Destinasi Wisata Sumedang Terkeren! Mulai dari Paralayang hingga SkyView


Ada banyak sekali destinasi wisata Sumedang yang wajib di-explore oleh Anda para pecinta travelling. Siapa sih yang tidak ingin wisata seru, mulai dari uji nyali dengan paralayang hingga menikmati pemandangan kota dari ketinggian? Pasti sebagian besar dari Anda menginginkannya bukan? Nah, jika Anda ingin sekali menikmatinya, Anda bisa datang ke salah satu kabupaten di Jawa barat yang terkenal akan Tahu Sumedangnya. Ya, tempat ini adalah kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa barat.


Dari dulu, Sumedang, kota wisata terpopuler di Jawa Barat, memang terkenal akan kulinernya yang lezat, namun berkembangnya waktu, kota ini semakin berkilau saja karena tempat wisatanya yang keren. Tidak mau kalah dari Bandung dan Bogor, Sumedang menyuguhkan wisata alam yang akan memanjakan mata Anda. Tak ayal jika kabupaten ini memiliki sebutan sebagai Sumedang kota Tandang. Penasaran dengan wisatanya? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut!

Destinasi Sumedang Terkeren yang Wajib Dikunjungi di tahun 2020

Sumedang memiliki pesona alam yang sangat memikat. Jika Anda datang ke kabupaten ini, jangan lupa untuk menyempatkan mampir ke beberapa destinasi wisata Sumedang keren di sana ya! Berikut adalah rekomendasi tempat wisata yang dapat Anda kunjungi: 

Batu Dua Gunung Lingga

Tertarik untuk menguji adrenalin Anda di atas ketinggian? Datang saja ke destinasi wisata Sumedang Batu Dua Gunung Lingga yang berlokasi di Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang. Ini adalah tempat wisata yang menjadi favorit para wisatawan yang datang ke kabupaten ini. Bagaimana tidak? Di sini mereka bisa melakukan aktivitas paralayang sekelas internasional, yang sejauh 45 km dengan durasi selama 3 jam. Dari ketinggian, Anda bisa menyaksikan view  provinsi Jawa barat yang menakjubkan. Apalagi jika Anda menoleh ke aliran bendungan Jatigede, tentu mata Anda akan menjadi lebih fresh.

Saking bagusnya tempat ini, sudah ada beberapa kejuaraan Paralayang yang digelar di wisata ini, seperti kejuaraan paralayang dunia di tahun 2013, hingga kejuaraan Venue Cabor Paralayang dan Gantole PON XIX Jabar pada tahun 2016. Tidak heran jika banyak yang penasaran dengan daya tarik dari wisata yang satu ini. 

Sumber: suarajabarsatu.com
Nah, selain melakukan paralayang, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru lain seperti berkemah, flying fox, hingga bersantai menikmati pemandangan alam dari ketinggian 930 mdpl. Di samping aktivitas tersebut, ternyata para pengunjung juga bisa menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Prabu Tajimalela, Raja Sumedang Pertama. Biasanya, pada bulan Maulud, ada banyak peziarah yang berdatangan ke sana. 
 
Bagi Anda yang tertarik untuk datang ke Batu Dua Gunung Lingga ini, Anda hanya perlu mengkocek saku sebesar Rp30.000 saja. Harga ini berlaku untuk weekday (Senin s/d Jumat) maupun weekend (Sabtu & Minggu). Wisata ini selalu beroperasi pada pukul 07.00 hingga 18.00. Untuk fasilitasnya sendiri sudah cukup lengkap yakni area parkir, WC, sarana air, dan beberapa fasilitas khusus seperti fasilitas paralayang, flying fox, dan outbond.

Situ Biru Cilembang
Sejuk dan menenangkan jiwa, inilah suasana yang tergambar jika Anda mengunjungi wisata Situ biru Cilembang Sumedang. Lokasi tepatnya berada di Hariang, buahdua, Sumedang, Jawa barat. Destinasi wisata Sumedang ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari kedamaian untuk menghilangkan penat setelah lama bekerja atau pun sekolah. Mengapa demikian? Karena Situ biru Cilembang menyuguhkan pesona danau berwarna biru yang selain bagus untuk me-refresh otak, juga bagus untuk dijadikan spot foto instagramable.

Danau yang menjadi surga tersembunyi Sumedang ini memiliki kedalaman sekitar 3 meteran. Air danaunya sangat jernih dan menyegarkan mata, tetapi danau  tersebut tidak diperkenankan untuk dijadikan kolam renang untuk wisatawan. Hal ini dikarenakan air danau tersebut telah dijadikan sebagai sumber air bagi warga setempat. Walaupun demikian, Anda tidak perlu bersedih, karena pengelola tempat ini sudah menyediakan kolam khusus untuk para wisatawan yang ingin berenang.

Tempat ini dianggap sangat cocok dikunjungi untuk tujuan wisata keluarga karena ada dua persediaan kolam khusus yakni untuk anak-anak dan orang dewasa. Jika merasa bosan, Anda bisa melakukan aktivitas terapi ikan yang tersedia di sana. Aktivitas lain yang dapat dilakukan di sana antara lain mencari spot foto terkeren dan bersantai menikmati indahnya pemandangan sekitar.

Baca Juga: Mata langit Borobudur, Wisata SkyView yang Viral di Magelang

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk datang ke wisata ini bersama keluarga, Anda hanya perlu menyiapkan bujet senilai Rp15.000 untuk biaya parkir dan tiket masuk. Tempat ini selalu dibuka pada pukul 07.00 hingga 16.00. Momen yang paling disarankan untuk mengunjungi tempat ini adalah ketika siang hari tiba, di mana langit tampak sedang cerah-cerahnya. Wah, pasti sudah tidak sabar untuk datang ke sini ya!

Kampung Wisata Toga

Mungkin sebagian dari Anda sempat bertanya-tanya mengapa kampung ini dinamakan dengan Kampung Toga. Perlu diketahui, nama Toga ini merupakan singkatan dari frasa “Tanaman Obat Keluarga”, yang memberikan makna bahwa area wisata ini dulunya adalah area untuk menanam tanaman obat-obatan. Kampung ini merupakan salah satu kawasan hijau di Sumedang yang banyak dilirik oleh wisatawan lokal maupun non lokal. Banyak dari mereka mengincar berbagai aktivitas seru mulai dari aktivitas darat, air, hingga udara.

Sumber: penginapan.com

Kampung Toga yang merupakan destinasi wisata Sumedang ini terletak di kecamatan Sukajaya, Sumedang Selatan, Jawa barat. Berada di ketinggian 800 mdpl, tempat ini menyuguhkan berbagai aktivitas seru yang dapat dilakukan oleh wisatawan. Aktivitas pertama yaitu melakukan aktivitas di darat seperti bersepeda atau jalan-jalan menyaksikan pemandangan alam dari ketinggian. Aktivitas kedua yaitu berenang di kolam renang yang tersedia untuk merelaksasikan badan Anda. 

Aktivitas ketiga yaitu bermain paralayang bersama ahlinya. Dengan bermain wahana paralayang, Anda bisa melihat pesona Sumedang dari udara yang tampak asri dan keren. Selanjutnya, Anda juga bisa menginap di villa-villa favorit Anda. Terhitung setidaknya ada 20 villa di sana yang disediakan untuk pengunjung yang datang ke tempat wisata ini. Wah, benarbenar paket komplet ya? Inilah yang dinamakan One Stop Adventure, petualangan Anda dijamin tiada batas di sana. Mulai dari berpetualang di darat, air, udara hingga berkesempatan merasakan nyamannya tidur di villa.

Apakah Anda tertarik untuk datang kemari? Jika benar, Anda hanya perlu menyiapkan bujet sebesar Rp20.000 saja untuk tiket masuknya. Nah, jika Anda berminat untuk bermain paralayang, Anda perlu membayar harga tiketnya sebesar Rp150.000 hingga Rp250.000. Namun, harga yang tersebut bisa saja berubah-ubah setiap waktunya, jadi ada baiknya Anda menanyakannya ke pihak terkait. Nah, Di Kampung Toga ini, Anda bisa menggunakan berbagai fasilitas yang ditawarkan, di antaranya yaitu area parkir, mushola, toilet, penginapan hingga restoran. Bagaimana? Tertarik datang ke sini?

Puncak Damar Baros
Liburan murah plus bisa ngumpulin banyak sekali koleksi foto berlatarkan spot keren? di sinilah tempatnya. Sejauh mata memandang, hanya ada pemandangan hijau yang terlihat di sekitar waduk terpopuler di Sumedang ini. Keren dan tampak eksotis, maka tak heran jika tempat ini sangat disukai oleh anak muda. 

Puncak Damar Baros sendiri berlokasi di Pakualam, Darmaraja, Sumedang, Jawa Barat. Lokasi tersebut cukup mudah dijangkau dengan sepeda motor, jadi Anda tidak perlu susah payah mendaki bukit. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dalam perjalanan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sumber: datawisata.com

Apakah pengunjung hanya bisa berfoto-foto saja di tempat ini? Tentu tidak. Bagi Anda yang suka sekali aktivitas outdoor seperti camping dan outbond, maka tempat ini bisa dijadikan pilihan terbaik. Itu karena suasana di sana sangatlah nyaman dan asri, sehingga moment Anda bersama teman atau keluarga akan lebih berwarna. Di tambah lagi, terdapat fasilitas gazebo yang pastinya akan membuat Anda betah di sana.

Nah, jika Anda berencana untuk datang ke tempat wisata ini, Anda hanya perlu menyiapkan bujet sebesar Rp5000 saja. Sangat murah sekali, bukan? Dengan bujet segitu Anda sudah bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan sekaligus cuci mata setelah lama penat karena  aktivitas padat.

Baca Juga: Suka Wisata Malam? Yuk Liburan Ke Alun Alun Batu Malang

Eco Green Park Kampung Karuhun
Menikmati hidangan lezat sambil menyaksikan alam yang begitu hijau dan menyegarkan mata di destinasi wisata Sumedang, siapa yang tidak mau? Di sinilah, di Eco Green Park Kampung Karuhun yang berada di Sumedang, Anda bisa merasakan sensasi culinary yang tidak akan terlupakan. Bagaimana tidak? Dari pertama Anda menapakkan kaki di lokasi wisata, Anda sudah bisa merasakan sejuknya hawa di sekitar, apalagi suara gemercik air seakan menambah kesan segar.
 
Ya, Kampung Karuhun ini memang mengambil konsep Eco Green dengan memanfaatkan hijaunya sawah dan jernihnya air sungai. Terlebih, para wisatawan juga disajikan berbagai kuliner berat yang kaya akan cita rasa. Salah satu menu yang wajib Anda coba di sana adalah nasi liwet yang dilengkapi dengan paket komplet yaitu ikan asin, ayam goreng, peda, dan karedok. Hidangan tersebut dapat Anda nikmati di bawah saung-saung yang didesain berdekatan dengan sungai.

Anda yang datang kemari dipastikan tidak akan merasa jenuh karena ada banyak sekali hal menarik yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda bisa mencari spot foto keren karena ada banyak sekali spot instagramable di sana, mulai dari sungai, sawah, kebun teh, hingga gembok cinta. Kedua, Anda dapat melakukan aktivitas outdoor seperti Waterball, ATV, tracking, hingga camping.

Nah, pada aktivitas tracking, Anda dapat berkesempatan untuk bertemu penduduk asli Kampung buhun yang hanya berjumlah 28 KK. Selain aktivitas itu, Anda juga bisa bersantai di Sky Tea House sambil menikmati hidangan khas perkampungan seperti ubi, kacang rebus, pisang, dan masih banyak lagi.
 
Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, Anda hanya perlu menyiapkan bujet sebesar Rp10.000 (untuk anak-anak) hingga Rp20.000 (untuk dewasa). Wahana yang ada di sini antara lain Waterboom, futsal lumpur, Zip bike, River Tubing, Marak Laut, ATV, hingga wisata petualangan. Penasaran dengan wahana tersebut? Datang saja ke Jalan Pagar Betis, Desa Citengah, Sumedang Selatan segera!

Setelah membaca ulasan di atas, Anda pasti sudah tahu bahwa ternyata ada banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa Anda explore di Sumedang. Selain destinasi wisata Sumedang yang disebutkan di atas, Anda bisa mengunjungi destinasi keren lainnya seperti Curug Ciputrawangi, Gunung Tampomas, Kebun Teh Margawindu, Desa Wisata Pangjugjugan, dan masih banyak lagi. Wah, sepertinya sudah tidak sabar ingin ke Sumedang ya! Ayo buruan rencanakan liburan Anda di sana segera! Have a nice holiday! 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel