Sensasi seru liburan ke Jatim Park 1 Malang memang ngga bisa aku lupakan. Bagaimana tidak? Di tempat itulah pertama kali aku nyobain wahana menantang yang bikin aku geleng-geleng kepala, sampai-sampai aku muntah gara-gara pusing naik wahana, hehe. Kok bisa sampe mabuk? Daripada penasaran mending baca deh cerita perjalananku di sana. Siapa tahu kalian bisa nyusul ke sana juga... Amiin

Sumber: Instagram/@luluk_yulian
Sekadar informasi aja bagi kamu yang belum pernah ke tempat wisata keluarga di Malang ini, lokasinya berada di Jalan Dewi Sartika Atas, Kota Batu. Nggak jauh kok dari alun-alun Batu. Nantinya kalo kamu sudah selesai ngabisin waktu di Jatim Park, kamu bisa langsung cuss ke alun-alun untuk menikmati wisata malam di sana.
Cek dulu nih beberapa info penting tentang wisata hits di Malang ini sebelum lanjut baca:
  • Nama Wisata: Jatim Park 1 Batu Malang
  • Lokasi: Jalan Dewi Sartka Atas, Sisir, Kota Batu, Jawa Timur
  • HTM: Wahana (Rp75.000), Museum Tubuh (Rp25.000), Paket (Rp90.000)
  • Jam Buka: sekitar pukul O8.30 s/d 16.30
  • Wahana: Children Playground, Mini Train, Happy Boat, Convoy Car, Gyroscope, Enterprise Ride, Superman Coaster, Dragon Coaster, Spinning Coaster, Volcano Coaster, Pendulum 360, Flying Tornado, Sky Ride, Sky Swinger, Air Borne Shot, Waterboom & Fantastic Swimming Pool, Museum Tubuh, dll.
  • Spot Edukasi: Galeri Etnik, Indonesia Heritage Museum, Science Center, dll.
  • Fasilitas: Musholla, Food Court, Pasar Wiata, Pasar Bunga, Toko Buku, Charging Station, Medical Care, Klinik, Toilet, Rumah ibu & anak, dll.
Part 1: Hari Pra Keberangkatan, Duh Anggota Rombongan Pada Runtuh
Jadi nih ceritanya, aku berencana pergi liburan ke Jatim Park 1 Malang dengan jumlah rombongan sebanyak 8 orang. Tapi sayangnya, ada beberapa dari kita yang nggak bisa karena keperluan penting, jadi ya kita harus berangkat berlima saja (aku, kakakku, teman kakakku dan bocilnya satu, sama temanku). Nah sudah tuh, setelah itu kita langsung rembugan di rumahku nantinya mau gimana, naik apa, dan tujuannya ke mana saja.

Awalnya sih mau ngegrab mobil, tapi karena harganya kemahalan dan jumlah kita masih kurang, ya mau ga mau harus pilih alternatif lainnya dong biar hemat bujet, hehe. Yap, akhirnya kita memutuskan untuk naik kereta api ke Malangnya, terus naik Grab menuju ke Jatim Park 1. Setelah fix naik kereta, kakakku pun akhirnya langsung gercep booking tiket kereta, Alhamdulillah masih banyak yang kosong. Tiket keretanya berapa kak? Gak mahal kok, cuma Rp24.000 udah PP lho itu.

Part 2: Hari Cuss ke Malang, Hampir Ketinggalan Kereta :D
Hari itu akhirnya datang juga. Sudah lama aku ingin liburan ke tempat yang dari dulu kurindukan, ya betul sekali "Malang". Berharap banget bisa ngilangin semua penatku akibat beberapa hari kerja di rumah. Beginilah kalo orang kurang picnic bawaannya pengen refreshing mulu, hehe.

Jadi hari itu, aku dan yang lainnya sudah janjian akan datang ke stasiun Kota Blitar tepat jam 04.05. Mau ga mau kita harus bangun lebih awal biar ngga telat. Setidaknya sekitar jam setengah 4, temannya kakakku udah nongol di depan rumah. Kami pun segera bergegas, sedangkan temanku Fuza diantar oleh orang tuanya langsung karena memang kondisinya sangat dingin dan takutnya dia tidur di jalan (katanya sih Fuza suka ngga sengaja tidur di manapun, hehe aya-aya wae neng cantik..).

Tepat jam 04.00 aku, kakakku, dan temannya kakakku udah sampai, tapi ternyata Fuza masih di jalan. Waduh gimana nih, keberangkatannya 5 menit lagi (04.05), bisa bayangin tuh betapa deg-degan nya kita. Akhirnya aku chat terus Fuza "hey dimana za? P..P..PPPPPPPPP".

04.03, akhirnya dia nongol juga, langsung tuh dia lari ke arah petugas mau cek bukti transaksi tiket. Sementara suara sirine kereta sudah berbunyi, tinutinutinuuuu.... Aku kalo inget ini mah mau ngakak tapi takut juga sih. Kita langsung gelagapan lari pas kereta sudah mulai jalan. "Ayo dek lari" kataku ke bocil. Huh akhirnya sampai juga ke tempat duduk kereta.

Suasananya sudah mulai tenang. Oh iya gais kalo kebetulan kalian dapat tiket pagi kaya kita jam 04.05, kalian nggak usah khawatir mau sholat di mana. Sholat aja di atas kendaraan, tapi jangan lupa ya siapkan wudhu dulu. Sholatnya gimana kak? Kalo ngga tau bisa tanya yang paham atau browsing, kalo jelasin di sini nggak kelar-kelar, jatuhnya kultum nanti, hehe becanda.

Tepat pukul 06.15 kita sampai di stasiun Kota Baru. Flashback nih, ceritanya aku udah lama nggak naik kereta dari sejak kecil sih, jadi agak kaget aja pas masuk kereta dengan suasana yang mirip bis. Ya memang sih aku nggak mabuk di dalam kereta, tapi pas nyampe stasiun, perut udah ga bisa nahan akhirnya mabuk di kamar mandi.

Haduh, padahal aku udah yakin gabakal mabuk kalo naik kereta. Mungkin karena perut kosong juga, jadi akhirnya kita cari sarapan pagi di warung makan yang nggak jauh dari stasiun. Alhamdulillah perutku udah enakan.

Part 3: OTW ke Wisata Jatim Park Malang, Pemandangannya Keren Banget...
Setelah sarapan, akhirnya kita pesan grab untuk menuju ke tempat wisata. Untuk tarif grabnya, per orang harus membayar Rp50.000 untuk PP. Nggak butuh waktu lama, akhirnya kita pun sampai. Sesampainya di sana, aku langsung takjub aja ternyata pemandangan di Kota Batu itu keren banget.

Kita pun langsung menuju ke loket tiket untuk memesan tiket wisata. Jadi nih gais, perlu dipahami bahwa ada dua jenis tiket masuk Jatim Park 1 Malang yang tersedia, pertama tiket wahana dan kedua tiket museum tubuh atau paket keduanya. Harga tiket wahana sejumlah Rp75.000 dan tiket museum tubuh sejumlah Rp25.000. Tapi kalo kalian ambil dua-duanya, kalian bakal dapat harga Rp90.000. Ya karena aku dan rombongan masih pertama kali ke sana (kecuali Fuza), akhirnya kita ambil yang harga tiket 90K, biar sekalian aja gitu.

Sumber: Instagram/@luluk_yulian
Setelah dapat tiket, kita harus ngantri dulu nih kalo mau masuk ke area tempat wisata. Itu pintu masuk arah ke wahana Jatim Park 1 Malang yah. Jadi masing-masing dari kita dikasih gelang kertas yang nantinya akan digunakan untuk syarat naik wahana. Gelang ini harus benar-benar dijaga biar bisa naik wahana.

Nanti kalo sudah naik wahana, petugas akan ngasih coretan spidol di gelang ini yang menandakan bahwa kita sudah naik wahana itu dan nggak boleh balik lagi, hehe. Tapi nggak semua kok dicoret, ada juga wahana yang bisa dicoba berkali-kali. Tentu saja ini bisa jadi bonus bagi kamu yang belum puas naik wahana... Tapi tapi ya harus ngantri panjang lagi hehe.

Part 4: Sensasi Seru Naik Wahana, Jadi Pengen Balik Lagiiii

Jadi gais, Jatim Park 1 Malang ini luas banget. Kita masuk ke spot pertama aja sudah dibuat kagum. Spot itu didesain setradisional mungkin. Rasanya tuh kita kayak lagi ngelihatin beragam budaya keren di Indonesia. Mulai dari baju adat, makanan khas daerah, alat musik, hingga rumah adat. Benar saja, nama spot ini adalah “Galeri Etnik”, dimana kita bisa melihat beragam informasi tentang suku-suku yang ada di Indonesia, mulai dari suku Jawa, Manado, Madura, Batak, sampai dengan Papua.

Yaudah deh jiwa selfie ku meraung-raung. Aku dan fuza ambil banyak banget foto di spot ini. Terus waktu jalan ke dalam ternyata ada spot tempat duduk pengantin, kita sempatin deh duduk di sana dan berfoto ria, siapa tahu kan ada salah satu dari kita yang mau disamperin jodoh (Fuza nih kayaknya, wkwk:D).

Memasuki area yang lebih dalam, kita melewati spot yang didesain kaya museum gitu, memang namanya sendiri adalah “Indonesia Heritage Museum”. Nggak jauh berbeda dari Galeri etnik, benda-benda di sana unik-unik banget, ada juga rumah minimalis yang super keren. Spot-spot edukasi ini pasti akan sangat bermanfaat banget untuk mengenalkan budaya nusantara kepada anak-anak.

Sumber: Instagram/@luluk_yulian
Setelah spot itu, kita menuju ke spot di mana menyuguhkan suasana seperti berada di pedesaan. Sayang banget sih aku ngga ambil foto di rumah gubuk ala Papua yang ada di sana. Tapi nggak papa deh, aku tetep nyempetin foto dulu di spot berlatarkan pumpkins atau labu. Bagus nih spotnya.. Masuk kategori spot instagramable lah..

Selanjutnya, kita menuju ke spot Wahana Science Centre dimana di sana kita bisa mempelajari berbagai hal tentang ilmu sains mulai dari kimia, biologi, hingga fisika. Ada alat peraga juga lho. Kalo dipikir-pikir sih, ya hampir mirip lah kaya wahana di Taman Pintar Jogja.

Setelah itu, kami pun langsung menuju ke spot wahana bermain dengan melewati taman yang di sampingnya ada replika semacam candi gitu. Duh di sini suasananya adem banget, warna hijau taman dan langit yang cerah seakan memberikan ketenangan tersendiri di jiwa. Kok jadi puitis.. Oke lanjut, akhirnya kita tiba di spot wahana bermain. Di sinilah tujuan utama kita. Yap sesuai dengan namanya spot wahana bermain, di sini ada banyak sekali wahana bermain yang super seru mulai dari wahana anak-anak hingga orang dewasa.

Salah satu wahana yang jadi favorit aku adalah Sky Ride yang meluncur di atas ketinggian mengelilingi spot wisata. Keretanya berjalan dengan sangat slow, tapi ini hanya muat untuk dua orang saja yah. Di momen ini, kita nyempetin buat video sambil melihat lanskap pegunungan yang keren banget mulai dari Gunung Arjuna, Gunung Banyak, hingga Gunung Panderman.

Tapi sayangnya kita nggak bisa naik dua kali untuk wahana ini. Akhirnya kita lanjut ke wahana selanjutnya yaitu Spinning Coaster. Wahana ini cukup seru sih temen-temen. Jadi coaster akan meluncur dengan cepat mengikuti pola beragam mulai dari turunan, tanjakan, hingga tikungan yang cukup menegangkan. Karena mbak Solik (temannya kakakku) dan fuza nggak mau ikut, akhirnya aku sama kakakku ngeberaniin diri naik coaster ini. Puas banget.. beneran puas...

Sumber: Instagram/@luluk_yulian
Selanjutnya ada satu wahana yang ingin banget kakakku naikin. Itu namanya wahana Pendulum 360 yang dipercaya paling ekstrem di antara wahana lain setelah Flying Tornado. Gimana nggak ekstrem, 13 orang yang naik di wahana ini akan diputar sampai 360 derajat. Kalian bisa ngebayangin kepala di bawah dan kaki di atas rasanya tuh gimana. Aku dan kakakku yang udah ngantri aja ngelek ludah. Akhirnya aku bilang "Gila..enggak deh, mending yang lainnya". Perlahan kita mundur dan menuju ke wahana lain yaitu Air Borne Shot atau wahana ontang-anting.

Wahana Air Borne Shot ini adalah wahana kedua yang diincar oleh kakakku. Kelihatannya sih nggak terlalu ekstrim ya, cuma kita kayak diayun terus diputar kaya bertebangan di udara (mirip tawon :D). Aku duduk santai tuh setelah benarin sabuk pengaman. Ya Allah pas diputar serasa ini jantung kaya mau copot. Kepalaku pusing banget, nyawaku kaya ngambang (lebay deh :D). Tapi beneran aku nggak sengaja buka mata seakan kaya di film-film gitu. Tiiit...tiiiiit... tiiiit..

Jadi temen-temen aku saranin kalo mau naik wahana ini, jangan sekali-kali buka mata karena ya itu tadi, bisa bikin kalian pusing. Setelah wahana berhenti, aku langsung lari "kamar mandi mana..kamar mandi, huaaaa perutku nggak enak" akhirnya mutah beneran.

Karena kapok naik wahana ekstrem, akhirnya kita cari wahana yang nggak terlalu menantang banget. Beberapa wahana itu adalah kereta guk-guk (sebenarnya buat si bocil sih tapi karena mau nyenengin dia, akhirnya kita naik berlima, tinutinu..guk..guk.. , kalian bisa ngebayangin betapa malunya kita dilihatin banyak orang, tapi nggak papa yang penting si bocil seneng). Terus ada rumah hantu (yang menurutku nggak serem sih, cuma ada spot kaya labirin singkat berupa refleksi kaca yang bikin kita tertarik masuk ke dalam).

Setelah selesai dari situ, kita nunggu jadwal buka dari spot 3D Movie. Jadi ada jadwalnya ya gais nggak bisa langsung masuk. Sambil menunggu itu, kita pun bercengkrama sama cari spot bagus buat foto. Sementara si bocil sedang asyik berenang bersama emaknya di wahana Swimming Pool. Nggak berselang lama kita pun menikmati film yang diputar di 3D movie Ini (jangan lupa pakai kacamata dulu ya).

Setelah selesai, kakakku nyempetin naik ke "Superman coaster" yang merupakan coaster terekstrem di sana. Gimana nggak ekstrem, ada pola lingkaran yang akan dilewati kereta itu. Bisa bayangin kereta meluncur dengan cepat dan berputar melewati pola itu, pasti serem banget kan. Kakakku bilang rasanya kaya jantung berhenti sesaat, tapi katanya nagihin. Yah..agak nyesel sih nggak ikut naik, huhu :’).

Karena waktu sudah mau masuk dhuhur, akhirnya kita menuju ke mushola. Sambil menunggu, aku, kakakku, dan mbk Solik nyempatin naik coaster terakhir. Yap "Volcano coaster" yang nyuguhin sensasi naik kereta di dalam gunung gitu. Bagus juga sih, kereen

Nah pas waktu dhuhur sudah masuk, kita pun sholat dhuhur. Karena waktunya mepet sama Ashar, kita mutusin untuk beristirahat di gazebo dan akhirnya menunaikan sholat Ashar.
Setelah sholat, kita makan dulu di food court yang ada di area wisata ini. Dulu aku dan Fuza pesan Siomay Malang, kakakku ayam penyet, dan mbk Solik cilok, sementara si bocil lagi lahap makan nasi goreng. Harga nya mahal nggak kak? Lumayan sih, lumayan nyedot kantong maksudnya, wkwk (jadi aku saranin aja kalian bawa bekal kalo mau ke sini, Pop Mie aja mahal banget gais apalagi makanan berat).

Baca Juga: Blitar Park Jawa Timur, Wisata Keluarga Paling Hits di Kota Patria

Akhirnya setelah selesai makan, kita pun menuju ke jalan keluar melewati pasar aksesoris, oleh-oleh, toko buku, dan lainnya. Di sini kita bisa beli buah tangan buat keluarga tercinta. Waktu sudah menunjukkan pukul 16.00. Kita harus cepat-cepat keluar menuju museum tubuh.Yah sayang sekali museumnya sudah tutup.. Huaaa percuma dong sudah beli tiketnya :').

Yang lebih kasihan sih ketika aku lihat Fuza kaya benar-benar menyesal banget kenapa tadi nggak masuk ke museum dulu baru ke spot wahana. Katanya, dia penasaran banget sama isinya (maklum soalnya dia anak Biologi). Huhu aku jadi ikut sedih juga karena di spot wahana pun dia nggak banyak ikutan naik wahana.

Part 5: Perjalanan Pulang Mampir Ke Alun-alun Batu, Naik Bianglala Liatin Kelap-kelip Kota
Nah.. karena waktu sudah menjelang Maghrib, akhirnya kita mampir ke Alun alun Batu Malang, menikmati hiruk pikuk kota sambil menunggu adzan. Kita nyempatin foto bareng dulu di sana dan naik bianglala pas malam hari. Kereeeen banget, kita bisa melihat kelap-kelip lampu di Kota Batu dari atas bianglala. Unforgettable pokoknya..

Selain naik bianglala, kamu juga bisa lho datang ke Bazar makanan sebelah alun-alun. Di sana ada banyak banget penjual jajanan sampai-sampai aku ngerasa sedang berada di pasar jajanan Korea. Tahu kan penjual ala-ala Korea gitu jualan jajanan nya gede-gede (sosis, pentol, dll) yang dipamerin di depan outlet, ya gitu deh intinya. Nah setelah selesai sholat isya' dan naik bianglala, akhirnya kita pulang menuju stasiun. Sampai rumah kira-kira pukul 00.00, karena sangat lelah akupun langsung ganti baju, cuci muka, dan tidur. Oh senangnya hari itu...

Itulah tadi cerita perjalanan seruku di Jatim Park 1 Malang yang masih sangat menempel di kepalaku. Lain kali kalo kalian punya waktu kosong, sempetin deh datang ke sini, pasti nggak bakal nyesel deh. Semoga cerita ini bermanfaat :).
Ditulis Oleh: Luluk Yulianti

Belum ada Komentar untuk "Trip ke Jatim Park 1 Malang, Nyobain Banyak Wahana Seru dengan 75K (Travel Story)"