5 Situs Buku Online Gratis dan Berkualitas untuk Anak Baca

Canva.com

Sudah tahu belum kalau sekarang terdapat situs buku online gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan minat baca anak? Seperti yang diketahui, meningkatkan minat baca anak menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh para orang tua di era digital seperti saat ini. 

Kenapa dikatakan tantangan? Karena zaman sekarang ini anak lebih sering melewatkan waktunya untuk bermain game lewat gadget dibanding harus membaca buku. Selain itu, tantangan lainnya yang dihadapi oleh para orang tua yaitu masih sedikitnya rekomendasi buku cerita anak yang berkualitas.

Kalaupun ada biasanya harganya cenderung mahal karena biasanya dipenuhi dengan ilustrasi dan berwarna di setiap lembarnya. Lalu, bagaimana cara meningkatkan minat baca anak tapi tidak harus membeli buku? Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan beberapa situs buku online gratis yang sudah banyak tersedia. Apa saja situs tersebut? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

5 Rekomendasi Situs Buku Online Gratis Terbaik yang Bisa Dicoba

Menariknya, buku di situs-situs ini juga sudah dilengkapi dengan ilustrasi dan dikemas dalam bentuk cerita yang mudah dipahami. Anak-anak pun bisa baca kapanpun dan dimanapun lewat gadget dan pastinya tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

literacycloud.org

Rekomendasi situs buku online gratis yang pertama ini menyediakan lebih dari 200  buku cerita anak yang berkualitas. Situs yang dikembangkan oleh  Room to Read dengan dukungan dari Google.org ini  juga menyediakan video readaload dan bisa di download secara gratis.

Credit: literacycloud.org

Lantas apakah buku-buku ini hanya diperuntukkan untuk anak Indonesia saja? Tentu tidak! Ada sekitar 22 bahasa di berbagai negara yang ditulis dalam koleksi buku di situs ini termasuk bahasa Inggris. Menariknya, tampilan buku-bukunya sudah dikategorikan sesuai  jenjang atau tingkat kemampuan anak  dalam  membaca.

Para penulis dan ilustrator pun bisa belajar lebih banyak di  situs ini karena memuat tulisan terkait tips cara menulis cerita anak. Literacycloud melalui Room to Read juga sering mengadakan pelatihan readaload untuk para guru, penggiat literasi dan orang tua.

Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu dalam rangka menumbuhkan kecintaan anak pada buku dan kegiatan membaca. Bagaimana, sangat menarik bukan? Nah, untuk informasi pelatihan dan lainnya dapat dilihat di Facebook dan Instagram @roomtoread.

letsreadasia.org

Untuk anak-anak yang suka membaca buku bertema budaya seperti cerita rakyat, situs ini sangat direkomendasikan. Letsreadasia.org termasuk salah satu situs buku online terlengkap yang menyediakan 9 ribu lebih koleksi buku yang ditulis dalam berbagai bahasa.

Mulai dari bahasa Indonesia, Kamboja, Nepal, Filipina, dan Myanmar, dengan mengangkat cerita rakyat masing-masing  negara. Untuk cerita rakyat Indonesia sendiri, tersedia dalam bahasa daerah Minangkabau, Bali, Jawa, Sunda, Batak dan lain-lain.

Let's Read Asia juga mengajak penulis  naskah, ilustrasi, dan penerjemah di kawasan Asia untuk berkolaborasi mewujudkan buku cerita rakyat. Dengan begitu misi dari Let’s Read Asia yang ingin melestarikan budaya Asia bisa terwujud dengan mudah.

Info tentang koleksi buku terbaru dan pelatihan terkait literasi, bisa Anda temukan di postingan Instagram dan Facebook Let's Read Asia dengan nama akun @letsread.indonesia.

bukudigital.kpk.go.id

Sesuai dengan namanya, koleksi buku di situs ini bertemakan anti korupsi. Artinya sebagian besar bukunya mengajarkan anak-anak khususnya di Indonesia untuk selalu berkata  jujur sejak dini. 

Untuk mendapatkan rekomendasi bahan bacaan anak sangatlah mudah, Anda bisa langsung klik kategori "anak" di situs tersebut. Ada sekitar 15 koleksi buku anak yang bisa diakses dan dibaca.

Beberapa judul yang tersedia diantaranya adalah "Berani Jujur”, "Celengan Ayam”, "Kisah Kasus di Sekolah”, " Pemburu Koruptor”. dan masih banyak lainnya. Menariknya lagi, membaca, unduh, dan membagikan buku di situs ini, para orang tua dan anak telah berpartisipasi dalam upaya pemberantasan korupsi di masyarakat

storyberries.com

Apakah anak Anda suka membaca puisi, komik dan buku-buku cerita klasik dan kontemporer? Situs buku online gratis satu ini adalah pilihan yang tepat.

Credit: storyberries.com

Situs ini juga menyediakan layanan "kids audio stories" atau cerita yang disampaikan dalam bentuk audio. Jadi, bisa didengarkan oleh anak sebelum tidur dan di segala aktivitas. Salah satu kelebihan dari situs ini yaitu bisa di download gratis dengan puluhan pilihan tema cerita yang menarik.

Nah. karena buku-buku yang tersedia di situs ini hampir semuanya dalam bahasa Inggris,  maka secara tidak langsung mampu meningkatkan kemampuan bahasa anak. Kabar baiknya, situs ini juga menawarkan posisi volunteer atau relawan untuk  penulis dan ilustrator yang ingin menerbitkan karyanya secara gratis.

bacapibo.com

Salah satu yang berbeda dari situs buku online gratis ini yaitu sudah disediakan lembar aktivitas di beberapa buku cerita yang telah dibaca. Seperti  lembar mengulas tema, ringkasan, poin pembicaraan, topik diskusi, ide kegiatan, dan kartu kosakata.

Lembar aktivitas adalah worksheet yang digunakan untuk membantu anak memahami isi bacaan, dengan harapan akan mengasah kemampuan berpikir kritis anak.  Lembar aktivitas ini dapat dengan gratis diunduh, dicetak, dan dikerjakan oleh anak. Jadi para orang tua dan guru tidak perlu khawatir dan capek-capek lagi membuatkan soal latihan untuk si buat hati.

Itulah beberapa rekomendasi situs buku online gratis yang bisa dicoba untuk memfasilitasi anak dalam menumbuhkan minat bacanya.

Sekarang saatnya para orang tua  bahkan guru untuk segera kunjungi situs buku online di atas dan pilih sesuai dengan kebutuhan anak-anak Anda. Hal ini sebagai langkah awal  menyelamatkan generasi negeri dari buta literasi dan minim pengetahuan karena buku yang berkualitas akan  melahirkan generasi yang berkualitas!

Kontributor: Nurfitriana Majid


Belum ada Komentar untuk "5 Situs Buku Online Gratis dan Berkualitas untuk Anak Baca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel