Puncak Brakseng Cangar, Cek Pesona yang di Suguhkannya

Berbicara tentang wisata di Batu memang tidak pernah ada habisnya karena ada banyak pesona keindahan yang ditawarkannya. Bagi yang sudah pernah ke Batu sebelumnya, Anda pasti sudah sering mendengar wisata pemandian air panas Cangar.

Nah, setelah selesai berendam di Cangar jangan langsung pulang, wisata Puncak Brakseng Cangar sangat sayang untuk dilewatkan. Braksang Cangar menjadi salah satu destinasi yang sekarang ini tengah diburu oleh para wisatawan baik lokal maupun dari luar Kota Batu.

Puncak Brakseng Cangar
Sumber: Instagram @braksengcangar
Selain karena menyuguhkan pemandangan yang begitu menarik, destinasi wisata yang satu ini bisa Anda nikmati dengan murah meriah. Tanpa perlu merogoh kocek yang bikin kantong bolong Anda bisa menikmati pesona keindahan kota Batu dari atas ketinggian.

Walaupun baru dirilis pertengahan tahun 2020 sudah banyak orang yang datang mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Berikut ulasan tentang wisata Puncak Brakseng Cangar dan hal menarik apa saja yang bisa Anda jumpai di sana.

Mengintip Pesona Puncak Brakseng Cangar yang Mengagumkan

Menikmati pemandangan pegunungan saat akhir pekan memang bisa membuat pikiran lebih rileks dan tenang. Tidak heran jika banyak orang yang mengincar destinasi wisata alam untuk dijadikan sebagai tujuan liburan akhir pekan. Nah, Puncak Brakseng adalah salah satu rekomendasi tempat yang menyajikan suasana alam khas pegunungan. Apa saja daya tarik yang ditawarkannya? Simak ulasannya berikut ini.

Sekilas tentang Puncak Brakseng Cangar

Puncak Brakseng Cangar
Sumber: Instagram @braksengcangar
Jika Anda suka menikmati pemandangan alam khas pegunungan, wisata yang terletak di Desa Sumber Brantas kecamatan Bumiaji, ini wajib di kunjungi.

Wisata alam yang telah dirilis pertengahan 2020 ini merupakan destinasi baru hasil kerja sama antar warga Desa Sumber Brantas Kota Batu dengan sekelompok mahasiswa prodi ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Puncak Brakseng ini berada di ketinggian 1700 mdpl dan dikelilingi oleh jurang, lembah dan deretan pegunungan yang menghijau. Di kawasan ini Anda bahkan juga bisa melihat indahnya pemandangan deretan pegunungan. Bukan hanya itu pemandangan para petani bercocok tanam juga akan Anda temui saat berkunjung ke sana.

Alamat Dan Rute Menuju Brakseng

Untuk menuju lokasi objek wisata Brakseng terbilang cukup mudah karena tidak ada istilah jalan bebatuan seperti wisata yang lainnya. Selain dapat menggunakan Jeep maupun mobil, Anda juga dapat menempuhnya menggunakan motor matic kesayangan.

Nah, perlu diketahui tempat wisata ini tidak menyediakan tempat parkir khusus. Sehingga Anda bebas memarkirkan kendaraan di bahu jalan asalkan tidak mengganggu pengguna jalan yang lainnya.

Bagi Anda yang belum tahu lokasinya, alamat Wisata Alam Brakseng ini berada di Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Estimasi waktu yang di butuhkan sekitar 1 jam 12 menit jika Anda dari Malang. Sedangkan jika lewat Jl Tol Pandaan-Malang, dan 2 Jam 16 menit (103,8 km).

Puncak Brakseng Cangar
Sumber: Instagram @braksengcangar
Bagi Anda yang berencana naik angkutan umum untuk menuju ke lokasi di sarankan untuk melakukannya secara rombongan agar sampai tepat di titik lokasi. Anda dan rombongan bisa mengambil angkutan berwarna orange.

Angkutan orange ini merupakan jenis angkutan umum jurusan Batu-Selecta. Untuk bisa langsung sampai ke tempat tersebut, Anda bisa membayar angkutan Rp 50.000/ 10 orang. Ketika sampai di sana terdapat 2 pintu masuk yaitu yang pertama berada di dekat tulisan Desa Sumber Brantas dan patung bunga. Sedangkan yang kedua berada di dekat rest area.

Jalan menuju Brakseng Cangar ini cukup menanjak dan banyak tikungan. Namun di sepanjang perjalanan Anda mendapat indahnya pemandangan perkebunan apel, pegunungan, dan persawahan. Sehingga walaupun aksesnya banyak tanjakan dan tikungan tidak akan terasa karena indahnya pemandangan menuju lokasi.

Pesona Puncak Brakseng Cangar

Tempat wisata selalu mempunyai pesona tersendiri yang membuat orang menjadi tertarik untuk mengunjunginya, salah satunya adalah Wisata Alam Puncak Brakseng. Penasaran apa saja pesona yang disuguhkan di wisata alam Brakseng Cangar, berikut ulasan lengkapnya.

Suasana yang Asri dan Menyejukkan

Seperti yang telah disebutkan tempat wisata ini dapat menghilangkan penat karena pemandangannya yang masih asri dan sejuk di mata. Sehingga sejauh mata memandang akan terlihat hamparan luas dedaunan serta perkebunan.

Hal itu dipengaruhi oleh tempatnya sendiri yang berada di ketinggian 1700 MDPL dan merupakan salah satu daerah pertanian tertinggi di Kota Batu. Bukan hanya itu daerahnya sendiri dikelilingi oleh perbukitan lembah, jurang serta deretan pegunungan yang terlihat hijau.

Pemandangan Khas Pegunungan

Puncak Brakseng Cangar
Sumber: Instagram @breksangcangar
Jika Anda beruntung saat langit sedang cerah yaitu langsung menyaksikan pemandangan Gunung Arjuna dan Gunung Welirang secara jelas. Di sana juga telah disediakan jalan Conblock yang menantang adrenalin karena banyak dijumpai tanjakan dan turunan.

Di sini Anda bisa berjalan kaki menyusuri jalan sambil menikmati berbagai spot yang unik dan keren untuk berfoto. Anda juga akan menjumpai kebun teh dan sayur mayur seperti wortel, kol, kubis, dan kentang milik warga yang masih tampak segar. Selain itu, masih banyak sekali pemandangan lainnya yang pastinya akan membuat Anda terkesima.

Ketentuan Ketika Mengunjungi Wisata Puncak Brakseng

Bagi Anda yang berencana untuk datang ke sini harap mengetahui ketentuan ketentuan yang ada demi kenyamanan sesama pengunjung dan pihak pengelola apalagi saat pandemi COVID seperti sekarang.

  1. Mematuhi protokan Kesehatan di Brakseng
  2. Menjaga sopan santun dan mengutamakan kepentingan petani di Brakseng
  3. Dilarang menginjak tanaman di area tersebut
  4. Dilarang berfoto tepat diatas lahan pertanian karena dikhawatirkan merusak tanaman
  5. Tetap menjaga seluruh tanaman agar tidak rusak. Hargailah usaha para petani yang menanam
  6. Dilarang mengambil sesuatu milik petani seperti sayuran dan lain-lain tanpa ijin
  7. Dilarang membuang sampah sembarangan

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Puncak Brakseng Cangar? Jangan lupa untuk mengajak seluruh anggota keluarga karena dijamin liburan Anda semakin seru dan menyenangkan. Tidak perlu khawatir dengan harga tiketnya karena dijamin murah dan tidak membuat kantong jebol.

Jadi, para pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp.5000 saja per orang dan sudah bisa bebas menikmati berbagai keindahan pemandangan alam yang di suguhkan. Untuk jam operasionalnya sendiri, Anda dapat mengunjunginya setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tunggu apalagi? Segera agendakan liburan Anda bersama keluarga akhir pekan ini ke Puncak Brakseng Cangar. Selamat berlibur!

Penulis: Putri Mayasari / mayasarip37@gmail.com

Belum ada Komentar untuk "Puncak Brakseng Cangar, Cek Pesona yang di Suguhkannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel