Surga Dunia! Seputar Gili Labak Sumenep Madura yang Banyak Dilirik Traveller

Baru-baru ini, wisata Gili Labak Sumenep Madura tampaknya sangat menarik perhatian wisatawan, khususnya para penggemar wisata alam. Pasalnya destinasi wisata yang berupa pulau kecil berikut menawarkan banyak hal menarik. Mulai dari menikmati keindahan alam bawah laut hingga mengeksplor pulau dari semua sisi.

Sumber: Instagram/@belladesia

Dikarenakan keindahannya yang begitu mempesona, tidak mengherankan banyak wisatawan yang menyebut pulau kecil ini sebagai salah satu surga dunia. Apakah Anda penasaran dengan wisata Gili Labak tersebut? Yuk simak ulasan berikut untuk informasi selengkapnya!

Daya Tarik Gili Labak Sumenep Madura

Mulanya, Gili Labak Island Madura lebih dikenal dengan nama pulau tikus, karena di sini banyak ditemukan sarang tikus. Beberapa waktu kemudian, nama pulau ini dirubah menjadi ‘Labak’ oleh masyarakat Madura untuk memudahkan penyebutannnya. Selain itu, perubahan nama pulau ternyata juga dipengaruhi oleh eksotisme dan keindahan alam yang kian memukau.

Baca Juga: Mata langit Borobudur, Wisata SkyView yang Viral di Magelang

Hamparan pasir putih di pantai Gili Labak Madura yang terbentang luas bagaikan permadani, nyatanya membuat pulau ini nampak seperti benda besar yang terapung ditengah lautan. Air lautnya yang berwarna biru jernih dan berkilauan, serta suara ombak yang tenang juga menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih bagi wisatawan yang menyukai ketenangan.

Dengan panorama alam yang sedemikian rupa, tidak salah jika banyak wisatawan yang ketagihan untuk datang kembali ke Gili Labak. Meskipun untuk mencapai pulau dengan populasi sebanyak 35 kepala keluarga tersebut membutuhkan usaha tambahan, karena letaknya yang berada di sekitar selat Madura.

Aktivitas Seru di Gili Labak Sumenep Madura

Pulau Gili Labak Madura adalah tempat yang tepat bagi Anda yang bosan dengan aktivitas liburan yang monoton. Pasalnya, di sini ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan agar waktu liburan lebih berkesan. Berikut daftar aktivitas seru dan menarik di wisata pantai Gili Labak.

Menjelajahi Pantai dan Memotret Pemandangan

Mengeksplor keseluruhan pulau adalah salah satu kegiatan seru yang kerap dipilih oleh para pengunjung. Sebab di pulau kecil ini tersedia banyak spot foto Gili Labak dengan latar belakang berupa pemandangan alam yang tampak sempurna, seperti hamparan pasir putih, hijaunya pepohonan sampai dengan lautan berwarna biru jernih. Sangat cocok untuk Anda yang gemar berburu foto.

Bermain Banana Boat

Untuk wisatawan yang ingin bermain air dengan sensasi mendebarkan, di sini juga disediakan Banana Boat. Ketika bermain Banana Boat, pengunjung bisa berteriak sepuasnya, seolah melepas semua penat akibat aktivitas sehari-hari. Sambil menikmati sensasi seru terombang-ambing dengan kencang di lautan.

Snorkeling

Bagi penggemar diving, kegiatan snorkeling Gili Labak adalah hal wajib yang tidak boleh terlupakan. Selain menawarkan biaya snorkeling yang terjangkau, Gili Labak juga turut menawarkan keindahan taman bawah laut, yang mana merupakan spot snorkeling terbaik yang ada di Jawa Timur. 

Sumber: Instagram/@gililabakisland.id

Di sini, Anda dapat menemukan banyak biota laut yang unik, serta terumbu karang berwarna-warni yang masih terjaga keasriannya.

Mengelilingi Pantai Sambil Bermain ATV

Gili Labak Madura memiliki pantai dengan karakteristik yang rata, luas, dan pasir putih dengan butiran lembut. Sehingga sangat cocok untuk melakukan olahraga atau permainan pantai, seperti voli pantai.

Baca Juga: Lembah Indah Malang, Wisata Ngalam Terbaru dengan Green Spotnya

Namun, jika Anda mulai bosan bermain voli, Anda bisa beralih bermain ATV mengelilingi pantai ambil menikmati semilir angin. Untuk memperoleh suasana yang lebih seru, Anda bisa bermain balap ATV bersama teman-teman.

Menikmati Sunrise dan Sunset Gili Labak

Selain menyuguhkan spot snorkeling terbaik dengan taman bawah laut yang mempesona, Gili Labak juga menampilkan cahaya sunrise dan sunset memukau yang banyak diburu wisatawan. Untuk berburu sunrise, pengunjung dapat pergi ke sisi timur pulau saat pagi tiba.

Sumber: Instagram/@gililabakisland

Sedangkan untuk berburu sunset, pengunjung bisa pergi ke sisi barat atau tepatnya di dermaga saat sore menjelang. Di tempat tersebut, pengunjung dapat menikmati indahnya waktu sekaligus mengambil foto berlatar belakang pantai berpadu langit yang berwarna jingga.

Harga Tiket dan Fasilitas Gili Labak Sumenep Madura

Untuk bisa menikmati pemandangan sekaligus fasilitas di sini, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk Gili Labak Sumenep seperti wisata lainnya, karena di pulau ini tidak terdapat pintu gerbang ataupun loket tiket. Adapun biaya yang harus Anda bayarkan adalah penggunaan perahu dari Madura menuju pulau ini.

Apabila ingin bermain banana boat, Anda harus membayar sekitar Rp 150.000 dan bisa mendapat 5 sampai 6 putaran. Sedangkan untuk peralatan snorkeling, Anda bisa membawanya sendiri ataupun menyewa jasa perahu sekaligus peralatan snorkeling dengan biaya sekitar Rp 500.000 hingga Rp 600.000 untuk sehari penuh.

Sumber: Instagram/@_meizda

Fasilitas dan akomodasi di Gili Labak Sumenep Madura bisa dikatakan masih minim. Beberapa fasilitas pendukung yang dapat dinikmati antara lain warung sederhana, toilet, penyewaan tenda, penginapan berupa homestay dengan biaya sewa Rp 500.000/malam dan perumahan warga dengan biaya sewa Rp 300.000/malam.

Alamat dan Rute Lokasi Gili Labak Sumenep Madura

Alamat Gili Labak Sumenep Madura terletak di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi Gili Labak, terlebih dahulu wisatawan harus pergi ke Sumenep dengan penerbangan Wings Air sekitar 35 menit, atau melalui jalur darat dengan naik bus AKAS di terminal Purbaya.

Setelah sampai di Sumenep, terdepat 4 rute yang bisa dipilih untuk menuju Gili Labak, yakni:

Pelabuhan Kalianget

Rute ini memiliki akses yang strategis, yakni 10 kilometer arah timur Sumenep. Perjalanan dari Kalianget ke Gili biasanya memakan waktu sekitar 2,5 jam, tergantung dengan kondisi cuaca. Di pelabuhan ini, Anda bisa langsung menyewa perahu yang tersedia dengan membayar biaya sekitar Rp 350.000, namun harga tersebut masih bisa ditawar.

Baca Juga: Heha Sky View Jogja, Nikmati Pesona Keindahan Jogja Dari Sudut yang Berbeda

Pelabuhan Tanjung

Jika memilih rute pelabuhan Tanjung, waktu yang harus Anda tempuh kurang lebih 1,5 jam. Dibandingkan Kalianget, rute ini memang lebih cepat 1 jam. Namun, biaya sewa perahu yang dibayarkan lebih mahal, yakni sekitar 700 ribu hingga 1 jutaan.

Desa Lobuk

Untuk mengakses rute berikut, sesampainya di Kabupaten Sumenep, langsung belok kanan dari pertigaan Bluto. Kemudian lanjut ke arah timur menuju dermaga mini untuk menaiki kapal.

Tanjung Saronggi

Dimulai dari pertigaan Saronggi menuju ke arah timur sampai menemukan pantai dan pelabuhan. Kemudian sewalah perahu dari beberapa jenis yang tersedia sesuai kebutuhan.

Tips Berkunjung ke Gili Labak Sumenep dari Sanflawer

Agar waktu liburan Anda di Gili Labak terasa lebih seru dan menyenangkan, ikuti tips liburan berikut ini:

  •  Gili Labak ini akhir-akhir ini cukup ramai saat weekend dan hari libur. Supaya aktivitas Anda dalam mengeksplor keindahan pulau terasa tenang, datanglah di saat weekdays.
  • Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat, karena umumnya pantai bercuaca panas. Tetapi jika Anda ingin menginap bawalah pakaian hangat, sebab udara di pantai saat malam hari cukup dingin.
  • Bawalah kamera atau alat dokumentasi lainnya dengan memori berukuran besar. Supaya Anda dapat mengambil foto sepuasnya.
Nah, itulah informasi menarik seputar Gili Labak Sumenep Madura yang bagaikan surga dunia tersembunyi dari Jawa Timur. Semakin tidak sabar untuk liburan ke sini? Ayo persiapkan semua kebutuhan berlibur Anda sekarang juga, atau gunakan paket wisata Gili Labak yang sesuai agar lebih praktis. Selamat berlibur!
 
Ditulis oleh: Miftakhus Ziyana/ miftakhusziyana88@gmail.com

Belum ada Komentar untuk "Surga Dunia! Seputar Gili Labak Sumenep Madura yang Banyak Dilirik Traveller"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel