9 Tips Travelling Hemat yang Bisa Anda Coba, Dijamin Tetap Seru!

Credit: Canva.com
Setiap orang termasuk Anda pasti ingin merasakan yang namanya travelling atau liburan. Alasannya mungkin karena ingin bersenang-senang, mengurangi stress atau mencari ketenangan. Namun, keinginan travelling tersebut seringkali tertunda karena berpikir bahwa biayanya mahal. 

Padahal travelling tidak selalu mahal, ada juga travelling hemat yang bisa menjadi solusi. Nah, apa saja tips-tips travelling hemat yang bisa Anda coba? Simak tips – tips berikut ini. 

Persiapkan Jadwal  dan Rencana Travelling dari Jauh Hari

Anda bisa mempersiapkan jadwal dan rencana travelling dari jauh-jauh hari. Dengan begitu, Anda lebih leluasa dalam mempersiapkan lokasi tujuan, rute perjalanan, dan waktu liburan. 

Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan yakni mencatat tempat – tempat menarik yang akan Anda kunjungi di kota tujuan liburan, memantau jalur yang akan Anda lewati melalui peta, dan menentukan berapa lama waktu yang Anda gunakan untuk liburan.  

Persiapkan Anggaran Khusus Travelling

Supaya bisa travelling low budget, sebaiknya Anda mempersiapkan anggaran khusus travelling. Anggaran ini bisa Anda persiapkan jauh hari dari jadwal yang sudah Anda tetapkan. Anggaran ini cukup penting karena bisa membuat Anda lebih bijak dalam menggunakan uang saat liburan. 

Usahakan untuk tidak mengeluarkan uang lebih dari anggaran yang telah Anda persiapkan. Catat kira – kira apa saja pengeluaran yang terjadi ketika Anda travelling, seperti biaya transportasi ke kota tujuan, tiket masuk wisata, biaya makan, biaya menginap di hotel, dan sebagainya. 

Hindari Tanggal Merah

Sebisa mungkin hindari kunjungan ke tempat wisata pada saat tanggal merah. Karena saat tanggal tersebut, harga tiket wisata sudah pasti naik. Oleh karena itu, jika Anda ingin mencoba liburan low budget, maka Anda bisa memilih hari-hari biasa atau weekday untuk liburan. 

Credit: Canva
Tidak hanya hemat, namun Anda juga bisa merasakan travelling lebih nyaman karena tempat wisata yang Anda kunjungi lebih sepi pengunjung. 

Pakai Voucher Diskon 

Memakai voucher diskon bisa mengurangi pengeluaran uang saat travelling. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai voucher diskon dari berbagai platform. 

Voucher yang bisa Anda cari yakni voucher hotel, voucher tiket masuk wisata, dan sebagainya. Manfaatkan voucher diskon tersebut sesuai kebutuhan Anda.

Cari Tempat Makan Murah 

Tips travelling hemat selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu mencari tempat makan murah. Tidak perlu makan makanan di restoran yang harganya cukup mahal. Anda bisa menikmati masakan di warung makan yang menyajikan makanan dengan harga yang murah. 

Anda bisa bertanya kepada warga sekitar lokasi travelling mengenai tempat makan yang menawarkan harga murah. Biasanya warga sekitar lebih tau mengenai hal tersebut. 

Cari Penginapan Sesuai Anggaran Anda

Anda bisa mencari penginapan murah sesuai dengan anggaran yang telah Anda tentukan. Mungkin saja harga hotel termasuk mahal menurut Anda. Ada alternatif lain yang bisa Anda coba yaitu menginap di hostel. Harga menginap di hostel tentu saja cukup murah untuk travelling hemat Anda. 

Manfaatkan Transportasi Umum 

Memanfaatkan adanya transportasi umum saat travelling termasuk ide yang bagus.  Dengan memanfaatkan transportasi umum, Anda tidak perlu keluar banyak tenaga seperti saat mengemudikan kendaraan pribadi. 

Credit: Canva
Biasanya transportasi umum melewati tempat-tempat menarik di sekitar lokasi tujuan travelling. Harga yang ditawarkan oleh transportasi umum pun cukup murah sehingga Anda bisa hemat budget. 

Membawa Bekal

Tips travelling hemat selanjutnya yaitu membawa bekal. Membawa bekal dari rumah bisa mengurangi pemborosan uang. Anda bisa membawa botol yang berisi air mineral dan beberapa camilan yang sekiranya cukup untuk dikonsumsi. Air mineral dan camilan sangat perlu untuk dibawa jika tiba-tiba Anda merasa lapar atau haus selama liburan.

Gunakan Uang Seperlunya

Jangan lupa untuk menggunakan uang seperlunya saat travelling. Walaupun Anda travelling dengan harapan memperoleh kesenangan, Anda tidak boleh gegabah dalam mengeluarkan uang. Dalam mengeluarkan uang, Anda harus tetap mengacu pada anggaran travelling yang sudah dibuat pada awal rencana. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari pemborosan uang.

Itulah beberapa tips travelling hemat yang bisa Anda coba.  Semoga tips – tips di atas bisa membantu Anda untuk tetap bisa travelling tanpa takut terjadi pemborosan uang. Pastikan seluruh aktivitas selama travelling sesuai dengan yang telah Anda rencanakan. Dengan begitu, Anda bisa menikmati travelling dengan nyaman dan tenang. 

Kontributor: Sada Wahyu Syabella


Belum ada Komentar untuk "9 Tips Travelling Hemat yang Bisa Anda Coba, Dijamin Tetap Seru!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel