Harga Tiket Masuk Gili Trawangan Beserta Daya Tarik yang Ditawarkan

Tertarik untuk liburan ke Gili Trawangan, Lombok? Anda wajib menyimak review singkat tentang harga tiket masuk Gili Trawangan beserta daya tarik yang ditawarkannya. Seperti yang diketahui, Pulau Lombok menjadi salah satu tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Harga Tiket Masuk Gili Trawangan
Sumber: Instagram @thegiliguru
Tentu saja ada alasan mengapa banyak wisatawan yang tertarik menghabiskan waktu liburannya di pulau yang terkenal dengan hewan Komodo-nya ini. Dari banyaknya destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi, Gili Trawangan menjadi destinasi wajib yang tidak boleh dilewatkan.

Apa saja hal menarik yang bisa Anda lakukan di sana? Nah, untuk lebih jelasnya berikut akan sedikit dijelaskan tentang Gili Trawangan mulai dari harga tiket masuk, rute perjalanan hingga aktivitas yang bisa dilakukan selama berada di sana.

Lokasi Gili Trawangan

Secara administratif lokasi dari Gili Trawangan yaitu masuk ke dalam wilayah Desa Gili Indah Kepulauan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Gili Trawangan sendiri merupakan sebuah pulau kecil yang memiliki panjang 2 kilometer dengan lebar sekitar 1,5 kilometer.

Baca Juga: Dusun Semilir Ecopark Semarang, Wisata Unik Berkonsep Stupa Candi

Untuk bisa mengelilingi Gili Trawangan, para wisatawan harus berjalan sekitar dua jam saja. Namun jika ingin lebih cepat bisa memanfaatkan kendaraan tradisional kha Pulau Lombok yakni Cidomo.

Harga Tiket Masuk Gili Trawangan

Sebelum memutuskan untuk liburan ke Gili Trawangan tidak ada salahnya mencari informasi terlebih dahulu terkait harga tiket masuk dan persewaan yang bisa dilakukan selama di sana.

Berikut ini daftar harga mengenai retribusi dan juga fasilitas yang bisa Anda nikmati selama liburan ke sana.

  • Tiket penyeberangan pakai Speedboat dari Teluk Nara sekitar Rp 350 ribu – Rp 700 ribuan untuk sekali jalan.
  • Tiket penyeberangan menggunakan kapal umum dari pelabuhan Bangsal Pemenang Rp 10.000. tambahan biaya sebesar Rp 2.500 untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 5.000.

Rute Perjalanan Ke Gili Trawangan

Untuk bisa menuju ke lokasi wisata, terdapat alternatif kendaraan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Nah, bagi Anda yang berencana untuk melakukan liburan ke Gili Trawangan simak terlebih dahulu alternatif rute yang bisa digunakan untuk menuju lokasi wisata.

Fast Boat/Speed Boat dari Bali

Alternatif pertama atau cara pertama yang bisa Anda lakukan agar bisa sampai ke Gili Trawangan yaitu dengan menggunakan Speed Boat dari Bali. Untuk cara yang pertama ini bisa dikatakan cara tercepat dan termudah karena hanya memerlukan waktu beberapa menit saja.

Hanya saja, untuk bisa menggunakan speed boat para penumpang harus membayar dengan biaya yang lumayan mahal yaitu sekitar Rp 500 ribu sampai Rp 800 ribu per orangnya.

Melalui Pelabuhan Bangsal/Teluk Nara

Harga Tiket Masuk Gili Trawangan
Sumber: Instagram @ryanpradiptha
Bagi Anda yang memilih alternatif yang kedua ini wajib berangkat ke Lombok terlebih dahulu dengan pesawat dan landing di Bandara International Lombok.

Setelah itu, Anda bisa langsung berangkat ke pelabuhan Bangsal atau Teluk Nara lalu baru menyeberang ke Gili Trawangan. Seperti yang diketahui, Pelabuhan bangsal merupakan sala satu pelabuhan umum di Lombok.

Di sana Anda bisa naik perahu kayu dengan tarif sekitar Rp 15 ribu per orangnya.   Sedangkan untuk para penumpang yang ingin naik perahu cepat wajib membayar tarif sebesar Rp 85 ribu per orang.

Untuk alternatif atau pilihan transportasi dari bandara ke Pelabuhan Bangsal, Anda bisa memilih salah satu kendaraan berikut ini.

  • Jasa Travel (Rp125.000 - Rp450.000 per orang)
  • Taksi bandara (Rp 400.000 – Rp 450.000 per orang)
  • Naik DAMRI – Sewa Motor (Rp 70.000 – Rp 80.000 per hari)

Aktivitas yang Dilakukan di Gili Trawangan

Sebelum mengunjungi tempat wisata, biasanya para traveller akan mencari tahu aktivitas apa saja yang bisa dilakukan selama berada di sana. Nah, berikut ini beberapa aktivitas menarik dan tempat yang wajib untuk dikunjungi saat liburan ke Gili Trawangan. Diantaranya yaitu:

Snorkeling & Diving

Salah satu satu aktivitas menarik yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Gili Trawangan Lombok yaitu Snorkeling dan Diving. Kedua aktivitas tersebut menjadi daya tarik utama yang selalu diincar oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. 

Baca Juga: Heha Sky View Jogja, Nikmati Pesona Keindahan Jogja Dari Sudut yang Berbeda

Hal tersebut karena biota lautnya yang masih sangat terjaga ditambah dengan air yang masih sangat jernih. Tentu saja hal tersebut akan membuat para pengunjung merasa terpesona dan menyesal jika tidak mencobanya.

Rekomendasi tempat snorkeling dan diving yang wajib dicoba yaitu sekitar wilayah gili trawangan, gili meno dan gili air. Nah, bagi Anda yang masih pemula tidak perlu khawatir karena terdapat pelatihan singkat 2 jam yang memberi pengajaran tentang teori dan praktiknya.

Mengunjungi Konservasi Penyu

Aktivitas selanjutnya yang juga wajib Anda lakukan saat berlibur ke Gili Trawangan yaitu mengunjungi konservasi penyu. Untuk lokasinya sendiri tidak begitu jauh dari pelabuhan sehingga untuk bisa menjangkaunya Anda tidak perlu mengeluarkan bujet yang besar lagi.

Nantinya di sana Anda bisa melihat bagaimana cara pemeliharaan penyu dan juga proses pelepasan penyu ke laut lepas. Biasanya saat pelepasan penyu tersebut disertai dengan upacara adat tertentu tentu saja sangat menarik untuk diikuti. Nah, bagi Anda yang berencana untuk liburan ke Gili Trawangan jangan sampai melewatkannya.

Keliling Pulau dengan Sepeda

Harga Tiket Masuk Gili Trawangan
Sumber: Instagram @sezzed
Suka bersepedah? Jika iya, Anda wajib melakukan aktivitas menarik di Gili Trawangan yang satu ini. Bersepeda mengelilingi pulau menjadi salah satu aktivitas favorit yang selalu dilakukan oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Nah, jika Anda tidak ingin bersusah payah naik sepeda bisa memanfaatkan fasilitas cidomo atau dokar yang disediakan oleh masyarakat sekitar. Gili Trawangan yang bisa dikatakan tidak terlalu luas sangat memudahkan Anda jika ingin mengitarinya.

Menikmati Kuliner

Satu lagi aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan selama berkunjung ke Gili Trawangan Lombok yaitu menikmati kuliner khas di sana. Liburan ke sebuah daerah memang kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner tradisional yang populer di sana.

Baca Juga: Mata langit Borobudur, Wisata SkyView yang Viral di Magelang

Oleh karenanya, setelah puas menikmati pemandangan bawah laut di Gili Trawangan tidak ada salahnya jika Anda melanjutkan liburan dengan mencicipi kuliner sekitar. Hampir di sepanjang pantai terdapat berbagai macam cafe dan bar yang bisa digunakan untuk bersantai.

Rata-rata menu yang tersedia di sana adalah makanan western/asing yang dijual dengan harga yang lumayan mahal. Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana liburan ke sana pastikan untuk menyiapkan bujet yang cukup ya!

Jadi, kapan Anda akan berlibur ke Gili Trawangan? Setelah mengecek harga tiket masuk Gili Trawangan di atas, tentu saja Anda bisa mendapatkan sedikit gambaran tentang bujet yang harus dipersiapkan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan selama melakukan aktivitas liburan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu. Selamat berlibur!

Penulis: Ella L.N / lailatul.ngumroh@gmail.com

 

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Harga Tiket Masuk Gili Trawangan Beserta Daya Tarik yang Ditawarkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel