6 Tempat Wisata di Tawangmangu, Cocok untuk Melepas Penat


Tempat wisata di Tawangmangu memang sudah terkenal menarik dan mampu memanjakan mata siapa saja yang menyaksikannya. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik mengunjunginya apalagi saat musim liburan tiba. Tawangmangu sendiri merupakan salah satu daerah yang lokasinya berada di lereng sebelah barat gunung Lawu.

Wisata di Tawangmangu
Sumber: Instagram @hanung_sugiyono
Udara yang sejuk dan dingin menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh destinasi wisata yang satu ini. Tawangmangu menjadi salah satu lokasi yang tepat untuk Anda yang sedang mencari tempat wisata untuk melepas penat dan merilekskan pikiran. Nah, bagi Anda yang berencana untuk liburan ke sana, pastikan untuk mengunjungi beberapa objek wisata terpopuler berikut ini.  

Intip 6 Tempat Wisata di Tawangmangu Terfavorit

Berliburan ke Tawangmangu dijamin akan memberikan kepuasan tersendiri karena ada banyak destinasi menarik yang tersedia di sana. Nah, berikut ini rekomendasi tempat wisata di daerah Tawangmangu yang wajib untuk Anda kunjungi. Diantaranya yaitu:

Kebun Teh Kemuning

Objek wisata pertama yang wajib untuk Anda kunjungi saat liburan ke Tawangmangu yaitu Kebun Teh Kemuning. Objek wisata ini terbilang cukup di sukai oleh para pengunjung, selain menghadirkan suasana alam yang menyejukkan juga karena tiket masuknya sangat terjangkau. Lokasi tempat wisata di Tawangmangu ini berada di jalan Kemuning Ngaryoso Kabupaten Karanganyar.

Wisata di Tawangmangu
Sumber: Instagram @bobbyjanuar__
Selain menikmati panorama alam yang mengagumkan, para pengunjung bisa melakukan aktivitas outbound yang disediakan oleh pengelola. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk melakukan outbound wajib membayar tarif yang telah ditetapkan. Bagi Anda yang berencana untuk ke sana akhir pekan pastikan untuk datang saat jam operasionalnya yakni 06.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Telaga Sarangan

Wisata di Tawangmangu
Sumber: Instagram  @magetanbanget
Rekomendasi tempat wisata di Tawangmangu yang juga wajib untuk Anda kunjungi adalah Telaga Sarangan yang berada di ketinggian 1200 mdpl. Telaga yang sangat terkenal ini memiliki luas wilayah kurang lebih 30 ha dengan kedalaman air mencapai 28 meter. Bagi para pengunjung yang ingin ke Telaga Sarangan wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 7.500 per orang.

Salah satu daya tarik yang dihadirkan oleh tempat wisata ini yaitu adanya air terjun yang bernama Tirtosari. Bagi yang yang hobi berfoto maka jangan lupa untuk membawa kamera karena ada banyak pemandangan indah yang disuguhkan. Untuk jam operasionalnya yaitu mulai dari pukul 8:00 WIB sampai 18:00 WIB. Bagi yang belum tahu lokasinya, Telaga Sarangan berada di Kecamatan Plaosan Magetan.

Candi Cetho

Wisata di Tawangmangu
Sumber: Instagram @sandha.sakti
Candi Cetho menjadi lokasi wisata di Tawangmangu selanjutnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Selain karena keindahan panorama yang disuguhkan, misteri yang menyelimuti Candi Cetho memberikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Biasanya setiap tanggal 1 syuro dan 6 bulan sekali diadakan upara rutin untuk memperingati Wuku Medangsia.

Nah, bagi Anda yang tertarik kesana namun belum tahu lokasinya Candi Cetho berada di Dusun Ceto Desa Gumenang Kecamatan Jenawi. Untuk bisa masuk ke area candi para pengunjung wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000 per orang. Untuk jam buka tutupnya yaitu mulai dari jam 07:00 WIB sampai 17:00 WIB. Pastikan jangan sampai melewatkannya ya!.

Telaga Madirda.

Wisata di Tawangmangu
Sumber: Instagram @cahyo.anto_sunarhadi
Selain Telaga Sarangan, ada lagi wisata di Tawangmangu berikutnya yang juga sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu Telaga Madirda. Tidak kalah dengan destinasi wisata lainnya, Telaga Madirda juga menghadirkan daya tarik yang bisa memanjakan mata para pengunjungnya. Jadi, kondisi air pada telaga ini masih sangat jernih karena berasal dari sumber air yang masih sangat alami

Telaga yang berada di Dusiun Tlogo DesaBarjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar ini kental akan cerita mistisnya. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir untuk berkunjung ke sana karena dijamin aman selama Anda mematuhi aturan yang ditetapkan. Untuk bisa masuk ke lokasi Telaga Madirda para pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke sana?

Air Terjun Pringgodani

Wisata di Tawangmangu
Sumber: Instagram @ridwandva_
Nah, bagi Anda yang suka menikmati air terjun maka wajib untuk mengunjungi tempat wisata di Tawangmangu yang satu ini. Air Terjun Pringgodani merupakan salah satu objek wisata yang cuku populer di mata para wisatawan. Lokasi dari air terjun ini sendiri yaitu berada di Area Hutan Lindung, Blumbang, Tawanmangu.

Lokasinya yang berada di lereng gunung Lawu membuat suhu udara terasa sangat sejuk. Pemandangan yang hijau khas gunung pun dijamin akan memanjakan mata Anda selama di sana. Tentu saja sangat cocok untuk para pengunjung yang ingin melepaskan penat dari padatnya aktivitas selama sepekan. Untuk jam operasional objek wisata air terjun Pringgodani yaitu 24 jam atau seharian.

Museum Purbakala Dayu

Wisata di Tawangmangu
Sumber: Instagram @ardiannugroho
Satu lagi tempat wisata di Tawangmangu yang sangat cocok dikunjungi bersama si kecil yakni Museum Purbakala Dayu. Sesuai dengan namanya, Museum Purbakala Dayu merupakan sebuah museum yang menyajikan berbagai macam replikasi makhluk purba. Kebanyakan, manusia purba yang ditampilkan di museum ini yaitu manusia jawa pada zaman dahulu.

Bagi yang belum tahu dimana lokasinya, Museum Purbakala dayu berada di daerah Dayu Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Setiap pengunjung yang masuk ke museum wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja. Untuk jam operasionalnya yaitu setiap hari Selasa-Minggu pukul 08:00-16:00 WIB.

Itulah keenam tempat wisata di Tawangmangu yang sangat cocok dijadikan tujuan liburan untuk melepas penat dari padatnya aktivitas sepekan. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda khususnya yang sedang bingung mencari referensi tempat wisata yang seru dan murah meriah. Selamat berlibur

Penulis: Ella L.N / lailatul.ngumroh@gmail.com

Belum ada Komentar untuk "6 Tempat Wisata di Tawangmangu, Cocok untuk Melepas Penat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel