Desa Wisata Edelweis Wonokirti: Harga Tiket, Lokasi dan Daya Tariknya

 Ingin lihat bunga edelweis tapi malas naik gunung? Tak perlu khawatir karena Anda bisa menemukan bunga abadi tersebut di Desa Wisata Edelweis Wonokirti atau tepatnya di kawasan Bromo. Sebagian besar dari Anda tentu sudah tidak asing dengan salah satu jenis bunga yang sering disebut dengan Bunga Abadi ini.

Desa Wisata Edelweis
Sumber: Instagram @rzqanggara

Tahukah Anda belakangan ini Bunga Edelweis kembali mencuat dan menjadi perbincangan publik karena ulah usil sekelompok pendaki yang kepergok memetik bunga abadi tersebut. Seperti yang diketahui, Bunga Edelweis menjadi salah satu jenis bunga yang dilarang untuk dipetik  meski tumbuh bebas di alam. 

Baca Juga: Mata langit Borobudur, Wisata SkyView yang Viral di Magelang

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati indahnya Bunga Edelweis pastikan untuk datang ke wisata Edelweis yang ada di daerah Wonokirti, Jawa Timur. Apa saja daya tarik yang dihadirkan? Simak ulasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Desa Wisata Edelweis

Sesuai dengan namanya, daya tarik utama yang ditawarkan oleh destinasi wisata terbaru di kawasan Bromo ini yaitu taman bunga Edelweis. Perlu diketahui, Bunga Edelweis yang tumbuh subuh di Desa Wonokirti ini tidak alami atau memang dibudidayakan.

Jadi, ada kelompok tani khusus yang berperan penting dalam membudidayakan bunga yang sering dijadikan sumber kemakmuran ini. Kelompok tani yang menggagas tersebut bernama Hulun Hyang.

Latar belakang munculnya objek wisata ini yaitu karena banyak warga Suku Tengger yang mengambil bunga di Kawasan Bromo Tengger Semeru. Seperti yang diketahui, Bunga Edelweis menjadi salah satu jenis bunga yang masuk kategori dilindungi.

Baca Juga: 5 Tempat Glamping di Bogor Cocok Buat Staycation Selama Pandemi

Oleh karena itu, dengan hadirnya wisata taman bunga edelweis ini diharapkan tidak ada lagi orang-orang usil yang memetik bunga ini sesuka hatinya. Selain itu, taman ini juga turut menjaga kelestarian bunga Edelweis agar tidak semakin langka atu bahkan punah.

Lokasi Desa Wisata Edelweis

Bagi yang ingin melihat Bunga Abadi secara langsung di alam bebas maka berkunjung ke wisata Bunga Edelweis adalah pilihan yang paling tepat. Wisata Bunga Edelweis sendiri merupakan sebuah taman yang memiliki luas sebesar 7.000 meter persegi.

Desa Wisata Edelweis
Sumber: Instgram @rahmi.budi
Nah, untuk lokasinya sendiri berada di Desa Wonokitri Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. Bagi Anda yang ingin liburan ke sana namun masih bingung dengan lokasinya bisa menggunakan aplikasi Google Maps agar perjalanan wisata Anda tetap aman dan nyaman.

Harga Tiket Desa Wisata Edelweis

Bagi Anda yang berencana untuk liburan ke Bromo dalam waktu dekat jangan lupa untuk memasukkan desa Wisata Bunga Edelweis ke dalam list kunjungan. Agar semakin menyenangkan pastikan untuk mengajak seluruh anggota keluarga menikmati keindahan yang ditawarkan oleh bunga abadi tersebut.

Baca Juga: Wayang Windu Pangalengan Bandung, Menikmati Keindahan Sky View Terbaik

Lalu, berapa harga tiket masuknya? Nah, untuk harga tiket masuk Desa Wisata Bunga Edelweis ini terbilang terjangkau. Jadi, harga tiket yang ditetapkan sesuai dengan kesepakatan kelompok tani yang menjadi penggagas wisata edelweis tersebut. Tidak perlu khawatir karena harga tiket masuknya tidak akan menguras kantong Anda.

Aktivitas di Desa Wisata Edelweis

Meski terbilang objek wisata baru, ternyata ada banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke sana. Nah, bagi Anda yang hobi berfoto maka pastikan untuk tidak melewatkan satu spot foto yang menarik di sana. Penasaran apa saja aktivitas seru saat berkunjung ke desa Wisata Edelweis? Simak ulasannya berikut ini.

Berburu Foto Instagramble

Berkunjung ke wisata bunga edelweis kurang lengkap rasanya jika Anda tidak berburu foto menarik di sana. Pasalnya salah satu daya tarik utama yang ditawarkan oleh objek wisata ini yaitu taman yang berisi hamparan bunga Edelweis yang memang sengaja dibudidayakan.

Desa Wisata Edelweis
Sumber: Instagram @ryan.rumi

Tak perlu ragu karena semua pengunjung diperbolehkan untuk mengambil foto di hamparan bunga abadi tersebut. Dengan panorama yang berlatar belakang bunga edelweis akan membuat hasil fotonya terlihat menarik dan kekinian. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Belajar Budidaya Bunga Edelweis

Aktivitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Desa Wisata Bunga Edelweis yaitu melihat bagaimana cara membudidayakan tanaman tersebut. Jadi para wisatawan bisa belajar dan mengetahui secara langsung tentang budidaya bunga edelweis.

 Mulai dari pemilihan biji, penyapihannya hingga cara penanaman yang tepat. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan bunga edelweis jangan sampai melewatkan aktivitas menarik yang satu ini.

Berburu Souvenir Bunga Edelweis

Satu lagi aktivitas menarik yang wajib Anda lakukan saat berkunjung ke Desa Wisata Bunga Edelweis yaitu berburu souvenir. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membawa pulang bunga Edelweis dari Desa Wonokitri maka wajib membeli souvenir bunga edelweis yang banyak dijual di sana.

Baca Juga: Heha Sky View Jogja, Nikmati Pesona Keindahan Jogja Dari Sudut yang Berbeda

Jadi, para wisatawan bisa membeli souvenir bunga edelweis yang dijual dalam bentuk gantungan kunci, boneka, kalung dan lain sebagainya. Untuk harga souvenir bunga edelweis sendiri di banderol mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribuan saja. Bagaimana, sangat terjangkau bukan?

Nah, itulah sedikit ulasan singkat tentang Desa Wisata Edelweis Wonokitri yang sekarang tengah populer dikalangan traveller. Agar liburan Anda ke sana nyaman dan menyenangkan sebaiknya untuk datang saat musim kemarau. Dengan suasana yang cerah liburan Anda dan keluarga akan semakin seru dan menarik. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat berlibur!

Penulis: Ella Lailatul N (lailatul.ngumroh@gmail.com)

Edit by Sanflawer

Belum ada Komentar untuk "Desa Wisata Edelweis Wonokirti: Harga Tiket, Lokasi dan Daya Tariknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel