4 Syarat Wisatawan Domestik Masuk Bali di Tengah Pandemi

 

Syarat Wisatawan Domestik Masuk Bali
Sumber: Instagram @sassychris1

Ingin liburan ke Pulau Dewata di tengah pandemi? Anda wajib mengetahui beberapa syarat wisatawan domestik masuk Bali berikut ini. Seperti yang diketahui, Bali menjadi salah satu pulau yang selalu ramai dikunjungi baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Selama pandemi COVID-19 ini hampir semua tempat wisata di tutup sementara tak terkecuali tempat wisata yang ada di Bali.

Meski begitu Anda tidak perlu khawatir karena kabarnya, beberapa tempat wisata yang ada di Bali sudah mulai dibuka kembali. Namun, untuk bisa liburan ke sana ada beberapa syarat yang telah ditentukan sesuai dengan protokol kesehatan. Nah, apa saja syarat agar bisa berlibur ke Pulau Dewata? Untuk lebih jelasnya simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Ketahui 5 Syarat Wisatawan Domestik Masuk Bali

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para wisatawan domestik yang akan liburan ke Bali. Berdasarkan Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Gubernur Bali Nomor 15243 Tahun 2020 tentang persyaratan wisnus berkunjung ke Bali terdapat beberapa persyaratan yang wajib terpenuhi. Diantaranya yaitu

Perlihatkan Hasil Swab dan Rapid Test

Syarat wisatawan domestik masuk Bali pertama yang harus dilakukan yaitu menunjukkan hasil uji swab atau rapid test. Hal tersebut nantinya akan ditunjukkan kepada petugas di Bandara dan juga pelabuhan di Bali. Perlu diketahui, hasil Uji COVID-19 yang ditunjukkan harus memiliki masa berlaku paling lama 14 hari sejak dikeluarkannya.

Lalu, bagaimana dengan wisatawan yang belum sempat melakukan test? Tidak perlu khawatir karena nantinya wisatawan bisa mengikuti tes sesampainya di Bali. Nah, jika hasil pada uji rapid menunjukkan reaktif maka perlu melakukan test swab PCR. Selain itu, para wisatawan juga wajib melakukan karantina di tempat yang telah disediakan sambil menunggu hasil test-nya keluar.

Download Aplikasi LOVEBALI

Syarat Wisatawan Domestik Masuk Bali
Sumber: pixabay.com

Selanjutnya syarat wisatawan domestik masuk Bali setelah hasil test menunjukkan negatif yaitu mengunduh aplikasi LOVEBALI. Nah, bagi Anda yang masih bingung bisa mengaksesnya melalui lovebali.baliprov.go.id. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, para wisatawan wajib mengisi data diri karena dari sanalah nanti dapat terdeteksi data perjalanan yang dilakukan.

Data perjalanan yang perlu diisikan yaitu terkait tujuan kunjungan, alamat selama di Bali, tanggal kedatangan dan juga keberangkatan. Dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan para wisatawan untuk mengeluhkan berbagai masalah selama berada di Pulau Dewata. Bagaimana, sangat praktis dan tentunya membantu, bukan?

Aktifkan Global Positioning System

Jika Anda memutuskan untuk mengajak keluarga liburan ke Bali akhir pekan nanti maka pastikan untuk menerapkan syarat wisatawan domestik masuk Bali ini. Selain kedua persyaratan yang sudah disebutkan di atas, syarat selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu mengaktifkan Global Positioning System selama berada di Bali.

Mengaktifkan Global Positioning System atau biasa dikenal dengan sebutan GPS ini memang menjadi hal wajib yang perlu dilakukan. Tujuan utama dilakukan hal tersebut yaitu untuk memberikan perlindungan yang maksimal bagi para wisatawan. Dengan mengaktifkan GPS akan semakin mudah melacak keberadaan Anda jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Menerapkan Protokol Kesehatan

Selain menerapkan beberapa persyaratan di atas, para wisatawan juga perlu menerapkan berbagai protokol kesehatan yang telah dianjurkan. Hal tersebut perlu dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19 atau corona. Wisatawan yang ingin liburan ke Bali wajib menggunakan masker atau pelindung wajah.

Selain itu, pastikan untuk sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun apalagi setelah melakukan aktivitas diluar ruangan. Jangan lupa untuk membawa hand sanitizer agar lebih mudah dan praktis untuk membuat tangan tetap dalam kondisi steril. Dengan menerapkan syarat wisatawan domestik masuk Bali yang sudah disebutkan di atas, diharapkan liburan Anda menjadi lebih aman dan nyaman.

4 Peralatan ini Wajib Dibawa saat Liburan di Tengah Pandemi

Setelah mengetahui syarat wisatawan domestik masuk Bali, maka selanjutnya Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan penting yang perlu dibawa. Selama pandemi ini ada banyak hal yang perlu Anda siapkan untuk menjaga diri Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, apa saja peralatan wajibnya? Simak ulasan berikut ini.

Masker

Sekarang ini masker menjadi salah satu peralatan wajib yang harus dibawa kemana-mana termasuk saat liburan. Benda ini memiliki fungsi yang sangat penting yaitu sebagai perlindungan terdepan agar tidak terpapar langsung udara.

Syarat Wisatawan Domestik Masuk Bali
Sumber: pixabay.com

Saat liburan usahakan untuk membawa masker dalam jumlah yang lumayan banyak. Baik masker medis maupun masker kain sebaiknya segera diganti setelah dipakai sekitar 4 jam. Nah, bagi Anda yang berencana untuk liburan ke Bali dalam waktu dekat, pastikan untuk membawa masker sebagai syarat wisatawan domestik masuk Bali.

Sabun Cair/Hand Sanitizer

Peralatan selanjutnya yang juga perlu Anda siapkan sebelum melakukan perjalanan liburan ke Bali yaitu sabun cair dan juga hand sanitizer. Seperti yang diketahui, salah satu bentuk pencegahan agar tidak tertular virus corona yaitu dengan selalu mencuci tangan dengan sabun saat mengunjungi tempat wisata.

Dengan membawa sabun cair sendiri, Anda bisa berjaga-jaga apabila di tempat wisata yang dikunjungi tidak disediakan sabun. Selain itu, bagi para wisatawan yang tidak mau repot bisa membawa hand sanitize yang mengandung alkohol sebesar 70 persen agar bisa membunuh virus secara maksimal.

Tisu Basah/ Kering

Selain melengkapi syarat wisatawan domestik masuk Bali, Anda juga perlu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan selama liburan di tengah pandemi. Salah satu peralatan wajib yang perlu Anda siapkan misalnya tisu basah atau kering. Perlu diketahui, selama pandemi ini tisu menjadi salah satu barang penting yang harus dibawa ke mana saja terutama saat liburan ditempat ramai.

Dengan membawa tisu tentu saja akan memudahkan Anda terutama saat menyeka permukaan benda seperti meja, gagang, pintu, dan lain sebagainya. Nah, bagi Anda yang lupa menyiapkannya bisa langsung membeli di supermarket saat sudah sampai di Bali.

Peralatan Makan dan Ibadah

Satu lagi peralatan yang menjadi syarat wisatawan domestik masuk Bali yaitu membawa kebutuhan pribadi seperti alat makan dan peralatan ibadah masing-masing. Jika sebelum adanya pandemi ini, Anda tidak pernah membawa alat-alat makan sendiri, maka untuk sekarang Anda sudah harus memperhatikan hal tersebut.

Pasalnya saat membawa peralatan makan dan peralatan ibadah sendiri tentu akan meminimalisir penyebaran virus Corona secara langsung. Dengan selalu menyiapkan peralatan selengkap mungkin tentu akan membuat liburan Anda menjadi lebih aman dan nyaman.

Bagaimana, sudah siap untuk liburan ke Bali akhir pekan nanti? Itulah sedikit penjelasan singkat tentang syarat wisatawan domestik masuk Bali yang perlu diperhatikan. Dengan mengikuti peraturan dan protokol kesehatan yang ditetapkan tentu dapat meminimalisir penularan virus corona. Selain itu, liburan Anda dan keluarga menjadi lebih nyaman dan aman. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Ditulis oleh: Ella Lailatul N (lailatul.ngumroh@gmail.com)

Belum ada Komentar untuk "4 Syarat Wisatawan Domestik Masuk Bali di Tengah Pandemi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel