Kalian sudah tahu belum kalo wisata kebun teh Sirah Kencong sudah dibuka untuk new normal ini? Kalo belum tahu, wajib banget nih datang kemari, dijamin pasti nggak bakalan nyesel deh. Serius tempatnya bagus banget, adem, suejuk, hijau, nyegerin mata dan pikiran. Saking menikmatinya, aku sendiri jadi lupa buat video kenang-kenangan di sana. Alhasil, cuma take beberapa part aja sih. Huhu so sad..:')

Nah, bagi kamu yang masih pertama kali dengar tentang tempat wisata hits di Blitar ini, bisa banget nih baca-baca cerita trip aku mulai berangkat sampai pulang. Jadi biar ada gambaran gitu mau ngapain aja di sana. Tapi sebelumnya, ketahui dulu beberapa info penting mengenai tempat wisata ini ya:
  • Nama Wisata: Perkebunan Teh Sirah Kencong
  • Lokasi: Kecamatan Ngadirenggo, Wlingi, Blitar
  • HTM: 10K per motor
  • Daya Tarik: Banyak Spot Instagramable, Suasana sejuk, Banyak pohon teh yang bikin mata fresh, Ada pemandangan pegunungan yang keren, dan lain sebagainya.
  • Tips wisata: Datanglah di siang hari di mana hari sedang cerah-cerahnya biar hasil fotonya lebih keren, Bisa bawa bekal dari rumah buat piknik bareng teman atau keluarga.

Cerita Trip ke Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar

Jadi aku sama temen-temen (kalo ditotal ada 6 orang), kita berangkat dari rumah pukul 08.30, dari Kecamatan Srengat Blitar yah. Perjalanannya kira-kira ngabisin 2 jaman setengah untuk sampai ke lokasi. Nah untuk kelanjutan ceritanya udah aku bagi jadi beberapa part biar lebih jelas alurnya. Tentunya, ada beberapa informasi penting yang akan kalian peroleh ketika membaca cerita di bawah ini. Yuk simak.. :)

Berangkat Jalannya Cukup Menantang Sampe Masuk Angin :D

Dari Srengat kita memulai perjalanan menuju lokasi melewati jalan raya Talun ke arah Wlingi. Nah di perjalanan itu kita menjumpai berbagai destinasi Blitar yang saat ini masih hangat diperbincangkan alias viral yaitu Blitar Park dan Wisata Kampung Sakura. Eh ternyata lokasinya nggak jauh-jauh amat dari kota, kukira tempatnya Deket bukit gitu, ternyata deket sama jalan raya alias accessible (bisa dijangkau dengan akses yang mudah).

Udah hampir sampai ke kawasan perbukitan, ada temenku yang kebablasan jalan :'), alhasil kakakku ngebut nyusul nih anak yang dengan santainya gass poll di depan, padahal motor di depannya udah belok:'). Yang di belakang jadi gupuh dong. Tapi untungnya kakakku bisa nyusul ni bocah. Elah baru sadar dia kalo ternyata keblablasan :D.

Oh ya temen-temen, kalo kalian masih pertama kali datang ke Sirah Kencong, ada baiknya kalian cek lokasi dan rutenya di Google Map sebelum berangkat, jadi kalian tahu arah-arahan untuk menuju wisata Perkebunan Teh Sirah Kencong ini. Kalo pas di perjalanan, usahakan baterai full biar nggak cepat habis buat akses rute di GMap. Jangan lupa juga pantengin terus petunjuk arah di setiap jalan yang kalian lewati. Tapi nih.. kalo udah sampai perbukitan, kalian udah nggak perlu GMap soalnya udah ada petunjuk ke lokasinya.

Nah untuk jalan menuju ke tempat wisata, bisa dikatakan cukup sulit tapi masih accessible. Jalannya sebenarnya sudah memadai untuk menuju tempat wisata, cuma kalian harus berhati-hati selama perjalanan karena terkadang ada beberapa jalan yang rusak. Selain itu ada banyak belokan yang mengharuskan kalian kudu siap pantengin jalan.

Udah masuk perbukitan, suasananya mulai adem, mulai kelihatan juga perkebunan teh sejauh mata memandang. Duh tenang banget di sini, suejuk, hijauuu.. sampai saking menikmatinya, aku sampai masuk angin (bukan karna hawanya sih, karna jalanan di perbukitan yang cukup panjang dan menguras tenaga). Jadi aku saranin, pakai jaket dan bawa minyak kayu putih untuk berjaga-jaga. Tak berselang lama, kami pun sampai tepat pukul 11.00 (ketika hari lagi cerah-cerahnya).

Nggak terlalu heran sih kenapa banyak yang antri masuk ke wisata ini. Karna memang tempat ini baru saja dibuka untuk new normal, jadi ya banyak orang yang mengeluh-eluhkan untuk datang kemari. Cuma yang disayangkan adalah kenapa jalan PP (pulang pergi) sama yah, kan ngantrinya jadi lama. Entahlah.. mungkin itu akses utamanya.

Piknik Dulu Dong buat Sarapan

Setelah membayar tiket senilai 10K, akhirnya kita mencari tempat berteduh untuk piknik. Kita memang berencana bawa bekal dari rumah biar bisa hemat bajet manteman. Memang kalo mau liburan murah ya perlu bawa bekal biar bajetnya nggak habis buat makan soalnya makanan yang dijual di kawasan tempat wisata cenderung mahal (berlaku untuk sebagian besar tempat wisata dimanapun itu). Jadi solusi yang tepat biar nggak kelaparan ya bawa bekal. Hehe..

Sayangnya kita lupa bawa tikar, jadi ya harus duduk di atas rerumputan hijau. Tapi tetep dibuat enjoy lahya.. Nah, kalo kalian ingin bawa bekal buat piknik bareng teman atau keluarga, karpetnya jangan sampai ketinggalan yah. Ya masak udah bawa banyak makanan tapi kurang menikmati gegara nggak ada alas buat duduk. Kan sad:')

Tapi ini bukan keharusan lho manteman. Kalo merasa perlu aja gitu bawa tikar. Jika kalian datang ke sini ya aku saranin banget bawa bekal dan tikar, menikmati makanan sambil melihat alam itu mahal lho, jadi jangan disia-siakan waktu itu.

Menuju ke Puncak (Spot Gitar), Capek Bener tapi Gapapa :D

Setelah selesai piknik, kita pun menuju ke kawasan perkebunan teh. Hamparan tanaman teh yang hijau seakan membuat mata dan pikiran terasa lebih fresh. Terlebih ada banyak spot foto yang disediakan oleh pengelola, mulai dari foto di atas perahu, foto berlatarkan tulisan Sirah Kencong, foto berlatarkan replika love, hingga replika gitar yang diincar para wisatawan.

Langsung deh, mata kita tertuju ke spot gitar yang cukup jauh dari pandangan kita. Jadi mau nggak mau kita harus turun dan menuju ke puncak melewati sungai dan perkebunan. Selama berjalan, kita melihat ada banyak banget anak-anak mandi di sungai, memang airnya sangat dingin dan sejuk, apalagi jika cuacanya pas lagi panas-panasnya, tentu kalian perlu merasakan kesegaran air di sana. Tapi ya karna kita fokusnya ke puncak, kita lanjut jalan aja, wkwk.

"Haduh masih lama ni haduuh.." Haha ini naik ke bukit aja banyak ngeluhnya, apalagi mendaki gunung:'). Tapi tenang kawan walaupun lokasi spot gitarnya cukup jauh, di perjalanan, rasa capek kita seakan terbayarkan di setiap kali melihat pemandangan hijau dari atas bukit. Apalagi terlihat jelas bayangan Gunung Arjuna yang menambah eksotisme tempat ini.

Akhirnya Sampai ke Puncak, Keren Banget, Percayalah..

Akhirnya kita sampai juga di puncak, tepatnya pada pukul setengah satu. Langsung deh kita foto-foto di balik hamparan kebun teh yang memiliki pola beragam. Setelah puas berfoto di antara tanaman teh, kita langsung menuju ke spot utama yaitu spot gitar. Sebenarnya kalo kondisinya sedang sepi, kita bisa mengambil foto dari ketinggian dengan latar spot gitar ini. Tapi sayangnya, tempat itu sedang penuh-penuhnya wisatawan. Jadi, alhasil kita hanya berfoto sekadar nya dan duduk di pinggir spot gitar itu untuk menikmati pemandangan.

Dari puncak sini, kita bisa melihat secara lepas pemandangan di sudut manapun. Warna hijau tanaman teh membuat kita seakan-akan melupakan masalah hidup sejenak (lebah ah:D). Udahlah nggak bisa berkata-kata, nenangin pokoknya.

Selain menikmati pemandangan alam di atas spot gitar, kalian juga bisa lho naik ke rumah pohon yang ada di sana. Di situ, kalian bisa lebih leluasa memandang dan memotret keindahan alam di sekitar.

Oh ya, kalo kalian ingin berfoto di spot gitar ini dan mendapatkan hasil yang bagus, ada baiknya kalian datang di hari-hari biasa (weekday). Kalo datangnya pas weekend, jangan harap bakal menemukan spot yang sepi wisatawan. Hehe..

Turun ke Bawah Nemuin Jalan Pintas, Kan Nyesel..

Sekitar pukul 13.15, akhirnya kita memutuskan turun untuk menunaikan sholat dhuhur. Agak nyeselnya kita menemukan jalan pintas yang tidak membutuhkan waktu lama untuk turun dari spot gitar. Lah, kenapa tadi jauh-jauh lewat jalan sebelumnya? Padahal ada jalan yang lebih cepat, Ya Allah Gusti.. Percuma juga nyesel :') kami pun akhirnya sholat dhuhur di mushola dekat pasar makanan. Airnya sueger, adeemmmm.. Pas banget untuk menyegarkan tubuh yang sedari tadi terpapar sinar matahari. Setelah selesai, kita pun bergegas pulang dan mampir ke tempat makan Mie Gacoan untuk mengatasi rasa lapar kita.

Itulah tadi sedikit cerita perjalanan aku dan teman-teman ke Kebun Teh Sirah Kencong. Sebenarnya, di sana ada Air Terjun yang bisa kita kunjungi, tapi karna waktu sudah cukup sore dan belum jelas juga rute lokasinya dimana, kita pun memutuskan untuk pulang. Nah setelah baca-baca ceritaku, kapan nih kalian nyusul ke sini? Di tunggu foto update-tan nya yah.. Selamat merencanakan liburan!

Belum ada Komentar untuk "Trip ke Kebun Teh Sirah Kencong, Suasananya Sangat Sejuk Bikin Rileks Pikiran (Travel Story)"