New Normal! Cek 4 Wisata Tulungagung yang Sudah Buka Selama Pandemi

wisata Tulungagung yang sudah buka
Sumber: Instagram @sam-vary

Sudah tahu wisata Tulungagung yang sudah buka? Berbicara tentang tempat wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya. Pasalnya ada banyak sekali tempat wisata menarik yang tentu saja sayang untuk dilewatkan 

Tidak kalah dengan daerah lain, Tulungagung juga menawarkan banyak tempat menarik yang dijamin dapat memanjakan mata Anda. Liburan ke tempat wisata merupakan salah satu cara ampuh untuk menghilangkan capek setelah bekerja atau mengerjakan tugas selama sepekan. 

Nah, bagi Anda yang tinggal di kawasan Tulungagung atau sekitarnya sedang merencanakan liburan, tidak perlu khawatir. Pasalnya beberapa tempat wisata yang sempat ditutup karena pandemi COVID-19 sudah mulai dibuka lagi. Apa saja tempat wisata tersebut? Cek ulasannya di bawah ini. 

Wajib Dikunjungi! 4 Destinasi Wisata Tulungagung yang Sudah Buka 

Seperti yang diketahui, selama masa pandemi corona banyak wisata di berbagai daerah yang ditutup sementara. Tidak terkecuali dengan Tulungagung yang juga menonaktifkan sementara beberapa tempat wisata terpopuler di sana. Namun Anda tidak perlu khawatir karena mulai dari bulan lalu sudah ada beberapa tempat wisata yang dibuka secara bertahap. Bagi yang belum tahu, cek ulasannya berikut ini. 

Pantai Gemah 

Pantai adalah destinasi wisata andalan yang bisa Anda pilih untuk menenangkan pikiran. Salah satu wisata Tulungagung pantai Gemah ini pastinya harus masuk dalam daftar tempat wisata terfavorit. Nah, untuk lokasinya sendiri berada di Jalur Lintas Selatan, Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Anda bisa mengunjungi wisata di Tulungagung yang lagi hits ini selama 24 jam dan harga tiket masuknya pun sangat terjangkau. Untuk tiket masuk saat hari biasa dan hari libur memang berbeda. Namun, harga tiketnya tidak sampai melebihi 10 ribu (satu motor untuk 2 orang dipatok harga tiket 18K sudah plus parkir). Untuk itu, pastikan untuk tidak melewatkan mampir ke wisata murah Tulungagung ini ya.

Rute yang bisa Anda ambil untuk sampai ke pantai ini adalah Jalan Pesantren kemudian ke arah Pasar Boyolangu lalu ke Jalan Ki Mangun Sarkoro kemudian ke Jalan Raya Popoh. Dari Jalan Raya Popoh ini dilanjutkan ke Jalur Lintas Selatan dan sampailah Anda di Pantai Gemah.

Beberapa hal menarik yang bisa Anda lakukan di pantai ini seperti menikmati pemandangan pohon pinus di sekitar pantai diantaranya yaitu

  • Berfoto di area pantai
  • Naik APV dan motor trail
  • Mencoba banana boat atau kapal
  • Menikmati pemandangan pantai dari atas dengan flying fox. 

Dengan suguhan pemandangan dan fasilitas yang menarik ini pastinya Anda akan sangat betah berada di pantai ini. Agar liburan Anda semakin seru, pastikan untuk mengajak seluruh anggota keluarga ya!

Pantai Bayem

Bagi yang sudah berkunjung ke wisata di Tulungagung yang sudah buka satu ini pernah melewati rute yang cukup sulit, namun karena lokasi pantai ini yang berdekatan dengan pantai Gemah membuat akses jalannya jadi lebih mudah dijangkau. Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Pantai Bayem bisa berangkat dari pusat kota Tulungagung. Untuk waktu yang dibutuhkan agar bisa sampai ke lokasinya yaitu sekitar 45 menit saja.

wisata Tulungagung yang sudah buka
Sumber: Instagram @erik_photen

Nah, Untuk tiket masuknya para pengunjung hanya perlu  membayar uang parkir saja yaitu Rp5.000 untuk parkir roda dua dan Rp10.000 untuk roda empat. Salah satu spot yang menjadi ikon dari pantai ini adalah 2 ayunan yang ada di tepi pantai. Nah, kedua ayunan ini juga menjadi spot utama di pantai Bayem.

Anda juga bisa bermain ombak di sini karena gelombangnya memang tak terlalu besar. Pantai satu ini juga dikenal sebagai pantai yang sangat bersih dan kaya akan hasil laut jadi, terkadang Anda juga bisa melihat kegiatan tarik jaring.

Adanya jembatan yang menghubungkan pantai Gemah dan pantai Bayem ini membuat kedua pantai ini akhirnya dijadikan satu. Hal ini sangat menguntungkan karena dengan membayar satu kali saja, Anda sudah bisa menikmati keindahan dari dua pantai.

Pantai Klathak

Selanjutnya tempat wisata Tulungagung yang sudah buka ini masih membicarakan tentang pantai, yaitu pantai Klathak. Lokasi pantai Tulungagung yang sudah buka ini berada di Jalan Pantai Waru Doyong, Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. 

Untuk sampai di pantai ini Anda harus melewati rute yang cukup sulit, namun tak perlu khawatir karena pemandangan selama perjalanan yang masih asri bisa membuat Anda bisa lebih santai. Para pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 saja baik untuk hari biasa maupun saat akhir pekan. Nah, Anda bisa mengunjungi pantai ini mulai pukul 06.00 pagi hingga 18.00.

Sebagai informasi asal mula nama Klathak ini di ambil dari suara yang dihasilkan bebatuan di tepi pantai yang terkena ombak. Batu-batu ini bukan batu karang namun batu sungai yang mana saat digulung ombak akan menimbulkan suara ‘klathak’ sehingga itulah yang membuat pantai ini akhirnya dinamai pantai Klathak.

Ranu Gumbolo

Saat membacanya mungkin Anda akan mengira ini salah ketik, namun sayangnya tidak. Di Tulungagung memang ada tempat wisata bernama Ranu Gumbolo yang pemandangannya mirip dengan Ranu Kumbolo di Semeru. Perbedaannya terletak pada pemandangan yang ditawarkan dan juga akses jalannya saja. Untuk Ranu Gumbolo bisa diakses lebih mudah daripada Ranu Kumbolo.

wisata Tulungagung yang sudah buka
Sumber: Instagram @muchamadkahfi 

Lokasi wisata Tulungagung selain pantai ini berada di Desa Mulyosari, Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. Walaupun berada di ketinggian 182 mdpl, namun akses untuk mencapai tempat wisata ini tidak sulit. Hanya jalan yang mendekati Ranu Gumbolo saja yang belum diaspal, selain itu semua jalannya sudah mulus.

Untuk masuk ke wisata Tulungagung new normal ini Anda cukup menyediakan bujet sebesar Rp6.000 di weekday dan Rp8.000 saat weekend. Selain itu Anda juga harus membayar asuransi sebesar Rp500. Dengan uang yang tak lebih dari sepuluh ribu Anda sudah bisa menikmati keindahan pemandangan Ranu Gumbolo.

Tips Berkunjung ke Wisata Tulungagung dari Sanflawer

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi tempat wisata Tulungagung yang sudah buka, apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya. Nah, sebelum berwisata pastikan untuk menyimak beberapa tips liburan selama pandemi dari Sanflawer berikut ini

  • Jika Anda berkunjung ke pantai, sebaiknya pakai sepatu karena mungkin saja akses jalannya terjal jadi akan lebih aman jika pakai sepatu. Pastikan pakaian yang Anda pakai nyaman dan tidak akan mengganggu saat bergerak.
  • Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jika memang sulit menemukan tempat pembuangan sampah maka sebaiknya untuk membawa sampahnya pulang. 
  • Agar liburan Anda bersama keluarga semakin nyaman, cek terlebih dahulu kondisi kendaraan sebelum berangkat dan pastikan kalau memang sudah aman. 

·      Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata Tulungagung yang sudah buka dan bisa Anda kunjungi bersama keluarga, pasangan atau teman. Selain mengunjungi tempat wisata di atas, Anda juga bisa mengunjungi wisata Tulungagung malam hari. Segera pilih tempat wisata Tulungagung terbaru 2020 mana yang akan dikunjungi dan jangan lupa persiapkan bujet yang cukup juga. Jika ini pertama kalinya Anda mengunjungi Tulungagung, pastikan untuk mengikuti tips di atas agar liburan Anda semakin menyenangkan. Selamat berlibur!

     Ditulis oleh:

     Nur Antika Amalia R (nurantika910@gmail.com)


Belum ada Komentar untuk "New Normal! Cek 4 Wisata Tulungagung yang Sudah Buka Selama Pandemi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel