The Indonesia’s Amazon! Catat Harga Tiket Masuk Sungai Maron Pacitan Terbaru

 Berapa harga tiket masuk Sungai Maron Pacitan terbaru? Sudah tahu kalau di Jawa Timur terdapat tempat wisata yang penampakannya seperti Sungai Amazon di Amerika? Jika belum, Anda wajib menyimak tentang review salah satu destinasi yang tengah hits dikalangan warga Instagram saat ini.

Sungai Maron Pacitan sendiri merupakan salah satu wisata susur sungai dengan panorama alami yang menyejukkan mata.  Jadi, salah satu keunikannya yaitu air sungai nya sangat jernih dan juga banyak ditumbuhi pohon kelapa di bagian sisi-sisinya.  

Sumber: Instagram @rohman_hadi55

 Karena kejernihan air sungainya tidak heran jika banyak para wisatawan yang tertarik untuk mengunjunginya. Bagi sekarang ini sedang bingung mencari tempat wisata dengan pemandangan alam yang masih sangat alami maka wajib untuk mengunjungi destinasi yang satu ini.

Lalu, dimana lokasi dari Sungai Maron Pacitan ini? Dan apa saja daya tarik yang ditawarkannya? Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Informasi Lengkap Seputar Sungai Maron di Pacitan

Bagi Anda yang tinggal di daerah Pacitan dan sekitarnya tentu sudah tidak asing dengan destinasi hits yang sekarang ini tengah populer dikalangan traveler. Sungai Maron menjadi salah satu sungai yang terbilang cukup istimewa karena mendapatkan juukan Green Canyon-nya Pacitan. Mengapa demikian?

Eksotisme Sungai Maron Pacitan

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, Sungai Maron merupakan salah satu tempat wisata di Pacitan yang menawarkan daya tarik yang cukup unik. Keunikan dari destinasi wisata ini yaitu air sungai di Sungai Maron sangat jernih yang mana kondisi tersebut jarang dijumpai di daerah lainnya.

Selain kejernihan airnya, keunikan yang ditawarkan oleh sungai ini yaitu suasana di area sekitar sungai yang tenang sejuk. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk merilekskan pikiran dari padatnya aktivitas selama sepekan. 

Sumber: Instagram @snapmims

Panorama pepohonan hijau di sisi sungai akan membuat siapa saja yang menyusurinya berasa berada di sungai Amazon. Karena keeksotisan dan daya tarik yang ditawarkannya tersebut, tidak heran jika destinasi wisata ini mendapatkan dua julukan.

Julukan yang pertama yaitu Green Canyon-nya Pacitan. Sedangkan untuk julukan yang keud yaitu ‘The Indonesia’s Amazon’. Sekarang ini, Sungai Maron menjadi salah satu destinasi favorit di Pacitan yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar dari daerah Pacitan.

Lokasi dan Rute Sungai Maron Pacitan

Bagi Anda yang sudah pernah berkunjung ke Pantai Klayar sebelumnya? Jika sudah, tentu Anda akan sangat mudah menemukan destinasi wisata yang satu ini. Jadi, lokasi dari Sungai Maron sendiri berada di Desa Darsono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan Jawa Timur.

Nah, bagi yang berencana untuk liburan ke Sungai Maron, jangan lupa sekalian berkunjung ke Pantai Klayar Pacitan karena lokasinya yang cukup dekat. Lalu, bagaimana rute untuk menuju ke lokasi wisata?

Bagi yang berangkat dari arah kota Solo, maka bisa mengikuti rute perjalanan berikut ini. Seperti yang diketahui, Kabupaten Pacitan sendiri berjarak sekitar 100 km dari Kota Solo. Jika Anda berangkat dari Kota Solo maka bisa memulainya dari Jl Raya Pacitan dengan rute:

Solo – Kab. Pacitan – Kec. Pringkulu – Desa Darsono – Sungai Maron Pacitan

Nah, bagi Anda yang masih bingung menemukan lokasinya bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps yang tersedia pada smartphone Android Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu takut salah jalan atau bahkan kesasar.

Biaya Sewa dan Tiket Masuk Sungai Maron Pacitan

Sumber: Instagram @artmanphotostory

Saat berkunjung ke Sungai Maron, salah satu aktivitas seru yang wajib untuk dilakukan oleh para wisatawan yaitu menyusuri sungai. Untuk bisa menyusuri Sungai Maron Anda bisa menyewa perahu yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata.

Ketika menyewa perahu, nantinya Anda akan dipandu langsung oleh pemilik sekaligus pengemudi perahu tersebut. Untuk perahu yang kecil bisa digunakan untuk susur sungai dengan kapasitas sebanyak 6 orang.

Nantinya Anda akan diajak untuk susur Sungai Maron sepanjang 4.5 km dengan waktu sekitar 45 menit. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan aktivitas susur sungai wajib berjalan sekitar 20 meter dari lokasi pembayaran tiket.

Untuk rincian biaya penyewaan perahu dan juga tiket masuk ke Sungai Maron, akan dijelaskan sebagai berikut.

  • Harga tiket masuk Rp 5.000 per orang
  • Biaya sewa perahu Rp 100.000 – Rp 150.000 (tergantung besar kecilnya perahu)
  • Jika ingin perahunya bersandar cukup menambah biaya sebesar Rp 5.000 saja.

Perlu diketahui, harga yang dicantumkan di atas bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan dari pihak pengelola wisata Sungai Maron.

Lalu, kapan jam buka atau operasional Sungai Maron setiap harinya? Untuk jam operasionalnya, tempat wisata ini buka mulai pukul 06:00 WIB sampai 17:00 WIB. Jadi, bagi Anda yang berencana untuk ke sana saat akhir pekan nanti pastikan untuk datang sesuai jam yang telah dituliskan di atas ya!

Aktivitas Menarik di Sungai Maron Pacitan

Setelah mengetahui lokasi, harga tiket dan jam bukanya, maka selanjutnya sangat penting mencari tahu apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di sana. Meski tergolong baru ternyata ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berada di Sungai Maron Pacitan. Diantaranya yaitu:

Menyusuri Sungai Maron

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, aktivitas wajib yang harus dilakukan saat berkunjung ke sana yaitu menyusuri keindahan Sungai Maron. Untuk bisa menyusuri sungai sepanjang 4.5 km itu, Anda hanya perlu memesan kapal milik warga dengan kapasitas maksimal 6 orang.

Dalam satu kali susuran dibutuhkan waktu sekitar 45 menitan. Meski lumayan lama, Anda akan puas dan betah menikmati pemandangan pepohonan yang berada di sisi sungai Maron ini.

Menikmati Nuansa Green Canyon Pacitan

Sumber: Instagram @trwdyna

Selanjutnya aktivitas menarik yang wajib dilakukan saat berada di Sungai Maron yaitu menikmati Nuansa Green Canyon Pacitan. Perlu diketahui, air sungai Maron cenderung berwarna hijau kebiruan yang berasal dari tanaman-tanaman yang ada di sekitarnya.

Di sebelah kanan dan kiri terdapat banyak pepohonan yang tampak lebat dan hijau sehingga banyak wisatawan yang menyebutnya Green Canyon Pacitan. Demi keamanan, para pengunjung yang ingin menyusuri sungai diwajibkan untuk menggunakan pelampung.

Memancing

Aktivitas lainnya yang tidak kalah seru saat Anda berada di Sungai Maron pacitan yaitu memancing. Meski sungai ini sering di sebut Amazonnya Indonesia, Anda tidak perlu khawatir karena destinasi wisata ini tidak dipenuhi dengan satwa ganas.

Perlu diketahui, Sungai Maron ternyata justru menjadi habitat dari beragam jenis ikan air tawar. Saat memancing di lokasi wisata ini, tidak sedikit dari mereka mendapatkan beragam jenis tangkapan seperti Sidat, Nila, Bawal dan lain sebagainya.

Selain beberapa aktivitas yang sudah disebutkan di atas, masih ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sana. Jadi tunggu apalagi? Segera rencanakan liburan ke destinasi wisata hits di Pacitan ini.

Harga tiket masuk Sungai Maron Pacitan yang terjangkau tidak akan membuat kantong Anda jebol. Jangan lupa untuk mengajak seluruh anggota keluarga ya!

 

Belum ada Komentar untuk "The Indonesia’s Amazon! Catat Harga Tiket Masuk Sungai Maron Pacitan Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel