Biaya Masuk Taman Nasional Baluran Beserta Pesona Keindahannya

Ingin liburan ke Taman Nasional Baluran? Cek dulu biaya masuk Taman Nasional Baluran beserta daya tarik yang ditawarkannya. Sesuai dengan namanya, Taman Nasional Baluran merupakan salah satu taman nasional yang bisa dikatakan cukup terkenal.

Hal tersebut karena taman nasional ini merupakan taman nasional pertama di Indonesia yang di bangun pada tahun 1980. Taman ini juga dijuluki sebagai Africa van Java karena keindahan alamnya yang hampir sama dengan taman nasional yang ada di Afrika.

Biaya Masuk Taman Nasional Baluran
Sumber: Instagram @tamannasional_baluran
Bagi Anda yang belum tahu, Taman Nasional Baluran ini berlokasi di antara daerah Banyuwangi dan Situbondo. Untuk luasnya sendiri yaitu sekitar 25.000 Ha yang didominasi kurang lebih sekitar 40% vegetasi sabana.

Salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh Taman Nasional ini yaitu memiliki 444 jenis tumbuhan asli yang khas. Selain itu, di sana juga terdapat 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung mulai dari yang banyak dijumpai sampai yang hampir punah.

Mengenal Taman Nasional Baluran yang Mengagumkan

Bagi Anda yang tinggal di daerah banyuwangi, Situbondo dan sekitarnya tentu sudah tidak asing dengan salah satu destinasi wisata hits yang satu ini. Taman Nasional ini menyuguhkan pemandangan yang begitu mengagumkan sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang tertarik liburan ke sana. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang Taman Nasional Baluran, simak penjelasan singkatnya berikut ini.

Tentang Taman Nasional Baluran

Biaya Masuk Taman Nasional Baluran
Sumber: Instagram @tamannasional_baluran
Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, Taman Nasional Baluran merupakan sebuah taman nasional yang memiliki banyak daya tarik. Secara terperinci, tempat wisata yang satu ini terbagi menjadi beberapa bagian dengan bentuk wilayah yang tak sama. Hal itulah yang menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan.

Taman Nasional Baluran merupakan tempat yang masih sangat asri dan sering digunakan untuk penelitian oleh para ahli ataupun mahasiswa. Selain itu, tempat wisata ini juga dibuka untuk umum sehingga Anda bisa mengunjungi kapan saja .

Bagi yang hobi berpetualang, jangan lupa untuk menyempatkan berkunjung ke Kawah Ijen dan Pulau Tabunan. Kedua tempat tersebut tidak kalah keren dalam menyuguhkan pemandangan alam yang memanjakan mata.

Lokasi Taman Nasional Baluran

Biaya Masuk Taman Nasional Baluran
Sumber: Instagram @tamannasional_baluran
Bagi Anda yang masih belum tahu, Taman Nasional Baluran ini berada di desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Sebenarnya, lokasi dari taman nasional ini sendiri berada di perbatasan antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi.

Karena lokasinya yang berada di perbatasan, tak jarang banyak wisatawan yang menyebutnya Taman Nasional Baluran Situbondo atau Taman Nasional Banyuwangi. Namun, jika dilihat dari lokasinya sebenarnya lokasi taman ini lebih dekat ke Banyuwangi dibandingkan ke Kabupaten Situbondo.

Nah, bagi Anda yang berasal dari luar kota sebaiknya menggunakan aplikasi Google Maps untuk memudahkan Anda sampai ke tempat tujuan. Lalu, berapa biaya tiket masuk Taman Nasional Baluran?

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran

Hampir sama dengan Taman Nasional lain yang dikelola oleh pemerintah, harga tiket masuk ke Taman Nasional Baluran bisa dikatakan cukup terjangkau. Hanya saja, untuk harga tiketnya sendiri terbagi menjadi dua kategori  dengan rinciannya sebagai berikut.

Harga Tiket Masuk

  • Wisatawan Domestik: Rp 16.000 (Weekday) / Rp 18.500 (Weekend)
  • Wisatawan Mancanegara: Rp 165.000 (Weekday) / Rp 240.000 (Weekend)

Biaya Parkir

  • Tiket Motor: Rp 5.000
  • Tiket Mobil: Rp 10.000
  • Tiket Bus: Rp 50.000

Sebelum berkunjung ke sana, pastikan terlebih dahulu jam operasional dari Taman Nasional baluran. Jadi jam buka atau operasional taman nasional ini yaitu pukul 07.30 WIB - 16.00 WIB (Senin-Kamis) dan jam 07.30-16.30 WIB (Jumat). Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu, taman nasional ini tidak buka atau tutup.

Daya Tarik Taman Nasional Baluran

Setelah menyimak tentang lokasi dan harga tiket Taman Nasional Baluran, kurang lengkap rasanya jika kita tidak mencari tahu daya tarik yang ditawarkannya. Perlu diketahui, ada banyak sekali daya tarik yang ditawarkan oleh taman nasional yang satu ini. Penasaran apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

Gua Jepang

Daya tarik pertama yang wajib Anda saksikan saat liburan ke Taman Nasional Baluran yaitu Gua Jepang. Jadi, di tempat wisata ini terdapat peninggalan sejara yang berupa Gua Jepang yang lokasinya berada dekat dengan pintu masuk.

Gua tersebut memiliki luas kurang lebih sekitar 12 meter yang mana dulunya digunakan untuk tempat bertahan dan penyimpanan amunisi.

Kawasan Hutan Green

Biaya Masuk Taman Nasional Baluran
Sumber: Instagram @tamannasional_baluran
Daya tarik selanjutnya yang dihadirkan oleh taman nasional ini yaitu adanya kawasan Hutan Green. Nantinya dari pintu masuk taman nasional ke padang savana p
engunjung akan menjumpai hutan yang terlihat seperti lorong.

Para pengunjung tidak perlu takut ataupun khawatir tersesat karena jalan setapak sudah beraspal sehingga dijamin aman. Di lokasi ini para pengunjung bisa menjumpai berbagai macam satwa liar mulai dari tupai, merak, ayam hutan, kijang, monyet dan masih banyak lagi.

Jika beruntung, Anda juga bisa melihat secara langsung banteng dari jarak yang sedikit dekat. Perlu diketahui, karena banyaknya satwa liar yang berkeliaran pastikan untuk berhati-hati saat menyetir. Jangan lupa untuk menjaga keamanan dengan tidak menggagu hewan-hewan liar tersebut.

Padang Savana

Biaya Masuk Taman Nasional Baluran
Sumber: Instagram @tamannasional_baluran
Setelah melewati kawasan hutan Green, maka spot selanjutnya yang bisa pengunjung saksikan yaitu padang savana. Padang savana tersebut dinamai Bekol yang mana menawarkan pemandangan alam indah dan menakjubkan.

Pada saat musim kemarau, rumput yang ada di pasang savana ini berwarna emas kekuningan. Sedangkan jika musim hujan, warna rumput akan berubah menjadi hijau segar. Saat di lokasi ini para pengunjung bisa menemukan berbagai macam satwa liar seperti merak, banteng, ayam hutan dan juga rusa.

Ada banyak sekali aktivitas yang bisa pengunjung lakukan di tempat ini. Selain menikmati pemandangan alam, para pengunjung juga diizinkan untuk berfoto dengan latar pemandangan yang masih hijau.

Menariknya lagi, para pengunjung yang berasal dari luar kota bisa menginap di tempat yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Dengan menginap beberapa hari di sana, tentu liburan Anda akan semakin seru dan menyenangkan.

Pantai Bama

Biaya Masuk Taman Nasional Baluran
Sumber: Instagram @tamannasional_baluran
Satu lagi daya tarik yang wajib untuk Anda nikmati saat berkunjung ke Taman Nasional Baluran yaitu Pantai Bama. Lokasi pantainya sendiri tidak terlalu auh dari Savana Bekol atau sekitar 3km saja.

Salah satu aktivitas pantai yang bisa pengunjung lakukan saat berkunjung ke Pantai Bama yaitu snorkeling. Nah, untuk penyewaan alat snorkeling, para pengunjung bisa langsung menghubungi pihak pengelola.

Itulah beberapa ulasan singkat tentang Taman Nasional Baluran yang sangat recommended untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk mengajak seluruh anggota keluarga karena biaya masuk Taman Nasional Baluran sangat terjangkau dan ramah di kantong. Jadi tunggu apalagi? Yuk segera rencanakan liburan ke Taman Nasional Baluran sekarang juga!

 

Belum ada Komentar untuk "Biaya Masuk Taman Nasional Baluran Beserta Pesona Keindahannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel