untuk melakukan percakapan bersama yang disediakan oleh aplikasi ini.

LinQ

Aplikasi belajar bahasa Inggris lainnya yang dapat kamu coba adalah LingQ. Anda dapat memilih tingkatan kemampuan bahasa Inggrismu, apakah berada di level basic, intermediate atau advance ketika Anda belajar melalui aplikasi ini. Setelah memilih level tersebut Anda akan diarahkan untuk memilih beberapa tema. Kelebihan LingQ ini adalah aplikasi yang fokus pada pelajaran listening.

Anda akan belajar percakapan baru berdasarkan pada rekaman cerita yang sudah ada, lalu menjawab beberapa pertanyaan yang ada dalam rekaman tersebut. Kelebihan lainnya dari LingQ yaitu tidak hanya fokus untuk belajar bahasa Inggris saja, melainkan juga bisa belajar 27 bahasa lainnya seperti bahasa Mandarin, Jepang, Arab, Perancis dan lain-lain.

Busuu

Selain empat aplikasi di atas, Bussu juga menjadi aplikasi belajar bahasa Inggris yang direkomendasikan. Busuu dirancang oleh ahli bahasa yang didukung dengan menggunakan kecanggihan AI, serta dapat menggabungkan antara interaksi siswa dan pengajar. Aplikasi ini telah dipakai oleh 100 juta pengguna serta didukung dengan 12 bahasa.

Dalam aplikasi Bussu terdapat materi pembelajaran tentang berbicara, menulis, membaca, dan mengeja. Pembelajaran tersebut dimasukkan guna menambah pengetahuan tentang tata bahasa, frasa dan percakapan dalam bahasa Inggris. Busuu juga menyertakan sedikit pelatihan aksen bahasa Inggris dan menjadi pembelajaran bahasa Inggris secara offline yang dapat kamu pelajari saat tidak ada jaringan internet.

Melalui Busuu Anda juga bisa melihat kemajuan pembelajaran secara visual dengan persentase skor di setiap tugas yang sudah Anda kerjakan. Di samping itu, aplikasi ini juga memberikan laporan mingguan tentang apa yang sudah Anda dapatkan selama sepekan.

Cake

Selanjutnya aplikasi Cake – Belajar Bahasa Inggris Gratis merupakan aplikasi terbaru dan terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris, aplikasi ini dibuat oleh pengembang Playlist Corporation.

Credit: Google PlayStore
Aplikasi Cake menyediakan materi pembelajaran bahasa Inggris dengan video dan percakapan bahasa Inggris yang mudah. Dan setiap hari aplikasi Cake akan menambahkan materi bahasa Inggris yang menyenangkan.

Playlist Corporation, menyatakan bahwa aplikasinya ini seratus persen Gratis. Jika Anda ingin berlatih berbicara dalam bahasa Inggris, Cake adalah aplikasi yang paling cocok dengan Anda. Aplikasi ini juga menyediakan latihan speaking dengan penutur asli.

Nah, itulah 6 rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris gratis yang dapat Anda unduh. Dari aplikasi tersebut Anda bisa belajar bahasa Inggris secara pelan-pelan namun konsisten sesuai dengan kesibukanmu.

Dengan belajar bahasa Inggris lewat aplikasi di atas, tentu Anda bisa menambah pengetahuan atau kosa kata dalam bahasa Inggris. Apalagi di masa sekarang bahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam bidang profesional terutama bagi mereka yang bekerja di perusahaan multinasional.

Jadi, kira-kira aplikasi mana yang akan Anda pilih?

Penulis: Khairun Nisa

Sumber:

https://www.ekrut.com/media/aplikasi-belajar-bahasa-inggris

https://parekampunginggris.co/10-aplikasi-terbaru-belajar-bahasa-inggris-gratis/


Belum ada Komentar untuk "6 Aplikasi Bahasa Inggris Paling Ngehits di Kalangan Pelajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel