Unik Banget! Dusun Semilir Ecopark Semarang dengan Konsep Stupa Candinya

Ketika membahas dusun, hal yang terlintas di dalam pikiran pasti tempat-tempat yang di dalamnya terdapat rumah-rumah warga. Bayangan tersebut akan seketika hilang apabila menyaksikan Dusun Semilir Ecopark Semarang. Yap, Dusun Semilir adalah salah satu tempat wisata unik yang memiliki perpaduan antara kearifan lokal dan kuliner yang tidak ada duanya.
Sumber: Instagram/@dusunsemilir
  Wisata Semarang hits satu ini sangat menonjol berkat tampilan deretan bangunan yang bentuknya sangat mirip stupa candi. Pada prinsipnya, tempat wisata ini memang mengusung konsep perpaduan dari pedesaan, wisata alam, edukasi, dan kuliner nusantara. Nah, untuk informasi lebih lengkapnya, langsung saja simak ulasan berikut!

Daya Tarik Dusun Semilir Ecopark Semarang
Saking uniknya konsep wisata yang diusung oleh Dusun Semilir Semarang, ketika pembukaan pertama kali, jumlah pengunjung sangat menakjubkan. Bahkan setiap harinya terus terjadi peningkatan jumlah pengunjung yang sangat tinggi, sampai-sampai membuat banyak akses jalan menjadi macet.
 
Setiap pengunjung bisa dengan bebas memperhatikan detail desain interior dan eksterior dari bangunan yang ada, khususnya yang bentuknya menyerupai stupa candi. Pihak wisatawan mengklaim apabila inspirasi bentuk tersebut memang datang dari stupa Candi Borobudur yang tampak begitu legendaris.

Baca Juga: Mata langit Borobudur, Wisata SkyView yang Viral di Magelang

Tidak hanya itu saja, Anda juga akan disuguhi keindahan panorama yang begitu asri dengan lambaian angin semilir menyejukkan. Bahkan beberapa tempat sudah disetting dengan mengusung konsep tertentu sehingga pemanfaatannya lebih beragam. Tentu saja, bagi Anda yang gemar fotografi pasti akan mendapatkan banyak foto estetik dengan mengunjungi tempat ini.

Aktivitas Seru di Dusun Semilir Ecopark Semarang

Mungkin sebelum memutuskan berkunjung ke tempat ini, Anda bisa membuka dulu Dusun Semilir Instagram di internet. Di sana, ada banyak foto-foto yang berkaitan dengan aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Namun, apabila memang tidak sempat, langsung saja simak beberapa aktivitas seru berikut ini.

Mengunjungi Berbagai Swafoto Keren
Saat mengunjungi tempat wisata satu ini, hal yang tidak boleh sampai dilewatkan adalah memotret pemandangan dan berswafoto keren. Pasalnya, ada banyak sekali spot foto Dusun Semilir yang memang sengaja dibangun agar pengunjung bisa mendapatkan kepuasan maksimal. Terdapat spot-spot seperti kubah stupa, kolam banyu biru, jembatan senggol, dan masih banyak tempat menarik lainnya.

Dusun Semilir Eco Park menawarkan keindahan kolam yang didesain begitu tradisional. Pada setiap pinggir kolam terdapat bebatuan putih dengan ukuran beragam. Selain itu, secara keseluruhan, pemandangan yang ditawarkan oleh tempat wisata ini selalu berusaha memberikan sentuhan yang unik. Hal yang menarik, semua spot foto yang tersedia bisa diakses gratis oleh semua pengunjung.

Menikmati Tempat Wisata Keluarga
Sebagai tempat wisata andalan di Semarang, Dusun Semilir juga menyediakan tempat untuk aktivitas seru bersama keluarga. Di tempat ini setiap pengunjung dapat menikmati sajian kuliner khas, belanja oleh-oleh, menikmati taman bermain, dan bahkan belajar mengenai kebudayaan daerah. Keberadaan paket wisata yang sangat lengkap ini juga menjadi alasan mengapa trafic pengunjung selalu naik.
.
Pada area wisata kuliner, Dusun Semilir menu yang paling banyak digandrungi para wisatawan adalah Babat Gongso dan Tahu Gimbal. Keduanya memang merupakan kuliner khas yang hanya bisa dinikmati di Semarang. Apabila sudah puas dengan makananya, Anda dan keluarga bisa langsung menuju taman bermain atau beralih ke tempat pembelajaran budaya.

Menikmati Keindahan Kolam Banyu Biru
Kolam Banyu Biru yang terdapat di Dusun Semilir Jawa Tengah tampil dengan konsep yang sangat mirip dengan danau Bohemian. Airnya berwarna biru mandala dengan beberapa tambahan wahana yang semakin mempercantik penampilannya. Lalu, di bagian pinggir danau terdapat beberapa pohon yang cukup rimbun sehingga suasananya begitu teduh.

Sumber: Instagram/@yusi_lisna

Diantara berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan, menikmati keindahan kolam Banyu Biru memang yang paling difavoritkan oleh pengunjung. Adanya berbagai wahana pendukung seperti air mancur menari, bantal air, dan tenda gazebo yang didesain mirip seperti rumah adat Jawa Tengah. Anda akan semakin dipuaskan dengan menyaksikan pemandangan Dusun Semilir malam hari di spot satu ini.

Baca Juga: Wisata Jatim Park 1 Malang , Cobain Wahana yang Bikin Sport Jantung Ini 

Mencoba Berbagai Camilan Nikmat
Selain terdapat food court yang menyediakan berbagai menu makanan berat, di tempat wisata ini, Anda juga bisa menemukan menu menarik lainnya. Terdapat aneka jenis camilan dengan harga sangat terjangkau dan tentunya sangat lezat. Alternatif ini bisa menjadi pilihan Anda apabila sebelumnya telah membawa bekal nasi sendiri dari rumah.
Sumber: Instagram/@firtazulfam
Aneka camilan yang disediakan adalah seperti roti, keripik, manisan, es, dan juga es krim yang begitu menggugah selera. Biasanya, para pengunjung paling senang membeli camilan berupa es krim karena tempat wisata ini memiliki lapak khusus penjual es krim yang begitu enak. Varian rasa dan bentuk yang disediakan juga sangat beragam sehingga sangat disarankan untuk mencoba semuanya.

Harga Tiket dan Fasilitas Dusun Semilir Ecopark Semarang

Agar bisa menikmati keindahan dan aktivitas menarik di tempat wisata ini, para pengunjung harus membayar tiket terlebih dahulu. Tiket masuk Dusun Semilir 2020 sangatlah terjangkau, yakni hanya Rp. 5.000 di hari Senin-Jumat. Berbeda lagi apabila Anda ingin berkunjung saat Sabtu-Minggu karena harus merogoh kocek Rp. 15.000. 

Sumber: Instagram/@winnawell_

Perlu diketahui apabila jam buka Dusun Semilir dimulai pada pukul 11.00 WIB dan akan tutup pukul 19.00 WIB. Jam tersebut hanya berlaku di hari Senin-Jumat, sedangkan di akhir pekan jam buka dimulai lebih awal yakni mulai pukul 10.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Baca Juga: Blitar Park Jawa Timur, Wisata Keluarga Paling Hits di Kota Patria

Tempat wisata ini juga sudah menyediakan beberapa fasilitas umum yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjung agar liburannya menjadi lebih menyenangkan. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya, tempat parkir luas, toilet, mushola, rest area, gazebo, food court, dan toko oleh-oleh.

Alamat dan Rute Lokasi Dusun Semilir Ecopark Semarang

Alamat lengkap Dusun Semilir berada di Jl. Soekarno Hatta No. 49, Bawen, Nglempak, Semarang, Jawa Tengah. Pengunjung tidak akan kesulitan mencari alamat tersebut karena letaknya berada di pusat kota.

Untuk bisa sampai di tempat ini, Anda hanya perlu mengikuti rute mulai dari Jalan Raya Semarang-Solo lalu lurus menuju terminal Bawen. Nantinya akan ada pertigaan dan akan ada palang bertuliskan wisata Dusun Semilir.

Tips Berkunjung ke Dusun Semilir Ecopark dari Sanflawer

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman berlibur yang mengesankan, maka pastikan untuk memperhatikan beberapa tips berkunjung ke wisata hits Jawa Tengah ini.
  • Lebih disarankan untuk berkunjung saat hari-hari aktif seperti Senin-Jumat karena tidak terlalu ramai. Namun apabila memang ingin berkunjung di akhir pekan lebih baik datang lebih awal.
  • Udara di Dusun Semilir terbilang cukup panas sehingga pengunjung disarankan menggunakan pakaian yang tidak terlalu tebal. Jangan juga menggunakan pakaian berwarna hitam karena hanya akan menyerap panas semakin tinggi.
  • Bawalah kamera pribadi agar bisa lebih puas saat melakukan swafoto atapun memotret berbagai objek yang ada di dalamnya. Namun, pastikan juga apabila slot memori yang tersedia masih banyak ruang kosong.

Anda pasti sudah mendapat bayangan betapa indah dan menariknya Dusun Semilir Ecopark Semarang untuk dikunjungi. Oleh karena itu tidak perlu merasa ragu lagi dan langsung saja siapkan semua keperluan liburan dengan maksimal. Nantinya, Anda bisa membuktikan sendiri keunikan dari bentuk bangunan yang mirip dengan stupa candi.
Ditulis oleh:
Iqlima Safa Nur (iqlimasafa1@gmail.com)

Belum ada Komentar untuk "Unik Banget! Dusun Semilir Ecopark Semarang dengan Konsep Stupa Candinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel