6 Keunggulan Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan Manusia

keunggulan teknologi Artificial Intelligence
Credit: Canva.com
Tak dapat dipungkiri, di zaman sekarang ini penggunaan teknologi sudah menjadi sebuah tuntutan baru agar kita tidak ketinggalan berbagai informasi dan dapat mengikuti arus perkembangan zaman yang kini serba digital. Salah satu teknologi yang sedang populer yaitu teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). 

Terciptanya AI memungkinkan peralatan ataupun mesin dapat bekerja layaknya manusia. Hal ini tentunya membuat teknologi AI memiliki kelemahan dan juga keunggulan. Nah, pada artikel ini kita hanya akan fokus untuk membahas mengenai apa saja sih keunggulan teknologi Artificial Intelligence itu? Yuk, baca sampai akhir!

Mengefisiensi Waktu

Keunggulan teknologi Artificial Intelligence yang pertama adalah membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah sehingga mampu menghemat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. 

Sebagai contoh, salah satu penerapan AI yang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat adalah mesin pencarian atau search engine. Melalui mesin pencarian inilah kita dapat mencari berbagai informasi yang kita butuhkan tanpa terikat ruang maupun waktu sehingga kita dapat melakukannya kapanpun dan di manapun. Dengan begitu, kita bisa mengefisiensi waktu yang kita miliki. 

Terlebih lagi, fitur voice pada mesin pencarian akan membantu kita dalam mencari suatu informasi tanpa harus lelah-lelah mengetik kata kunci dari informasi yang kita butuhkan. Cukup dengan menyebutkan keyword informasi yang akan dicari menggunakan suara kita, setelah itu mesin pencarian akan segera menampilkan berbagai informasi relevan sesuai dengan keyword yang telah kita sebutkan tadi.

Di bidang lain, penggunaan chatbot untuk melayani pesan dari customer juga membantu para seller untuk melayani berbagai pertanyaan pembeli secara otomatis dan mampu aktif selama 24 jam non stop. Dengan demikian, keunggulan teknologi Artificial Intelligence ini akan membuat waktu yang dimiliki oleh para seller menjadi lebih efisien.

Meningkatkan Produktivitas

Keunggulan teknologi Artificial Intelligence yang satu ini berkaitan dengan efisiensi waktu yang dihasilkan ketika kita menggunakannya. Jika efisiensi waktu telah diperoleh, waktu yang masih ada dapat kita gunakan untuk melakukan pekerjaan lainnya sehingga lebih banyak pekerjaan yang dapat kita selesaikan dan kita pun menjadi lebih produktif.

Meminimalisir Human Error

Keunggulan teknologi Artificial Intelligence selanjutnya yaitu adanya fitur autocorrect dalam AI yang sangat membantu untuk meminimalkan error atau kesalahan dalam suatu pekerjaan. Fitur autocorrect terdapat pada keyboard di smartphone yang kita miliki akan membantu menunjukkan apabila terjadi kesalahan dalam pengetikan. 

keunggulan teknologi Artificial Intelligence
Credit: Canva.com
Selain itu, contoh lainnya dalam mobil tanpa pengemudi, terdapat sistem yang mampu membuat mobil tetap berada pada jalur bebas hambatan. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan yang melibatkan pengguna jalan, pengendara lainnya maupun pembatas jalan karena sistem di dalam mobil mampu mendeteksi berbagai hambatan yang ada di sekitar jalan raya.

Mampu Melakukan Tugas Berulang Secara Otomatis

Menjalankan tugas yang berulang tentu membosankan bagi sebagian besar orang. Nah, dalam AI, sistem yang ada pada surel akan secara otomatis menghapus pesan yang terdeteksi sebagai spam. 

Begitu pula dengan pesan yang telah dihapus akan masuk ke folder sampah dan dapat hilang secara otomatis dalam kurun waktu lebih dari 30 hari. Keunggulan teknologi Artificial Intelligence ini tentunya akan membantu mengurangi kebosanan dan waktu yang tersita ketika kita harus menghapusnya sendiri secara manual.

Hiburan atau Healing

Selain penting digunakan dalam dunia pekerjaan, keunggulan teknologi Artificial Intelligence ini juga bisa  sebagai hiburan maupun healing. Berbagai jenis game atau permainan yang ada, seringkali menerapkan AI sebagai lawan main atau musuh kita dalam bermain game

Sebagai contoh, permainan catur yang terpasang di gadget dapat di-setting agar kita bisa bermain dengan komputer atau ada orang kedua sebagai lawannya. Ketika kita memilih komputer sebagai lawannya, maka di sinilah peran AI yang sedang dijalankan.

Selain game, hiburan lainnya yang ditawarkan AI ada pada musik dan film. Nah, adakah di antara kalian yang suka menikmati layanan atau bahkan sudah berlangganan Netflix, WeTV Spotify dan platform musik maupun film lainnya? 

Bagi yang sudah berlangganan di platform-platform tersebut pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan adanya musik ataupun film yang secara otomatis masuk ke dalam daftar rekomendasi musik maupun film yang perlu kita nikmati. 

Hal itu muncul karena adanya algoritma khusus dari AI yang mampu mengenali dan membuat rekomendasi film ataupun musik untuk kita nikmati selanjutnya. Musik ataupun film yang masuk daftar rekomendasi tersebut memiliki persamaan karakteristik dengan yang sudah kita nikmati sebelumnya.  

Menciptakan Harapan Baru

Keunggulan teknologi Artificial Intelligence yang menurut penulis paling berkesan adalah adanya harapan baru yang mampu diciptakannya. AI mampu menciptakan harapan baru melalui adanya alat-alat medis yang dapat membantu para penyandang disabilitas. 

keunggulan teknologi Artificial Intelligence
Credit: Canva.com

Saat ini, kita dapat melihat para penyandang tunarungu mampu mendengar dengan bantuan alat medis yang dipasang di salah satu telinga mereka. Kita juga dapat melihat AI dalam berbagai alat medis mampu mendeteksi penyakit yang diderita pasien dengan lebih cepat. Pendeteksian yang lebih cepat akan memperbesar potensi kesembuhan atau bahkan kehidupan pasien.

Nah, itulah beberapa keunggulan teknologi Artificial Intelligence dalam kehidupan manusia. Mulai dari hal yang sederhana hingga yang paling berarti dalam kehidupan yaitu menciptakan harapan baru. Bagaimana, apakah kamu sudah menggunakan AI dan menyadari betapa pentingnya teknologi Artificial Intelligence dalam hidupmu?

Kontributor: Anastia Rahmi


Belum ada Komentar untuk "6 Keunggulan Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel