Surganya Jawa Barat! Yuk Intip Pesona Curug Cikaso Sukabumi

Pesona Curug Cikaso Sukabumi
Sumber: Instagram @hadjukemal

Indonesia memiliki beragam objek wisata alam yang sangat eksotis, salah satunya yaitu pesona Curug Cikaso Sukabumi. Selain terkenal sebagai Curug Cikaso, Curug ini juga banyak dikenal masyarakat dengan sebutan Curug Luhur. Sementara itu, untuk spot wisatanya, Curug ini memiliki tiga curahan yaitu, Curug Aki, Curug Aseupan, dan Curug Meong.

Jika dilihat secara saksama, Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 80 meter dan lebar mencapai 100 meter. Yang tidak kalah mengagumkan lagi, air curug ini akan jatuh ke dalam kolam yang memiliki warna Turkish alami. Nah untuk informasi lebih lengkapnya mengenai Curug Cikaso Sukabumi Jawa Barat akan dijelaskan berikut ini.

Harga Tiket dan Fasilitas Curug Cikaso Sukabumi

Bagi Anda yang ingin menikmati pesona Curug Cikaso Sukabumi ini tidak perlu mengeluarkan kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk Curug Cikaso Sukabumi jika Anda membawa mobil yaitu Rp. 27.000 per mobilnya dan ditambah dengan biaya parkir sebesar Rp. 6000. Selain itu Anda juga bisa menyewa perahu untuk 10 orang sebesar Rp. 60.000.

Untuk fasilitas yang ada pada curug ini terbilang cukup lengkap. Curug Cikaso telah menyediakan toilet umum untuk pengunjung agar tidak kesusahan ketika buang air. Fasilitas yang cukup lengkap inilah yang membuat Curug Cikaso mulai banyak dikunjungi oleh masyarakat.

Alamat dan Rute Lokasi Curug Cikaso Sukabumi

Lokasi Curug Cikaso Sukabumi berada di Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat atau lebih tepatnya terletak kurang lebih 110 kilometer dari Sukabumi. Ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh untuk mencapai curug ini. Mulai dari menggunakan mobil, motor, maupun angkutan umum.

Pesona Curug Cikaso Sukabumi
Sumber: Instagram @etalasebintaro

Akan tetapi lebih disarankan bagi Anda untuk menggunakan kendaraan pribadi agar lebih efektif. Nah jika Anda datang dari Sukabumi, ambil jalan menuju Pantai Ujung Genteng. Selain itu, Anda juga bisa memilih menuju ke daerah Surade, dari sini Anda menuju ke Jalan Cikaso dan dapat tiba di tempat wisata.

Selain rute tersebut, Anda juga bisa mengandalkan Google Maps sebagai penunjuk jalan. Disarankan sebelum berkunjung ke tempat wisata ini Anda harus memeriksa kelayakan kendaraan terlebih dahulu. Hal ini karena jalan yang harus ditempuh cukup sulit dan curam.

Daya Tarik Curug Cikaso Sukabumi

Wisata alam di Sukabumi memang terkenal dengan keindahan dan keunikannya, salah satunya yaitu Curug Cikaso.  Curug ini memiliki keindahan air terjun yang luar biasa dengan ketinggian 80 meter dan lebar 100 meter. Selain itu, curug ini juga memiliki beragam mitos yang menyertai keberadaannya.

Konon, air terjun Curug Cikaso Sukabumi ini dihuni oleh penunggu yang berbeda di setiap curahannya. Curug Meong dihuni oleh Eyang Santang, Curug Aseupan dihuni oleh Nyai Blowong, dan Curug Aki dihuni oleh Prabu Siliwangi. Nah karena adanya sejarah Curug Cikaso Sukabumi inilah, sebagai pengunjung Anda harus bijak dalam mengambil sikap.

Suasana yang ditampilkan oleh curug ini sangatlah menyejukkan dengan percikan air serta udara dingin di sekitarnya. Tempat ini tentunya bisa memberikan kesan tenang bagi para pengunjung. Apalagi tempat ini jarang dikunjungi, sehingga sangat cocok digunakan sebagai tempat menyendiri atau mencari inspirasi.

Aktivitas Seru di Curug Cikaso Sukabumi

Sebagai salah satu tempat wisata air terjun di Sukabumi, curug ini bisa memberikan beragam pengalaman yang sangat mengesankan untuk Anda. ketika memasuki area air terjun, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan taman yang indah. Berupa alam yang subur, segar, dan alami, berikut aktivitas yang bisa Anda lakukan.

Trecking dan Naik Perahu

Aktivitas paling asyik pertama yang bisa Anda lakukan ketika berada di Curug ini yaitu melakukan tracking terlebih dahulu. Anda akan menempuh perjalanan setapak sejauh kurang lebih 1 kilometer. Tentunya setiap perjalanan Anda akan ditemani pemandangan alam yang mengesankan.

Pesona Curug Cikaso Sukabumi
Sumber: Instagram @tria.r13

Selain berjalan menyusuri jalanan setapak, ada juga alternatif lain yang bisa Anda coba. Alternatif tersebut yaitu dengan menggunakan jalur sungai dan menyewa perahu. Pada saat perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan kawasan hutan tropis serta tebing-tebing indah yang menjulang tinggi.

Menyusuri Sungai Cikaso

Aktivitas selanjutnya, Anda bisa menyusuri sungai Cikaso yang mengalir setelah kolam. Pemandangannya sangat indah dan terasa sejuk, dikelilingi oleh pepohonan rimbun dan bebatuan bertingkat. Aliran air yang sangat jernih membuat dasar sungai terlihat sehingga sangat memanjakan mata.

Berburu Foto

Kurang lengkap rasanya menikmati keindahan alam tanpa diabadikan menjadi sebuah foto. Anda bisa membawa kamera digital atau smartphone untuk mengabadikan seluruh keindahan alam yang ada disini. Tentunya Anda akan menghasilkan foto yang berbeda dengan lainnya.

Curug Cikaso ini telah banyak dijadikan tempat hunting foto, mulai dari yang baru belajar maupun fotografer profesional. Biasanya berdiri diatas bebatuan air terjun menjadi angle dan spot foto Curug Cikaso Sukabumi favorit bagi para pengunjung.

Tips Berkunjung ke Curug Cikaso Sukabumi

Sebelum berwisata ke tempat ini ada baiknya untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu. Selain itu kondisi fisik maupun kendaraan Anda juga harus prima sehingga perjalanan akan sangat lancar tanpa ada hambatan. Nah, untuk tips berkunjung Sanflawer menyiapkan beberapa tips yang perlu perhatikan. 

Perhatikan Peraturan yang Berlaku

Biasanya ada beberapa air terjun yang memiliki peraturan tertentu bagi para pengunjungnya. Nah sebagai seorang pengunjung yang bijak, ada baiknya Anda bersikap bijak dengan mematuhi segala peraturan yang ada. Jangan sebarangan membuang sampah, kencing, dan hal merugikan lainnya.

Usahakan Jangan Pergi Sendirian

Jika Anda ingin berwisata ke air terjun, usahakan untuk membawa teman. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari risiko kecelakaan yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Selain itu, jalan menuju kawasan air terjun cukup sulit dan sangat berbahaya jika dilalui sendirian.

Pergi Pada Pagi Hari

Pesona Curug Cikaso Sukabumi
Sumber: Instagram @khairina_rahmayantinew

Air terjun merupakan tempat wisata indah dengan pemandangan air jernih, serta kadar oksigen yang sangat murni. Nah untuk Anda yang ingin menikmati segala kelebihan tersebut, ada baiknya untuk pergi pada pagi hari. pada jam-jam tersebut air dan suhu akan terasa sangat dingin dan menyehatkan.

Selalu Perhatikan Cuaca

Tips yang terakhir yaitu selalu perhatikan cuaca dan derasnya air terjun saat sedang berwisata. Hindari untuk pergi ke air terjun jika cuaca sedang hujan, karena risiko keselamatannya lebih besar. Jika suasana di air terjun mulai mendung, ada baiknya Anda segera kembali ke penginapan.

Bawa Pakaian Ganti dan Perlengkapan Lain

Berwisata ke air terjun kurang lengkap rasanya tanpa bermain air. Nah oleh karena itu ada baiknya Anda membawa baju ganti ketika berada di air terjun untuk mengganti baju yang telah basah. Selain itu Anda juga bisa membawa air mineral agar sewaktu-waktu bisa Anda minum ketika haus.

Nah seperti itulah sedikit informasi mengenai pesona Curug Cikaso Sukabumi. Jangan lupa untuk selalu mengikuti tips dan panduan diatas agar perjalanan wisata Anda menjadi lebih nyaman. Selalu taati segala peraturan yang ada ya! Selamat berwisata!

Ditulis oleh: Rendra Fitriana/rendrafitriana81@gmail.com

Belum ada Komentar untuk "Surganya Jawa Barat! Yuk Intip Pesona Curug Cikaso Sukabumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel