Asri Dipandang, Wisata Sumber Maron Malang yang Tak Bisa Terlewatkan


Sumber: Instagram @persikat_2023

Berbicara tentang wisata Malang dan Batu memang tidak ada habisnya karena ciri khas tiap wisata yang berbeda bikin suasana liburan semakin menambah asyik. Jika musim liburan tiba, kamu bisa banget berkunjung di Wisata Kabupaten Malang.

Mengapa demikian? Karena selain wisata pantai yang menakjubkan juga ada wisata sumber air dengan berbagai gaya unik yang berbeda. Salah satunya wisata Sumber Maron yang memiliki suasana asri, segar, bahkan sangat sulit jika hanya berkunjung satu kali.

Ingin tahu apa saja yang menarik di Sumber Maron? Yuk simak dibawah ini hingga akhir agar tiap wahananya bisa kamu rasakan sensasi alamnya. 

Daya Tarik Sumber Maron Memikat Ratusan Hingga Ribuan Pengunjung

Awal mula Sumber Maron ini merupakan sumber air yang umum digunakan warga sekitar. Memiliki manfaat untuk mandi, irigasi, dan tempat istirahat terutama para petani yang telah melakukan aktivitas berat di sawah.

Potensi alamnya sangat disayangkan jika tidak dikembangkan. Karena itu, pemerintah daerah dan warga membuka kawasan Sumber Maron untuk wisata. Sumber maron termasuk sumber air yang terkenal hingga ke luar Kota Malang. 

Sumber: Instagram @rita.setyarini
Pemandangan sawah dan pepohonan hijau nan rindang menambah kesejukan suasana khas di pedesaan. Air yang jernih dan cukup deras mengundang para pelancong hingga ke luar Kabupaten Malang.

Momen liburan di Sumber Maron sangat wajib untuk diabadikan di kamera. Terutama ketika memasuki wahana liburan, Sumber Maron mampu memikat sejumlah pengunjung dari puluhan hingga ribuan.

Padatnya pengunjung ini juga dapat mengembangkan perekonomian desa sekitar baik kuliner maupun fasilitas penunjang lainnya.

Lokasi Wisata 

Wisata Sumber Maron tepatnya di Dusun Adi Luwih, Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65174.

Untuk sampai lokasi wisata jika dari arah Kota Malang anda akan menempuh sekitar satu jam. Selama perjalanan ke lokasi, anda akan disuguhkan pemandangan aktivitas masyarakat pedesaan serta akses jalan yang cukup mudah.  

Ketentuan Masuk Wisata Desa dan Harga Tiket Masuk

Ketika telah sampai pintu masuk Sumber Maron, maka pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sesuai rentang usia. Harga tiket terbilang cukup murah.

Saat hari biasa anda akan dikenai biaya Rp5 ribu dan pada hari Sabtu/Minggu serta hari libur nasional dikenakan biaya sebesar Rp 10 ribu. Selain itu, biaya parkir kendaraan motor Rp2 ribu, mobil Rp5 ribu, dan bus Rp7 ribu.

Wisatawan Sumber Maron sebelum masuk, diwajibkan untuk mematuhi segala peraturan yang telah disepakati oleh pemerintah daerah dan masyarakat sekitar. Ketentuan umum yang berlaku adalah:

  • Pengelola menyarankan agar pengunjung sudah melakukan vaksin

  • Wajib mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

  • Tidak membuang sampah sembarangan terutama area sumber air

  • Menjaga bersama ketertiban dan kenyamanan di Sumber Maron

Adapun jam buka wisata sumber maron dimulai dari pukul 07.00 WIB – 18.00 WIB. 

Wahana Sumber Maron

Kolam Renang Anak dan Dewasa 

Sumber: Instagram @sumbermaronphoto
Wilayah Sumber Maron menyediakan arena kolam renang yang bisa dinikmati oleh kalangan anak-anak dan dewasa. Air yang jernih dan bersih sangat bagus untuk tubuh. Disini para pengunjung bebas melakukan gaya renang apapun, karena semua kalangan umur bisa menikmatinya. 

Kolam renang Sumber Maron memiliki kedalaman air yang dangkal hingga sangat dalam. Himbauan para orang tua untuk mengawasi buah hatinya saat di kolam renang. Hal ini untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan.

Pada area sumber maron juga terdapat petugas yang tiap saat menjaga dan mengawasi para pengunjung di tiap arena. Namun, pengunjung diharapkan selalu berhati–hati karena di area kolam renang terdapat bebatuan yang licin.

Kolam Ikan

Wahana lain di Sumber Maron adalah kolam ikan. Wisatawan disuguhkan dengan aneka ikan hias. Kolam ikan ini seringkali dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai terapi. 

Terapi ikan memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan. Ikan akan memakan sel – sel kulit mati sehingga tubuh terasa bugar kembali. Jenis ikan sangat beragam dan warna – warni yang dapat menambah keindahan mata para pengunjung.

River Tubing

Salah satu arena wajib yang dilakukan adalah kegiatan river tubing. River tubing merupakan susur sungai Sumber Maron menggunakan ban karet yang telah disediakan oleh petugas. Untuk mendapatkan ban karet perlu merogoh rupiah sebesar Rp10 ribu per orang.

Harga sewa ban tersebut terbilang sangat murah karena juga akan didampingi oleh petugas sehingga tidak khawatir akan hanyut. Kegiatan river tubing dimulai dengan menyusuri sungai dari bawah air terjun lalu mengikuti aliran sumber hingga kurang lebih 500 meter.

Sepanjang menyusuri sungai, kamu akan melihat sawah hijau, pohon rindang, air jernih sehingga menambah keasrian suasana Sumber Maron.  

Snorkelling

Aktivitas snorkeling bisa dirasakan juga di Sumber Maron. Pengunjung akan disuguhkan dengan aneka tanaman air dan jenis ikan warna-warni ukuran kecil hingga sedang.

Kedalaman air yang tidak terlalu dalam, mengurangi kekhawatiran terbawa arus air seperti di pantai. Supaya dapat menjelajahi dengan baik maka pengunjung sebaiknya menyiapkan beberapa alat renang seperti kacamata, dan peralatan penting lainnya.

Serta yang pasti kamu bisa berenang cukup lama ya agar panorama keindahan bawah air bisa kamu rasakan sensasinya.   

Air Terjun

Spot yang tak kalah penting untuk dilewatkan adalah duduk di bebatuan sekitar air terjun Sumber Maron. Spot utama ini sekaligus menjadi wahana yang perlu untuk diabadikan di momen kamera selain wahana river tubing.

Untuk dapat merasakan sensasi di bebatuan air terjun, maka kamu perlu melakukan secara hati–hati karena kondisi batu yang licin dan disarankan untuk tidak memakai alas kaki. Panorama di sekitar air terjun ini membuat pengunjung perlu mengabadikan momennya hingga beberapa kali.

Wisata Edukasi

Wisata Sumber Maron juga memfasilitasi wahana edukasi berupa pemanfaatan air sumber untuk warga sekitar. Wisata edukasi tersebut dinamakan PLTMH atau Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro yang dibangun pada tahun 2011.

Aliran listrik dari Sumber Maron ini menyebar di 4 desa terdekat yaitu Desa Karangsuko, Desa Sukosari, Desa Gondanglegi, dan Desa Panggungrejo. 

Wisata edukasi teknologi ini dikhususkan untuk pengunjung yang ingin mengetahui cara kerja PLTMH dalam mengelola listrik untuk dialirkan ke rumah warga sekitar.

Sehingga tak sedikit banyaknya pelajar maupun mahasiswa yang ingin melakukan penelitian maupun praktik kegiatan di PLTMH tersebut. 

Fasilitas di Sumber Maron Malang 

Sumber: Instagram @sumbermaronphoto
Wahana air terutama Sumber Maron pastinya memberikan fasilitas penting agar pengunjung tidak mengalami kesulitan apabila mengalami keadaan darurat. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap. Berikut fasilitas yang ada pada Sumber maron, diantaranya:

  • Toilet wanita dan pria

  • Musholla 

  • Warung makanan dan minuman

  • Toko alat renang 

  • Penginapan 

Saat musim liburan tiba, agendakan dengan keluarga untuk bisa berkunjung ke Sumber Maron Kabupaten Malang. Memiliki pemandangan yang asri dan kesegaran air jernihnya mengundang para pelancong untuk kembali lagi.

Selain membuat fikiran menjadi lebih fresh, wisata air ini bikin hati bahagia dan senang. Bermain dan belajar juga tak kalah seru untuk membuat momen yang mengesankan di Sumber Maron Malang


Penulis: Chalimatus Sa’diyyah / chalima720@gmail.com

Belum ada Komentar untuk "Asri Dipandang, Wisata Sumber Maron Malang yang Tak Bisa Terlewatkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel